Apa Bakteri Penyebab Bronkitis? Temukan Jawabannya Di Sini

Definisi bronkitis merupakan nama sebuah penyakit yang menyerang saluran pernafasan seseorang berupa perdangan pada cabang tenggorokan. Penyakit bronkitis sendiri merupakan penyakit yang dapat disembuhkan dengan sempurna, bila penderitanya tidak sedang menderita penyakit – penyakit serius dalam waktu yang lama seperti HIV, gagal jantung atau paru – paru. Mengingat penyakit bronkitis yang merupakan momok mengerikan bagi sebagian masyarakat Indonesia, tak ada salahnya jika kalian mengetahui informasi seputar penyakit bronkitis yang akan kalian dapatkan dari ulasan di bawah ini.

Bakteri Penyebab Bronkitis

Ada 2 hal yang dapat menyebabkan seseorang terkena bronkitis, yaitu virus dan bakteri. Jika penyakit tersebut disebabkan karena serangan virus biasanya bentuk penyakit bronkitis yaitu penyakit bronkitis akut dan kronik, dan merupakan hal yang sering terjadi di sekitar kalian. Lalu bagaimana jika bronkitis disebabkan oleh bakteri?. Bronkits yang disebabkan karena bakteri memang tidak seumum bronkitis yang disebabkan karena virus. Lalu apa bakteri penyebab bronkitis terjadi pada saluran pernafasan seseorang?.

Jawabannya adalah mikoplasma pneumonia yaitu organisme yang berukuran sangat kecil sekali dan termasuk ke dalam jenis mollicute. Bentuk bakteri ini sendiri tak memiliki dinding sel layaknya bakteri – bakteri lainnya, namun ada hal lain yang melindungi dirinya selain dinding sel itu sendiri yaitu membrane yang terkomposisi dari gabungan – gabungan senyawa.

Layaknya bakteri – bakteri jahat lainnya, bakteri penyebab bronchitis bernama mikoplasma pneumonia ini juga berkembang sebagai parasit yang dapat memberikan rasa sakit dan menggerogoti system tubuh penderita yang terpapar olehnya.

Jika bakteri ini menempel pada tubuh manusia, tidak salah lagi kemungkinan besar orang yang tertempel mikoplasma pneumonia akan mengalami bronchitis karena jika sudah menempel di dalam paru – paru kalian, bakteri ini akan menyerap nutrisi dan berkembang biak. Proses perkembangbiakannya pun dengan cara membelah diri dan saluran pernafasan akan menjadi tempat yang rentan menjadi sarangnya.

Gejala Bronkitis

Bronkitis adalah penyakit yang dapat menyerang semua orang dalam rentang usia berapapun. Gejala – gejala bronkitis yang disebabkan oleh virus tentu berbeda dengan gejala – gejala bronchitis yang disebab oleh bakteri. Simaklah beberapa gejala bronchitis yang disebabkan oleh bakteri di bawah ini.

• Penderita mengalami demam yang bertaham, semakin hari semakin meningkat
  • Terjadinya peningkatan leukosit di dalam tubuh pasien
  • Dahak yang mengental
  • Batuk yang parah

Pengobatan

Pengobatan bronchitis hanya bisa dilakukan dengan minum antibiotik secara rutin dan disiplin. Karena jika tidak dilakukan dengan disiplin, maka penyakit bronkitis yang telah diobati bisa menyerang balik system pernafasan kalian. Ciri – ciri bronkitis kambuh kurang lebih sama dengan gejala – gejala bronkitis pada umumnya. Namun kalian bisa mengethui beberapa daftar antibioti yang biasa diberikan oleh dokter untuk mengobati penderita bronkitis.

• Amoxilin (biasa digunakan untuk pasien anak – anak)
  • Azitromisin
  • Clarithromycin
  • Trimethoprim

Kalian sudah tahu bukan mengenai bakteri penyebab bronkitis, gejalanya dan pengobatannya. Dengan mengetahui informasi tersebut diharapkan agar kalian lebih memperhatikan gaya hidup dan lingkungan hidup kalian. Dengan begitu resiko terserang penyakit bronkitis bisa diminimalisir tingkat keparahannya, karena ternyata Indonesia menjadi 6 besar Negara dengan kasus bronkitis tertinggi di dunia.

Berkonsultasi ke dokter merupakan pilihan yang tepat jika kalian belum begitu yakin dengan kondisi kesehatan tubuh kalian mengingat efek bronkitis yang berbahaya bagi tubuh. Selain itu bahaya dari penyakit bronkitis yaitu dapat menyebabkan banyak komplikasi bronkitis seperti efusi pleura, otitis media atau bronkitis kronis. Kalian juga pasti diwajibkan untuk menjaga asupan makanan, seperti makanan yang harus dihindari penderita bronkitis dan juga memperbanyak mengkonsumsi makanan sehat untuk penderita bronkitis.

Kategori : Bronkitis