Sponsors Link

Berapa Biaya Rontgen Paru-Paru? Ini Jawabannya

Sponsors Link

Apa itu rontgen paru – paru?. Rontgen paru – paru merupakan salah satu metode atau tes yang menghasilkan sebuah foto atau gambar yang menunjukan keadaan paru – paru. Biasanya rontgen paru – paru dan rontgen lainnya seperti rontgen jantung, saluran pernafasan dan pembuluh darah menggunakan metode yang sama dan sama – sama termasuk ke dalam jenis rontgen thorax.

ads

Orang yang melakukan rontgen paru – paru umumnya merupakan orang yang didiagnosa oleh dokter menderita ciri – ciri paru – paru tidak sehat ataupun mereka yang telah terkena kelainan – kelainan yang terjadi pada organ – organ di dalam tubuh seperti jantung ataupun usus. Dan biasanya dilakukan untuk menemukan sumber permasalahan dan letak permasalahan yang tepat pada bagian paru – paru dan saluran pernafasan.

Sebelum mengetahui berapa biaya rontgen paru-paru ada beberapa hal yang penting untuk kalian ketahui mengenai prosedur yang harus kalian lakukan sebelum melakukan rangkaian tes ini, di antaranya yaitu:

  • Kenali gejala – gejala yang mengharuskan kalian menjalani rontgen paru – paru seperti sesak nafas, nyeri dada, atau batuk berdarah.
  • Cari tahu apa saja riwayat penyakit kalian. Mungkin kalian telah terserang suatu penyakit tertentu dan telah melakukan serangkaian pengobatan sehingga mengharuskan diri kalian untuk melakukan rontgen guna mengetahui efek yang dihasilkan dari rangkaian pengobatan yang telah dilakukan sebelumnya.
  • Beritahu dokter jika kalian dalam kondisi hamil. Hal ini dilakukan guna mencegah bayi di dalam perut terpapar radiasi sinar x.
  • Lepaskan pakaian, peralatan gigi, kacamata ataupun logam seperti perhiasan karena akan mengganggu proses rontgen.

Bagaimana proses rontgen dada dilakukan?

Kalian tidak perlu khawatir karena rontgen dada tidak akan menyakiti tubuh kalian. Pada saat sebelum melakukan proses rontgen kalian akan diminta melepas seluruh pakaian dan semua benda – benda yang menempel pada tubuh kalian seperti yang sudah disebutkan di atas. Setelah itu kalian akan diminta berdiri menghadap depan ke arah plat rontgen untuk kemudian dilakukan pengambilan gambar.

Pada kasus tertentu dokter bisa saja meminta pasien untuk duduk ataupun berbaring, tapi kalian tidak perlu khawatir karena akan ada perawat yang akan mengarahkan posisi kalian.

Lalu sebenarnya berapa biaya rontgen paru – paru yang umumnya dikeluarkan oleh pasien saat melakukan rontgen?. Berapa besar biayanya biasanya tergantung dengan seberapa banyak bagian tubuh yang akan dilakukan rontgen dan masing – masing kelas perawatan.

Namun umumnya, biaya rontgen paru-paruyang akan dikenakan pada pasien kelas menengah kebawah sekitar 65.000 rupiah sampai dengan 90.000 rupiah. Sedangkan untuk pasien menengah keatas biasanya akan dikenakan biaya sebesar 100.000 rupiah sampai dengan 200.000 rupiah.

Sponsors Link

Oh ya, yang perlu kalian ketahui adalah bahwa harga rontgen untuk anak – anak dan orang dewasa memiliki harga yang berbeda.

Namun sebelum dokter mendiagnosa kalian harus melakukan rontgen, ada baiknya supaya mulai dari sekarang kalian harus memperhatikan kesehatan paru-paru dengan selalu memperhatikan makanan yang menyehatkan paru – paru, dan juga mengkonsumsi minuman sehat untuk paru – paru. Dengan begitu kalian bisa tershindar dari serangan komplikasi bronkitis dan juga gejala penyakit emfisema.

, , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup