Sponsors Link

5 Cara Membersihkan Paru Paru Dari Debu Paling Mudah dan Efektif

Sponsors Link

Paru paru menjadi bagian sangat penting dalam tubuh, dimana cara kerjanya yang paling utama yaitu membantu sistem pernafasan. Banyak hal menyebabkan organ pernafasan bermasalah yaitu alergi, asma, organisme berbahaya dan polutan, sesak nafas, kesulitan bernafas, hidung tersumbat dan iritasi tenggorokan, dengan cara membersihkan paru paru dari debu agar terhindar penyakit paru paru.

ads

Debu merupakan bagian dari kehidupan setiap hari, berbentuk erosi alami tanah, pasir, batu, serbuk sari, organisme mikroskopis dan partikel tumbuhan, dimana penyebab utama debu yaitu aktivitas industri, berkebun dan kendaraan bermotor, maka perlu diperhatikan ciri paru paru kotor yang mungkin dapat dialami.

Partikel debu yang menumpuk di permukaan mobil atau perabotan dalam jangka waktu tertentu, akan menembus paru paru dan bisa langsung terserap menyebabkan iritasi mata, batuk, bersin, alergi dan asma. Debu berpotensi menyebabkan berbagai penyakit paru paru berbahaya dan perlu kenali gejala awal sakit paru paru sebelum terlambat. Berikut cara membersihkan paru paru dari debu antara lain:

1. Permukaan lembut

Kenali penyebab adanya debu, umumnya perpaduan antara berbagai serat, rontokan bulu binatang peliharaan, tungau debu dan bakteri terkumpul di kamar tidur, khususnya perlengkapan tidur, seperti yang telah diungkapkan oleh dokter ahli alergi James Sublett , menyimpulkan bahwa permukaan lembut dan empuk tampak nyaman justru berbahaya, dimana permukaan datar, solid dan furnitur terbuat dari kayu justru lebih mampu bertahan dari debu dengan hanya menyekanya, maka akan hilang seketika dari permukaan furnitur.

2. Keset penyerap

Dengan tidak menggunakan sepatu di dalam rumah, dapat mengurangi resiko membawa debu dari luar rumah, dimana dengan keset penyerap debu dapat membersihkan sepatu dari debu, karena sepatu sebagai sumber pembawa debu dari luar rumah. Selain itu juga keset tersebut juga harus dibersihkan guna mencegah berbagai penyakit masuk ke dalam rumah.

3. Penghasil debu

Selain sepatu, secara tidak sengaja membawa bahan kimia, serbuk sari tumbuhan, kotoran dan debu, hewan peliharaaan, berpotensi penghasil debu sehingga sebaiknya jangan memasukkan binatang peliharaan ke dalam kamar tidur. Dalam hal ini apabila memiliki binatang peliharaan juga harus diperhatikan kesehatannya, hingga tidak menular ke dalam tubuh dan mengganggu kesehatan.

Sponsors Link

 4. Rutin mencuci

Bantal, sarung bantal atau seprai tempat tidur dapat meninggalkan kotoran dalam bantal, maka cucilah seprai, sarung bantal dan guling dengan air hangat secara berkala. Kebersihan tubuh dan lingkungan penting guna menjaga kesehatan termasuk paru paru, dimana debu dapat menyerang dan menginfeksi tubuh hingga mengganggu sistem imun.

5. Vacum anti alergen

Lindungi matras dengan pelapis agar sel kulit dan tungau debu dapat mudah disingkirkan hingga tidak masuk kedalam matras gunakan pembersih vacum untuk membersihkan berbagai permukaan dirumah. Demi menjaga kebersihan rumah bisa menggunakan vacum guna mencegah debu beterbangan masuk ke dalam rumah hingga mengganggu kesehatan.

Dalam menjalani kegiatan setiap hari harus bisa menjaga kesehatan terutama kesehatan paru paru dengan cara mengecek paru paru sehat dan cara meningkatkan kapasitas paru paru, sehingga peredaran oksigen melalui darah dapat bekerja baik dan perlu pencegahan penyakit paru paru.

, , , ,