Sponsors Link

5 Cara Mencegah Emboli Paru Paling Mudah Dilakukan

Sponsors Link

ads

Ketika salah satu arteri yang membawa darah dari jantung ke paru-paru Anda tersumbat, berarti Anda sedang terserang penyakit yang oleh dokter disebut sebagai emboli paru, atau PE. Sebagian besar waktu, ini terjadi setelah gumpalan darah terbentuk jauh di dalam pembuluh darah, biasanya di kaki Anda. Dokter menyebut ini deep vein thrombosis, atau DVT. Jika gumpalan pecah dan bergerak ke paru-paru, itu dapat menghalangi aliran darah Anda, menyebabkan emboli paru atau PE.

Cara terbaik untuk mencegah emboli paru atau PE adalah mencoba menghentikan pembentukan gumpalan darah jauh di dalam pembuluh darah Anda. Ini bisa jadi menantang jika Anda pernah beristirahat di tempat tidur setelah operasi atau sakit, atau hanya menempuh penerbangan panjang. Itu karena DVT cenderung terbentuk setelah Anda tidak bergerak untuk jangka waktu yang lama.

Jika Anda berisiko, berikut adalah lima hal yang dapat membantu menurunkan peluang Anda untuk mengalami pembekuan darah yang berbahaya ini:

  • Pengencer Darah

Dokter menyebut ini “antikoagulan.” Mereka menjaga darah Anda dari pembentukan gumpalan. Dokter Anda mungkin meresepkannya untuk Anda saat Anda di rumah sakit untuk pembedahan. Dia mungkin juga menyarankan Anda untuk tetap menggunakannya selama beberapa waktu setelah pulang.

Dokter Anda mungkin juga merekomendasikan pengencer darah jika Anda telah dirawat di rumah sakit setelah stroke atau serangan jantung, atau memiliki komplikasi dari kanker.

  • Stoking Kompresi

Ini adalah kaus kaki panjang yang menekan kaki Anda. Tekanan ekstra membantu darah bergerak melalui pembuluh darah dan otot-otot kaki Anda. Dokter Anda mungkin menyarankan Anda memakainya untuk sementara waktu setelah operasi.

Latihan Bangun dari tempat tidur dan berjalan ketika Anda sudah lama tinggal di rumah sakit atau penyakit yang membuat Anda terlalu lama di tempat tidur. Itu akan membuat darah di kaki Anda mengalir sehingga tidak memiliki kesempatan untuk berkumpul.

  • Peregangan Selama Perjalanan

Jika Anda dalam penerbangan panjang, cobalah berjalan naik dan turun gang setiap 30 menit atau lebih. Jika Anda tidak bisa berdiri, tekuk pergelangan kaki Anda dengan menarik jari kaki ke arah Anda.

Inilah peregangan lain yang dapat Anda coba lakukan saat duduk sehingga emboli paru-paru tidak terjadi:

  • Tarik kaki Anda ke atas ke arah dada dengan satu tangan.
  • Pegang bagian bawah kaki itu dengan tangan lainnya.
  • Pertahankan pose ini selama 15 detik, lalu coba dengan kaki lainnya.
  • Lakukan ini hingga 10 kali.
    Sponsors Link

Jika Anda berkendara jarak jauh, berhentilah setiap jam dan rentangkan kaki Anda.

  • Perubahan Gaya Hidup

Seiring dengan olahraga, ada sejumlah langkah yang dapat Anda ambil untuk maju. Berikut ini beberapa yang penting:

  • Pertahankan berat badan yang sehat.
  • Jika Anda berencana untuk menggunakan hormon, seperti KB atau terapi penggantian, bicarakan dengan dokter Anda tentang risiko Anda mengalami pembekuan darah.
  • Jika Anda memiliki masalah kesehatan lainnya, seperti diabetes atau gagal jantung, minum obat, perhatikan apa yang Anda makan, dan bicarakan dengan dokter Anda tentang perubahan apa pun.
  • Jika Anda merokok, berhentilah.

Demikianlah artikel mengenai cara mencegah emboli paru. Semoga artikel ini dapat membantu anda menemukan informasi yang dicari.

, ,