Sponsors Link

5 Akibat Radang Paru-paru Paling Berbahaya

Sponsors Link

Radang paru-paru sendiri merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus tertentu yang dapat merusak bagian paru-paru berupa alveoli. Radang paru-paru dalam istilah kesehatan lebih dikenal dengan sebutan pneumonia.

ads

Banyaknya orang yang tidak memperdulikan gejala-gejala pneumonia pada bayi dan dirinya sendiri sejak awal, sehingga dalam beberapa kasus pneumonia terjadi komplikasi yang cukup parah. Radang paru-paru sendiri dapat disebabkan karena pasien yang tidak menjaga kesehatan parunya dengan mengonsumsi makanan yang menyehatkan paru-paru.

Padahal akibat yang ditimbulkan dari radang paru-paru bisa menyebabkan penderitanya mengalami komplikasi yang membahayakan jiwa bahkan kematian. Untuk penting sekali kesadaran secara dini apa saja ciri-ciri paru-paru tidak sehat. Lalu sebenarnya apa saja akibat radang paru-paru yang perlu kalian ketahui?.

  1. Kegagal paru-paru dalam bekerja

Akibat yang dihasilkan oleh peradangan pada paru-paru salah satunya yaitu kegagalan paru-paru dalam memasok oksigen ke seluruh tubuh. Salah satu komplikasi terberat yang bisa dialami penderita pneumonia adalah hypocemic, di mana paru-paru yang meradang sudah sangat parah sekali yang menyebabkan aliran darah yang kaya oksigen tidak dapat terdistribusi dengan baik ke seluruh tubuh.

  1. Bakteremia

Seperti namanya, bacteremia merupakan komplikasi radang paru-paru yang disebabkan karena adanya bakteri yang mencemari darah. Bakteremia sendiri bisa jadi merupakan komplikasi yang sangat parah yang disebabkan karena pneumonia dan akibatnya bisa fatal sekali jika tidak segera ditangani.

Bakterima yang tidak segera ditangani akan menyebar dengan cepat di seluruh tubuh melalui aliran darah dan akan merusak organ-organ di dalam tubuh bahkan mematikan fungsi organ itu sendiri.

  1. Efusi pleura eksudatif

Efusi pleura sendiri merupakan kondisi di mana terjadi banyak penumpukan cairan yang berlebihan pada membran paru-paru penderita radang paru-paru. Seringnya efusi pleura memang merupkan komplikasi dari macam-macam penyakit lainnya seperti kanker paru, tuberculosis, pneumonia ataupunn emboli paru.

Selain itu faktor-faktor resiko lainnya seperti hipertensi, kebiasaan merokok atau mengkonsumsi alcohol akan menambah tingkat keparahan efusi pleura pada penderita radang paru-paru.

  1. Endokarditis

Infeksi jantung atau yang dalam bahas medis disebut dengan endocarditis adalah salah satu akibat radang paru-paru. Bakteri yang menyebabkan randang paru-paru bisa menginfeksi jantung melalui aliran darah yang sudah tercemar. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa gejala radang paru-paru pada orang dewasa dan anak-anak bisa menyebabkan penderitanya mengalami bacteremia, nah endokaritis ini merupakan kelanjutan dari bacteremia jika tidak ditangani secapat mungkin. 

Sponsors Link

  1. Kegagalan ventilasi

Kegagalan ventilasi merupakan suatu bentuk kegagalan paru-paru dalam proses pernafasan secara normal. Dalam hal ini, paru-paru tidak mampu melakukan pertukaran antara oksigen dan karbondioksida dengan baik sehingga dapat menyebabkan kegagalan nafas pada penderita radang paru-paru.

Kalian sudah mengetahui bukan apa saja akibat radang paru-paru. Akibat yang dihasilkan dari peradangan paru-paru memang mengerikan sekali, untuk itu supaya kalian tidak terkena radang paru-paru ada baiknya supaya mulai dari sekarang menjaga kesehatan paru-paru dengan mulai berhenti dan menjauhi rokok, mengonsumsi buah yang bagus untuk paru-paru ataupun rutin berolahraga sehingga dapat menjauhkan diri dari

Berkonsultasi ke dokter merupakan pilihan yang tepat jika kalian belum begitu yakin dengan kondisi kesehatan tubuh kalian. Kalian juga bisa berlatih pernafasan dengan cara meningkatkan kapasitas paru – paru kalian seperti berolahraga renang ataupun berlari sebagai salah satu cara mencegah pneumonia pada anak maupun orang dewasa.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Radang Paru Paru