Sponsors Link

Penting! 6 Bahaya Paru-paru Bocor Ini Jarang Orang Tahu

Sponsors Link

Apa bahaya paru-paru bocor seringkali menjadi pertanyaan yang sering diajukkan oleh masyarakat umum. Paru-paru bocor dalam dunia media juga biasa disebut dengan pneumotraks. Umumnya paru-paru bocor ditandai dengan gejala-gejala seperti dada yang terasa sakit, sesak nafas ataupun denyut jantung yang lebih cepat dari biasanya.

ads

Jika kalian pernah atau  sedang mengalami gejala-gejala tersebut ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter karena kondisi penyakit ini sangatlah spontan dan tiba-tiba sehingga sangat membahayakan sekali untuk tubuh kalian karena bahaya paru-paru bocor sama dengan bahaya paru-paru berair.

Lalu dari penjelasan di atas, apa sebenarnya bahaya paru-paru bocor?. Tentu sangat berbahaya sekali karena paru-paru bocor dapat menimbulkan kondisi atau kelainan yang akan dibahas di bawah ini.

  1. Sesak nafas

Pada penderita paru-paru bocor, umumnya akan menunjukkan gejala sesak nafas pada malam hari ataupun siang hari saat beraktivitas dan tak jarang mereka juga mengalami dada yang terasa sakit. Jika penderita paru-paru bocor memiliki riwayat penyakit asma, akan sangat berbahaya sekali kondisinya karena penderita bisa benar-benar kekurangan oksigen dan mengalami kesulitan bernafas.

  1. Mudah lelah dan sering pingsan

Bahaya paru-paru bocor berikutnya yaitu, penderita akan mudah mengalami kelelahan sehingga menyebabkan tubuhnya amat lemah dan mudah pingsan. Umumnya kondisi yang seperti ini menunjukkan bahwa penderita sudah memasuki tahap paru-paru bocor yang cukup serius yang menyebabkan pasokan oksigen ke otak menurun.

  1. Tergeseranya posisi jantung

Paru-paru yang bocor jika tidak segera ditangani bisa juga mengakibatkan jantung dan pembuluh darah besar penderita mengalami pergeseran. Hal ini disebabkan karena udara yang masuk ke paru-paru tidak dapat keluar lagi sehingga memenuhi paru-paru dan menyebabkan tekanan paru-paru semakin tinggi sehingga jantung ikut terkena imbasnya.

  1. Asidosis respiratorik

Apa itu asidosis respiratorik?, merupakan sebuah kondisi dimana terdapar kadar Ph yang cukup tinggi di dalam darah kalian yang disebabkan karena banyaknya kandungan karbondioksida di dalam darah kalian. Karbondioksida yang cukup banyak di dalam darah disebabkan karena adanya gangguan saat paru-paru ingin mengeluarkan karbondioksida dari dalam tubuh.

Apakah kanker paru-paru bisa menular mungkin pertanyaan yang banyak diajukkan banyak orang, namun kalian juga harus sadar bahwa walaupun kanker paru-paru dan asidosis respiratoril tidak menular bahayanya tetap sama untuk tubuh kalian karena bisa menyebabkan kematian.

  1. Menderita paru-paru bocor dilain waktu

Pada penderita paru-paru bocor yang pernah sembuh sebelumnya, ternyata masih bisa beresiko terkena paru-paru bocor di lain waktu. Selain itu, paru-paru yang mengalmi kebocoran juga bisa berpindah, yang tadinya di paru-paru sebelah kanan bisa berpindah ke sebelah kiri atau sebaliknya. Hal tersebut terjadi karena kebocoran pada paru- paru tidak bisa kembali seperti semula.

Sponsors Link

  1. Kematian

Tak ada bedanya dengan penyakit paru-paru lainnya seperti komplikasi bronkitis atau sesak nafas karena alergi, bahaya paru-paru bocor juga bisa menyebabkan kematian. Jika tidak segera ditindak lanjuti maka, penderita paru-paru bocor bisa mengalami kematian. Hal ini bisa dikarenakan pasokan oksigen yang tidak maksimal ke dalam tubuh ataupun karena kandungan keasaman di dalam darah.

Menyeramkan bukan bahaya paru-paru bocor?. Untuk itulah menjaga paru-paru kalian tetap sehat merupakan langkah pertama yang sangat mudah sekali dilakukan. Dengan berolahraga, menjauhi rokok dan juga mengonsumsi makanan yang menyehatkan paru-paru dapat membantu membuat paru-paru kalian menjadi lebih sehat lagi serta mampu menurunkan resiko kalian terkena komplikasi paru-paru bocor.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Pneumotraks