Sponsors Link

10 Pantangan Makanan Penderita Flek Paru Pada Anak yang Wajib Dihindari

Sponsors Link

Makanan adalah kebutuhan manusia termasuk makanan untuk penderita flek paru paru. Karena tanpa makan, tidak ada satupun orang bisa hidup dengan tenang. Namun, pantangan makanan juga ada. Terutama pada anak yang bermasalah dengan kesehatan. Seperti pantangan makanan penderita flek paru pada anak.

ads

Anak yang mengalami flek paru, tidak serta merta bebas mengkonsumsi makanan. Karena di kala itu, organ paru-parunya sedang sakit. Nah, di bawah ini, kami rilis pantangan makanan penderita flek paru pada anak. Silakan disimak, kalau perlu dicatat, yaitu:

1. Daging Kambing

Daging bagus untuk tumbuh kembang anak. Karena di makanan ini, terdapat protein. Namun, khusus daging kambing, zat nitorsamin-nya terlalu besar dibandingkan ramuan tradisional pembersih paru paru. sehinga rawan menyebabkan paru paru anak mengalami radang. Jika makanan ini dikonsumsi anak dengan flek paru paru, statusnya akan bertambah parah. Bahkan penyakit bisa berubah kronis.

2. Makanan Manis

Makanan manis merupakan food profile paling disukai anak. Karena rasa manisnya, membuat lidah mereka bergoyang.

Namun, jika mengalami flek paru, cegahlah anak untuk mengkonsumsi makanan semacam ini. Karena kandungan gulanya justru membuat mineral di paru paru terkontaminasi glukosa.

3. Ikan Asin

Pantangan selanjutnya dari makanan yang harus dihindari penderita paru paru basah adalah ikan asin. Sebuah ikan dengan olahan khas paling disukai masyarakat Indonesia. Ikan diolah semacam ini, tidak baik untuk anak penderita flek paru paru.

Karena di dalamnya terdapat zat bacterial yang memicu munculnya virus Epstein Barr. Virus inilah yang membuat flek paru lebih parah. Bahkan, peradangannya lebih sulit disembuhkan.

4. Garam

Untuk kaum ibu, berhati-hatilah ketika memasang garam untuk keluarga sekalipun dengan alasan makanan untuk menghilangkan cairan di paru paru. Apalagi jika anak Anda mengalami penyakit flek paru paru. Pasalnya, terlalu banyak garam meja, membuat mineral di paru paru mengering. Sehingga, imunitas tidak bisa bekerja dengan baik.

Atas dasar itulah, jangan korbankan buah hati Anda hanya demi sebuah rasa dari sebuah masakan. Pastikan pemasangan garam tidak terlalu berlebihan.

5. Terasi Merah

Untuk menambah selera makan, caranya cukup mudah. hadirkan saja sambal terasi, pasti keluarga makan dengan bergairah.

Namun, berhati-hati jika yang mengkonsumsinya adalah anak-anak. Karena di dalam terasi yang bukan makanan pencegah paru paru basah terutama yang berwarna merah terdapat Rhodamin B penyebab radang paru paru.

Sponsors Link

Terasi merah juga berbahaya jika dikonsumsi anak flek paru paru. Karena kondisi penyakitnya akan semakin buruk. Bukan tidak mungkin, kondisi tubuh anak akan kolaps dengan cepat. Jika ini terjadi, nyawa anak bisa tidak tertolong.

6. Kafein

Mengkonsumsi kafein bagi orang dewasa, mungkin tidak masalah. Namun, berbeda dengan anak yang mengalami flek paru paru. Pasalnya, kandungan zat penyebab infeksi paru paru pada anak yang ada pada kopi dan teh ini, bisa mempercepat kerja hormon dan metabolisme tubuh.

Sehingga organ paru paru juga ikut bekerja dengan ekstra. Atas dasar itu, jauhkan anak dari kopi dan teh. Jika memungkinkan, ganti dengan teh hijau yang lebih sehat atau minum susu sapi murni.

7. Durian dan Pepaya

Pantangan makanan penderita flek paru pada anak selanjutnya adalah buah durian dan pepaya.

Makan buah memang bagus untuk kesehatan. Tetapi tidak bagi anak penderita flek paru. Salah satunya adalah buah pepaya apalagi durian. Alasannya sederhana, yaitu, dua buah ini penyebab batuk akut. Tidak bisa dibayangkan, flek paru sedang kronis, masih ditambah dengan batuk. Tentu stadium penyakit bertambah berat.

Selain itu, terkhusus buah durian penyebab radang paru paru pada anak, ternyata bisa menimbulkan hawa panas di paru paru. Ini tentu tidak baik untuk kesehatannya. Justru, karena suhu ini, infeksi virus semakin berkembang.

Sponsors Link

8. Konsumsi Alkohol

Makanan yang berbahan alkohol tidak bagus untuk anak dengan flek paru. Sebut saja, makanan sejenis tape, ragi, tahu bulat dan semacamnya. Karena makanan semacam ini, justru membebani paru paru dan menimbulkan gejala penyakit paru paru kering. Sehingga flek di dalamnya tidak hilang-hilang.

9. Acar

Acar adalah makanan yang sesungguhnya sehat. Karena di dalamnya terdapat sayuran.  Namun, pengolahan acar tidak baik untuk flek paru paru. Sebab, di dalamnya terdapat natrium yang berlebihan.

Selain itu, rasa asam acar menimbulkan masalah baru. Yaitu, paru paru basah akibat menumpuknya zat asam di paru paru.

10. Makanan Penyebab Alergi

Pantangan makanan flek paru untuk anak yang terakhir adalah semua makanan penyebab alergi. Karena makanan semacam ini, membuat asma semakin buruk dan menimbulkan gejala penyakit kanker paru paru. Atas dasar itu, jika anak mengalami flek paru, jauhkan dari keong, udang, kepiting, olahan berbahan margarin, gorengan dan selainnya.

Demikianlah beberapa pantangan makanan penderita flek paru pada anak penyebab dahak tanpa batuk. Jika Anda sayang anak, dan ingin flek paru parunya sembuh, pasti makanan diatas dijauhkan dari jangkauannya.

, , , ,