Sponsors Link

Apakah Bronkitis Bisa Menular? Ini Jawaban Lengkapnya

Sponsors Link

Apakah bronkitis bisa menular? Mungkin pertanyaan ini adalah awal dari rasa keingintahuan masyarakat mengenai keberadaan penyakit bronkitis dan efeknya dalam masyarakat. Penyakit bronkitis diketahui adalah salah satu kelainan paru paru yang banyak diderita oleh masyarakat saat ini. Manusia mulai dari bayi, anak anak, dan orang dewasa diketahui memiliki peluang yang sama untuk dapat menderita penyakit ini. Hal ini pun menyebabkan timbulnya pertanyaan apa yang menyebabkan bronkitis sangat mudah menjangkiti masyarakat?

ads

Jawaban dari pertanyaan tersebut dapat dijelaskan dengan sifat dari bronkitis yang menular. Jadi memang benar adanya jika ada pertanyaan apakah bronkitis bisa menular, maka jawabannya adalah bronkitis dapat menular. Sesuai dengan definisi bronkitis, ada dua jenis bronkitis yang harus anda waspadai. Salah satu jenisnya yaitu bronkitis akut adalah bronkitis yang paling mudah menular.

Efek bronkitis yang menular ini akan menyebabkan, penderita bronkitis bertambah. Lalu bagaimanakah sebenarnya penyakit bronkitis dapat menular? Bukankah bronkitis adalah penyakit di saluran pernafasan? Bagaimana bisa menular ke orang lain? Penjelasan mengenai pertanyaan pertanyaan di atas dapat anda temukan pada bagian di bawah ini.

Cara Penularan Bronkitis pada Setiap Orang

Berdasarkan paparan sebelumnya, diketahui bahwa jawaban dari apakah bronkitis bisa menular adalah benar bronkitis menular. Penularan ini terjadi ketika gejala bronkitis pada anak maupun orang dewasa kambuh di sekitar orang yang sebelumnya tidak menderita bronkitis namun daya tahan tubuhnya rendah. Perlu anda ketahui bahwa seseorang yang menderita bronkitis akan mudah mengalami batuk, bersin, dan penyumbatan hidung. Berbagai kondisi inilah yang menjadi media penularan dari penyakit bronkitis. Lebih lengkapnya pada bagian di bawah ini akan dipaparkan bagaimana bronkitis bisa menular antar manusia.

  1. Melalui Media Bersin

Bersin adalah ciri ciri bronkitis kambuh pada penderitanya yang tidak bisa dihindari. Saat bersin, akan keluar partikel kecil dari cairan bersin tersebut. Karena bersin mengeluarkan cairan yang ada di saluran pernafasan, maka mungkin saja cairan tersebut membawa bakteri dan virus penyebab bronkitis. Sehingga jika dihirup oleh orang lain dapat menimbulkan penularan.

  1. Melalui Media Batuk

Lebih lanjut, ciri ciri bronkitis kambuh juga dapat terjadi ketika penderita terus menerus sesak nafas akibat batuk. Batuk ini akan mengeluarkan dahak ataupun partikel kecil air yang juga membawa virus dan bakteri yang menularkan bronkitis. Jadi lebih berhati-hatilah ketika berada di sekitar penderita bronkitis.

  1. Melalui Sapu Tangan

Walau anda tidak ada disekitar penderita bronkitis yang bersin dan batuk anda masih mungkin tertular penyakit ini. Bagaimana caranya? Yaitu melalui media berupa sapu tangan. Hindarilah menggunakan sapu tangan dari orang yang menderita bronkitis. Kemungkinan besar sapu tangan ini menjadi media penularan yang sangat efektif.

Sponsors Link

  1. Melalui Sentuhan Tangan

Anda juga lebih baik menghindari sentuhan tangan dengan penderita bronkitis. Karena besar kemungkinan tangan penderita bronkitis sering digunakan untuk menyeka hidung dan menjadi media penularan virus dan bakteri. Atau biasakanlah diri anda untuk selalu mencuci tangan setiap ada kesempatan.

  1. Melalui Rokok

Terakhir, rokok merupakan media penularan jika anda menghisap rokok yang dihisap oleh penderita bronkitis. Selain rokok adalah penyebab utama bronkitis, tidak banyak diketahui bahwa rokok pun dapat menjadi media penularannya. Jadi berhati hatilah mulai dari sekarang.

Itulah tadi informasi mengenai 5 cara penularan bronkitis yang menjawab apakah bronkitis bisa menular atau tidak. Sekarang anda telah mengetahui bahwa bronkitis memang menular dan tentu anda perlu lebih berhati hati. Jika anda sering melihat penderita bronkitis sesak nafas, maka gunakanlah terapi uap untuk sesak nafas sehingga penderita itu tidak menularkannya lagi. Jika anda ingin tetap sehat, maka lakukanlah kebiasaan cuci tangan untuk meminimalisir resiko penularan bronkitis ini. Jadi selamat menjaga kesehatan tubuh anda setiap waktu.

, , ,
Oleh :
Kategori : Bronkitis