7 Bahaya Penyakit Pneumonia Yang Sering Terjadi

Tahukah anda kalau penyakit pneumonia merupakan penyakit super berbahaya?. saking berbahayanya nyawa anda bisa menjadi taruhan sekalipun cara mencegah pneumonia pada anak sudah dilakukan?.

Penyakit pneumonia merupakan penyakit yang menimpa organ paru paru. Yang mana, penyakit ini terjadi akibat munculnya peradangan pada kantung kantung udara yang terletak diantara dua paru paru. Akibat peradangan itulah, resiko sedot cairan di paru-paru seperti dada terasa nyeri ketika sedang bernafas tidak lagi bisa dicegah.

Penyakit ini sangat berbahaya loh! Selain bisa menimbulkan komplikasi dan kerusakan paru paru, nyawa anda juga bisa menjadi taruhan. Karena jika sampai peradangan kantung udara pecah, zat asam yang ditimbulkan oleh nanah dan darah bisa memenuhi saluran pernafasan anda. Sehingga anda semakin sulit untuk bernafas dan efeknya adalah kematian. itulah bahaya pasca penyedotan cairan di paru.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa bahaya penyakit pneumonia yang harus Anda waspadai, yaitu :

1. Radang Pleura

Radang pleura adalah bahaya penyakit pneumonia yang pertama. Radang pleura disebabkan oleh cairan udara yang berhasil menembus saluran pleura. Efek dari peristiwa ini paru paru menjadi tertekan karena saluran pleura menebal yang mengakibatkan gerak paru paru atau ruang paru paru untuk bernapas menjadi sempit.

Radang pleura terjadi selain akibat bolongnya organ dada, tetapi juga disebabkan oleh pecahnya radang pneumonia akibat makanan untuk menghilangkan cairan di paru-paru. Sehingga cairannya menembus saluran pleura yang harusnya tertutup rapat dari berbagai senyawa.

1. Septicameia

Anda pernah mendengar penyakit keracunan darah?. Ya! Penyakit keracunan darah itulah yang disebut dengan istilah septicameia. Septicameia disebabkan oleh masuknya senyawa radikal di dalam darah.

Baik itu senyawa yang berupa detok yang berisi purin, gula darah, maupun senyawa padat yang diakibatkan oleh hasil metabolisme yang gagal dicerna menjadi energi. Selain itu, keracunan darah juga disebabkan oleh asam berlebih yang dibuat oleh bakteri di dalam kantung udara ( pneumonia ). Asam ini muncul jika radang pneumonia pecah.

Sehingga secara otomatis asam yang ada di dalam nanah akan ikut mengalir bersama darah. Akhirnya darah menjadi terkontaminasi zat asam yang berbahaya.

1. Abses Paru Paru

Abses paru-paru adalah bahaya penyakit pneumonia yang tidak bisa diatasi dengan cara menghindari penyakit tbc. Biasanya gangguan ini terjadi pada pasien pneumonia yang disertai dengan kebiasaan mengkonsumsi alkohol baik ringan maupun berat. Abses paru paru adalah munculnya metabolisme di dalam paru paru yang didalamnya berisi nanah dan darah.

Gejala dari penyakit ini adalah kaki dan tangan menjadi bengkak dan ketika anda bernafas batu tidak sedap akan muncul dari mulut anda. Abses paru paru ringan bisa disembuhkan dengan cara mengobati pneumotoraks yaitu menggunakan antibiotik. Baik yang dikonsumsi melalui mulut atau yang disuntikkan lewat jarum infus.

Akan tetapi, jika statusnya sudah parah, maka operasi iris abses harus dilakukan. Supaya nanah bisa dikeluarkan. Sedangkan sisa peradangan bisa dilepas sebelum merambat memasuki organ tubuh yang lainnya.

1. Bakterimia

Bakteremia adalah bahaya penyakit pneumonia yang pasti terjadi. Bakteri penyebab bakteremia adalah bakteri yang juga menjadi penyebab paru paru menjadi bengkak. Struktur serangannya adalah ketika bakteri sudah berhasil membuat kantung udara di ujung paru-paru meradang, dia akan langsung memasuki darah yang ada didekatnya.

Sehingga darah pun ikut terkontaminasi bakteri tersebut. Efeknya adalah penderita bisa diserang hipertensi, inflamasi darah, keracunan darah hingga leukemia yang kronis dan sukar sembuh sekalipun sudah dilakukan cara membersihkan paru-paru dari flek.

1. Luka Pada Paru Paru

Luka pada paru paru terjadi akibat bakteri tidak pernah berhenti melakukan tindakan infeksi. Sehingga ketika difoto rontgen akan terlihat dengan jelas, gejala awal sakit paru-paru yaitu banyak sekali luka luka iris yang terlihat pada paru paru penderita pneumonia.

1. Komplikasi

Penyakit pneumonia merupakan penyakit high class yang mampu memancing kerusakan organ dan metabolisme tubuh sehingga akibat penyakit tersebut, penyakit-penyakit lainnya dapat bermunculan. Komplikasi akibat pneumonia salah satunya adalah sesak napas/asma dan tbc. Jika, pneumonia masuk stadium lanjut, kerusakan paru-paru hingga kanker paru-paru akan mungkin menyerang tubuh Anda.

1. Kanker Paru Paru

Salah satu gejala penyakit pneumonia adalah pasiennya akan mengalami sesak napas. Itu artinya, pasien pneumonia rawan mengalami kekurangan oksigen dalam darah dan mengakibatkan metabolisme berjalan radikal. Banyak hal buruk yang diakibat oleh metabolisme berjalan secara radikal.

Diperparah dengan tidak disertai dengan minuman pembersih paru-paru, pembelahan sel paru paru tidak akan berlangsung sempurna. Yang ada, sel positif malah berganti menjadi sel negatif yang disebut dengan sel kanker. Lama kelamaan sel ini akan menyebar di seluruh paru-paru untuk melakukan perintah ekstrem terhadap pembentukan sel disana. Sehingga mulai muncullah tonjolan tonjolan ganas yang lama kelamaan akan membesar. Inilah yang disebut dengan kanker paru paru.

Itulah beberapa bahaya penyakit pneumonia yang wajib Anda ketahui. Saran kami adalah pastikan Anda selalu mengontrol kondisi paru-paru Anda, sehingga sekecil apapun gejala yang muncul akan dapat segera ditanggani. Dengan demikian anda sudah siap dengan tindakan pencegahan dan penanganan pneumotorax secara efektif semaksimal mungkin.

Kategori : Pneumonia