Sponsors Link

Biaya Operasi Paru Paru Bocor yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Biaya operasi paru paru bocor adalah biaya yang harus anda bayarkan untuk mendapatkan penanganan terhadap kondisi paru paru yang terus melemah. Sesuai dengan namanya, penyakit paru paru bocor adalah penyakit pada organ paru yang menyebabkan kerusakan arteri koroner, sehingga dinding paru paru rapuh dan akhirnya bocor.

ads

Pada kondisi seperti ini, tentu pasien bisa menderita berbagai dampak yang merugikan untuk kesehatannya. Dampak paru paru bocor ini pun bisa membuat pasien mengalami berbagai gangguan pernafasan yang mengganggu aktivitasnya juga.

Kondisi paru paru bocor tidak bisa dibiarkan begitu saja karena beresiko menimbulkan bahaya paru paru bocor. Anda harus segera melakukan penanggulangan dan pengobatan. Jika kondisi kebocoran paru paru belum terlalu parah, maka anda bisa melakukan berbagai cara mengobati paru paru bocor secara alami menggunakan obat herbal paru paru bocor misalnya.

Namun jika sudah sangat parah, biasanya secara medis akan disarankan anda melakukan operasi paru paru bocor. Operasi paru paru bocor ini dikenal dengan istilah Collapsed Lung Surgery. Berdasarkan nama prosedurnya, operasi ini dilakukan untuk mengobati kondisi paru paru yang telah rusak parah (collapsed). Tentunya anda ingin tahu bukan informasi lengkap mengenai operasi ini? Jika ingin tahu informasi lengkapnya, maka anda bisa memperhatikan prosedur operasi paru paru bocor berikut ini.

  1. Proses Pemasukan Chest Tube

Pertama, pasien yang menderita paru paru bocor akan diterima untuk melakukan perawatan inap dahulu. Rawat inap ini diperlukan untuk mengetahui kondisi keparahan paru paru. Langkah awalnya akan dipasangkan chest tube pada bagian samping dada. Chest tube ini akan menopang kerja paru paru dan membuatnya tidak kempes lagi akibat kebocoran. Proses pemasangannya dilakukan dengan melubangi bagian dada di samping bawah ketiak anda.

  1. Evaluasi Kapasitas Kerja Paru Paru

Setelah menggunakan chest tube untuk beberapa waktu, maka chest tube itu akan dilepas sesuai dengan instruksi dokter. Pasca dilepas anda akan tetap dirawat inap. Evaluasi akan kapasitas kerja paru paru anda akan dilakukan. Jika tanpa chest tube paru paru sudah membaik, maka operasi tidak perlu dilakukan. Namun jika kondisinya memburuk, maka anda harus melalui proses operasi paru paru bocor yang cukup rumit.

  1. Pemberian Bius Total

Jika anda diputuskan harus melalui operasi paru paru, maka anda akan diberikan bius total apapun jenis operasi yang dilakukan. Cara mengobati paru paru bocor dengan operasi sendiri ada dua jenisnya, yaitu TALC dan Bedah Thorax. Keduanya memerlukan bius total sebagai langkah awal operasi. Jika sudah dibius total, maka pasien akan ditunggu hingga benar-benar kehilangan kesadaran sepenuhnya. Proses ini sebelumnya akan diawali dengan konsultasi ke dokter anestesi terlebih dahulu. 

Sponsors Link

  1. Penyayatan Bagian Dada untuk TALC/ Bedah Thorax

Anda sudah terbius, maka proses selanjutnya adalah melakukan penyayatan di bagian dada dekat dengan paru paru yang mengalami kebocoran. Seperti disebutkan sebelumnya ada dua jenis operasi paru paru bocor. Jika operasi yang dilakukan adalah TALC, maka akan dilakukan bedah tertutup dengan dimasukkan kamera dan alat untuk membenahi beberapa bagian lapisan paru paru yang terus bocor. Sedangkan jika dilakukan bedah thorax, maka akan dilakukan bedah terbuka.

  1. Penutupan Sayatan

Jika masing-masing jenis operasi dengan prosedurnya sudah selesai dilakukan, maka dokter akan kembali menutup bagian yang sudah disayat sebelumnya. Banyak jahitan tentu berbeda antara jenis bedah tertutup yang lebih kecil dari bedah terbuka. Setelah sayatan berhasil ditutup dengan jahitan yang rapi dan bagus, maka anda sudah selesai melalui cara mengatasi paru paru bocor dengan operasi dan tinggal menunggu pemulihan saja.

Begitulah prosedur bagaimana operasi paru paru bocor dilakukan. Berdasarkan penjelasan di atas tentu anda sudah bisa memahami bahwa ternyata operasi paru paru bocor bukanlah operasi yang sederhana. Ada beberapa tahapan yang harus dilalui dan resikonya pun cukup berbahaya. Inilah yang mungkin menyebabkan biaya operasi paru paru bocor pun tidak kecil. Biaya operasi paru paru bocor diketahui cukup fantastis.

Perbedaan biaya operasi paru paru bocor di dalam dan luar negeri pun nyatanya tidak berbeda jauh. Anda bisa melakukan operasi paru paru bocor di dalam negeri seperti di rumah sakit OMNI, rumah sakit Siloam, rumah sakit Cipto Mangunkusumo, dan rumah sakit Pertamina.

Sponsors Link

Jika anda ingin melakukan operasinya di luar negeri, maka anda bisa menggunakan layanan dari rumah sakit Mount Elizabeth Hospitals Singapore, European Medical Center Moscow, Helios dr. Horst Schmidt Hospital Wiesbaden, dan Gangnam Severance Hospital Seoul.

Perbedaan biaya operasi paru paru bocor pada rumah sakit dalam dan luar negeri di atas tidak jauh. Kisaran biaya operasi untuk mengatasi paru paru bocor diketahui adalah mulai dari Rp12.000.000 hingga Rp20.000.000. Biaya tersebut hanya biaya tindakan operasinya saja ya, belum termasuk biaya persiapan dan pemeriksaan sebelum operasi, serta belum juga termasuk biaya pemulihan setelah operasi dilakukan.

Cukup besar pastinya biaya yang harus anda siapkan untuk bisa melalui proses penyembuhan dengan operasi paru paru bocor ini. Jadi pastikan untuk menyiapkan biayanya atau anda juga bisa menggunakan asuransi kesehatan yang anda miliki untuk membantu pembiayaannya. Lebih baik lagi jika anda bisa menghindari penyebab terjadinya paru paru bocor ini.

Demikian informasi yang bisa diberikan terkait biaya operasi paru paru bocor dari berbagai sumber yang berhasil dikumpulkan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda dan bisa anda gunakan untuk menanggulangi penyakit yang sedang anda derita. Jadi selamat mencoba pengobatan dengan operasi dan semoga anda bisa lekas pulih kembali!

, , ,




Oleh :
Kategori : Pengobatan