Sponsors Link

Begini Ternyata Cara Kerja Sistem Ekskresi Paru Paru yang Sangat Mudah Dipahami

Sponsors Link

Sistem ekskresi manusia adalah sistem atau metabolisme yang mengatur zat-zat sisa di tubuh manusia. Terutama senyawa yang berjenis detok atau racun. Sedangkan cara kerja sistem ekskresi paru paru dan cara memperkuat jantung dan paru paru kami jelaskan di bawah.

ads

Seperti diketahui, metabolisme tubuh manusia bergerak setiap hari. Sistem ini melakukan proses serap makanan dan obat tradisional pneumonia yang dikonsumsi tubuh lalu diedarkan pada organ yang membutuhkan melalui sirkulasi darah.

Akan tetapi tidak semua makanan yang masuk memiliki kadar nutrisi yang baik. Masih banyak zat yang justru bisa berakibat buruk bagi organ. Termasuk di dalamnya rokok dan minuman keras.

Nah, senyawa semacam ini, juga diserap oleh tubuh lalu disebar ke organ sekitarnya. Pada proses inilah ekskresi tubuh diperlukan sebagai filter mana senyawa terapi penumotoraks yang baik dan mana detok yang harus dibuang.

Macam-Macam Organ Ekskresi Manusia

Jika organ ekskresi tubuh berfungsi baik, tentu zat racun bisa dibuang menjadi feses, urine atau keringat. Tetapi, jika metabolisme ini tidak berjalan, tentu penyakit akan mudah bersarang di tubuh. Maka dari itu, organ ekskresi seperti hati, ginjal dan kulit harus sehat. Terutama organ ekskresi paru paru. Ingat, biaya rontgen paru paru mahal loh.

Organ Ekskresi Paru Paru

Paru paru merupakan organ terpenting di tubuh manusia. Karena ini merupakan sistem pernafasan yang menjadi syarat utama insan bisa hidup lebih lama.  Sedangkan letaknya sendiri ada di rongga dada sebelah kiri.

Paru paru memiliki dua sisi yaitu sisi kiri dan sisi kanan. Bentuk yang kanan biasanya lebih besar dibandingkan bentuk paru paru yang sebelah kiri. Jika organ ini memiliki bentuk yang sama, tentu manusia akan mengalami masalah dengan pernafasan. Bahkan, serangan jantung koroner bisa terjadi sekalipun sudah dilakukan penangangan pneumotoraks secara efektif.

Organ paru paru memiliki bagian-bagian tertentu dengan fungsi-fungsi yang berbeda. Semua unsur tersebut, ikut membantu sistem kerja ekskresi paru paru terhadap zat detok.

1. Trakea

Trakea adalah bagian paru paru yang mengatur aliran nafas yang keluar dari laring. Bisa dikatakan ini adalah jembatan antara laring dengan bagian paru paru yang lain. Selain itu, fungsi trakea adalah menjadi pembatas sistem respirasi bawah dan atas untuk menghindari ciri paru paru kotor.

2. Bronkus

Bronkus memiliki sistem kerja terpenting di paru paru. Karena bagian inilah yang berfungsi untuk mengeluarkan zat detok dari tubuh. Sedangkan produk pembersihnya disebut silia yang menempel pada dinding bronkus.

Sponsors Link

3. Lobus

Bagian organ paru paru yang juga ikut melancarkan cara kerja sistem ekskresi paru paru adalah lobus. Kedua sisi paru paru pasti memiliki unsur ini namun jumlahnya berlainan. Paru paru sisi kiri, lobusnya ada dua sedangkan yang kanan memiliki lobus sebanyak tiga.

4. Alveolus

Jika Anda pernah mendengar istilah kantung udara, maka bagian paru paru ini disebut dengan istilah alveolus. Sistem kerja bagian ini adalah melakukan transformasi atau pertukaran udara yang masuk atau keluar serta melakukan ekstraksi minuman penghilang nikotin.

5. Pleura

Pleura merupakan organ ekskresi paru paru yang paling rawan rusak. Sebab, bentuk organ ini hanya berupa lapisan tipis (selaput) yang menutup organ paru paru. Sedangkan pada bagian rongga dada, juga ada pleura pembungkus yang disebut pleura parietal

Nah, kedua pleura ini memiliki sistem kerja menjaga paru-paru dari iritasi akibat bergesekan dengan organ dada. Karena pergerakan yang intens, diantara keduanya muncul pelicin yang menjaga jarak paru paru dengan dada.

Sponsors Link

Cara Kerja Sistem Ekskresi Paru Paru

Sudah disinggung di atas, kalau setiap bagian paru paru memiliki sistem atau cara kerja ekskresi masing-masing. Utamanya dalam mengelola oksigen yang masuk atau karbondioksida yang keluar serta dalam menyerap makanan untuk penderita bronkitis.

Dalam metabolisme ini, terlihat jelas fungsi dari organ paru paru menurut ekskresinya. Yaitu membantu mengeluarkan karbondioksida dan uap air yang sejatinya tidak dibutuhkan oleh tubuh manusia karena iustru bisa menimbulkan detok. Selain itu, ekskresi ini juga dibutuhkan sebagai cara mencegah pneumonia akut.

Mekanisme Pernafasan

Sistem kerja paru paru bergerak dinamis sesuai mekanismenya. Menurut medis, mekanisme yang dimaksud ada dua yaitu inspirasi dan ekspirasi. Ini yang dikenal dengan istilah pernafasan perut dan dada.

Untuk pernafasan dada, sistem kerja masih memerlukan bantuan organ lain. Salah satunya adalah tulang rusuk.

Cara kerja sistem ekskresi paru paru dalam kaitannya dengan cara mencegah legionnaires adalah hal penting yang harus diketahui. Minimal sebagai pengetahuan supaya bisa menghargai aktivitas organ ini yang membantu menjadi kehidupan Anda.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Paru