10 Bahaya bronkitis Bagi Kesehatan No.10 Mencengangkan!

Bronkitis adalah infeksi saluran pernafasan dari paru paru yang menyebabkan peradangan atau inflamasi, beresiko baik pada balita sampai orang dewasa, dimana gejalanya sesak nafas, batuk berdahak, dada sakit, hidung tersumbat, tenggorokan sakit, penyebabnya virus, polusi dan merokok, termasuk penyakit berbahaya menular memicu komplikasi seperti pneumonia merupakan cara penularan penyakit paru paru. Bahaya bronkitis dapat beresiko tinggi dan berdampak buruk pada kesehatan tubuh.

Bronkitis disebabkan oleh infeksi, iritasi akibat menghirup gas, asap, partikel debu dan polutan, dibagi dalam dua jenis yaitu:

1. Bronkitis akut, bertahan selama 14 sampai 21 hari.
  2. Bronkitis kronis, bertahan selama 12 minggu dalam setahun dan berulang tahun berikutnya, sering terjadi pada umur 40 tahun ke atas.

Penderita bronkitis dianjurkan melakukan pengobatan karena beresiko tinggi dan berdampak buruk pada kesehatan, adapun bahaya bronkitis yaitu antara lain:

1. Batuk kronis atau batuk berdahak

Penderita bronkitis sering mengalami batuk terus, apabila dibiarkan terlalu lama semakin parah akhirnya menjadi batuk kronis yang merugikan kesehatan merupakan gejala awal sakit paru paru.

2. Radang tenggorokan

Bronkitis menyerang saluran pernafasan yaitu tenggorokan, dimana dahak menumpuk menjadi penyebab penderita mengalami kesulitan bernafas, hal ini juga bisa termasuk ciri paru paru kotor tanpa disadari.

3. Sesak nafas atau kesulitan bernafas

Hal ini terjadi karena kondisi penderita bronkitis sudah parah selain dahak yang menumpuk juga mengalami sesak nafas mengakibatkan meninggal dunia bila tidak segera ditangani secara serius penyebab sesak nafas tiba-tiba yang menyerang tubuh dengan cara meredakan sesak nafas.

4. Pleuritis atau efusipleura

Kondisi terjadi bersamaan dengan pneumonia, yaitu suatu kondisi adanya penumpukan cairan diantara dua lapisan pleura (membran memisahkan paru paru dengan dinding dada bagian dalam) bisa memicu terjadinya kanker paru paru merupakan tanda-tanda paru paru berair menjadi bahaya paru paru berair dalam tubuh.

5. Sinusitis

Sangat rentan terjadi pada anak kurang gizi dan lemahnya kekebalan tubuh, bisa karena kurangnya asupan jus yang baik untuk paru paru perlu diperhatikan agar fungsi paru paru berjalan maksimal dalam menjaga kesehatan tubuh setiap hari.

6. Haemaptor

Akibat dari pecahnya pembuluh darah cabang vena (arteri pulmonalis), cabang arteri (arteri bronchialis atau anastomistis pembuluh darah) hal ini membuat paru paru kurang bekerja maksimal maka perlu diperhatikan pencegahan penyakit paru paru dalam kehidupan setiap harinya.

7. Asbes metastatis di otak

Terjadi akibat dari septikemi disebabkan kuman yang membuat paru paru menjadi bekerja kurang maksimal, perlu cara mengobati penyakit dalam paru paru hingga peredaran darah dan oksigen lancar ke seluruh tubuh.

8. Mudah terkena infeksi

Sistem pernafasan mengalami penurunan fungsi paru paru sehingga penderita sering terkena infeksi paru paru, perlu penanganan dengan cara mengatasi infeksi paru paru yang mudah dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

9. Lendir bercampur darah

Kondisi sangat parah memiliki resiko tinggi untuk mengalami lendir bercampur darah, hal ini dialami oleh penderita perokok, maka perlu cara merawat paru paru bagi perokok yang efektif.

10. Kematian

Dahak yang menumpuk menyebabkan sesak nafas menjadi penyebab utama penderita bronkitis meninggal dunia, maka dianjurkan melakukan pengobatan sedini mungkin hingga terhindar dari dampak buruk kesehatan tubuh.

Dari kesepuluh bahaya bronkitis di atas, dapat perlu diperhatikan dalam menjaga kesehatan tubuh baik itu paru paru, jantung maupun organ tubuh yang lain hingga terhindar dari resiko tinggi dampak buruk bagi kesehatan setiap hari.

, , , , , ,