5 Bahaya Paru-paru Berair yang Sangat Mematikan

Paru-paru berair merupakan salah satu kondisi di mana organ paru-paru seseorang terdapat cairan yang menumpuk di dalamnya sehingga fungsi normal paru-paru terganggu. Penyebab paru-paru berisi cairan sendiri bisa dikarenakan banyak hal, seperti ketinggian, lupus, adanya TBC, emboli paru atau air yang masuk ke dalam paru-paru. Lalu apa bahaya paru-paru berair?.

Sebelum kita membahasa lebih lanjut lagi mengenai bahaya paru-paru berair, ketahuilah gejala paru-paru berair. Masing-masing pederita tentu memiliki gejala yang berbeda, namun pada umumnya ada beberapa gejala yang dirasakan antara  lain cepat lelah, sesak nafas, nyeri dada, batuk dan mengi.

Jika kalian merasakan gejala tersebut di atas, cepat segera periksakan diri ke dokter karena kalian tidak tahu bukan apa saja bahaya paru-paru berair yang dapat mengancam kesehatan tubuh kalian, untuk itulah kami memberikan informasinya di bawah ini.

1. Mengumpulnya cairan di organ paru-paru

Gejala paru-paru berair memang sangat mirip sekali dengan gejala penyakit paru pada umumnya. Untuk itulah dibutuhkan diagnose yang tepat guna mendapatkan metode pengobatan yang tepat pula. Karena jika tidak segera dirawat dan diobati dengan baik, bukan tidak mungkin resiko paru-paru yang tertimbun cairan dapat terjadi. Tumpukan cairan yang terjadi ini bisa saja mengharuskan penderita menjalani pembedahan.

1. Abses

Abses merupakan kondisi di mana pederita paru-paru berair mengalami penumpukan nanah di dalam paru-parunya. Nanah yang menumpuk ini berasal dari sel darah putih yang menyatu dengan kuman atau bakteri peyebab paru-paru berair. Nah jika sudah begini, kinerja paru-paru akan sangat terganggu sekali karena nanah akan menginfeksi bagian organ-organ tersebut.

1. Bacteremia

Bacteremia merupakan komplikasi radang paru-paru atau pneumonia yang menyebabkan darah menjadi tercemar karena adanya bakteri. Kondisi ini yang juga merupakan salah satu bahaya paru-paru berair yang wajib diperhatikan loh.

Karena bakteremia yang tidak segera ditangani akan menyebar dengan cepat di seluruh tubuh melalui aliran darah dan akan merusak organ-organ di dalam tubuh bahkan mematikan fungsi organ itu sendiri.

1. Permasalahan kardiovaskular

Paru-paru yang berair jika tidak segera ditangani bisa juga mengakibatkan jantung dan pembuluh darah besar penderita mengalami pergeseran. Hal ini disebabkan karena udara yang masuk ke paru-paru tidak dapat keluar lagi sehingga memenuhi paru-paru dan menyebabkan tekanan paru-paru semakin tinggi sehingga jantung ikut terkena imbasnya. Kondisi seperti jika dibiarkan terlau lama, dikhawatirkan akan mempengaruhi kinerja jantung dan membuatnya mengalami kelainan.

1. Kematian

Tak ada bedanya dengan penyakit paru-paru lainnya seperti kanker paru-paru atau sesak nafas karena alergi, bahaya paru-paru berair juga bisa menyebabkan kematian. Jika tidak segera ditindak lanjuti maka, penderita paru-paru berair bisa mengalami kematian. Hal ini bisa dikarenakan pasokan oksigen yang tidak maksimal ke dalam tubuh ataupun karena kandungan keasaman di dalam darah.

5 bahaya paru-paru berair yang sangat mematikan di atas dapat sekali kalian hindari, jika kalian mulai dari sekarang memperhatikan kesehatan diri kalian. Dengan memperhatikan kesehatan diri dan lingkungan kalian bukan hanya akan terhindar dari ciri-ciri paru-paru tidak sehat saja, namun juga akan terhindar dari berbagai penyakit paru lainnya seperti komplikasi bronkitis, TBC, pneumonia dan penyakit berbahaya lainnya.

Berolah raga dipagi hari dapat membantu kalian terhindar dari penyakit-penyaki tersebut loh, selain itu menghentikan kebiasan merokok juga sangat dianjurkan sekali karena justru penyakit paru-paru bukan hanya dikarenakan dari lingkungan udara kita yang kotor, namun juga karena kebiasaan kita yang buruk.

, , , ,