Sponsors Link

8 Cara Mencegah Flek Paru pada Bayi Orang Tua Wajib Tahu

Sponsors Link

Cara mencegah flek paru pada bayi adalah berbagai upaya yang dapat anda lakukan sebagai orang tua untuk menjaga bayi tetap sehat. Kesehatan pada bayi sangat penting untuk anda jaga, mengingat bayi sangat rentan terkena penyakit. Penyakit memang lebih mudah menyerang bayi, khususnya karena sistem kekebalan tubuhnya yang belum maksimal bekerja melindungi tubuh.

ads

Hal ini juga yang membuat banyak bayi mudah terkena penyakit menular seperti flek paru. Seperti yang sudah anda ketahui, flek paru dalam dunia medis dikenal dengan penyakit Tuberkolosis (TB). Penyakit ini menular dan cukup bahaya efeknya untuk kesehatan bayi.

Bagaimana seorang bayi dapat terjangkit penyakit flek paru ini? Apa penyebab penyakit flek paru pada bayi ini? Tentu kaitannya adalah karena bayi memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Lemahnya sistem kekebalan tubuh ini dipengaruhi oleh banyak hal, seperti misalnya asupan nutrisi, kondisi lingkungan, dan bentuk perawatan.

Apakah anda selalu dapat memastikan kekebalan tubuh bayi anda terjaga dengan baik? Tentu saja bisa, yaitu dengan melakukan banyak cara untuk mencegah flek paru tadi. Flek paru dapat anda cegah pada bayi anda jika anda sudah mengetahui cara-cara pencegahannya. Pertanyaannya sudahkah anda tahu apa saja cara mencegah flek paru pada bayi ini?

Cara Mencegah Flek Paru pada Bayi untuk Dilakukan

Pencegahan adalah tindakan untuk menghindarkan bayi anda dari resiko penyakit flek paru. Seperti dijelaskan sebelumnya, bayi anda dapat terhindar dari penyakit ini dengan perawatan yang tepat dan sistem kekebalan tubuh yang baik.

Kedua hal tersebut dapat diwujudkan dengan melakukan upaya pencegahan yang akan dijelaskan di bawah ini. Jadi simak dan pelajari 8 cara mencegah flek paru pada bayi untuk anda coba lakukan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda dan kesehatan bayi anda sehingga tanda tanda flek paru sudah sembuh dapat muncul pada bayi anda.

  1. Berikan Asupan Air Susu Ibu (ASI) yang Cukup

Pencegahan yang paling mudah namun paling ampuh manfaatnya adalah pemberian ASI. ASI bagi baya bukan hanya sekedar makanan, tetapi juga nutrisi untuk meningkatkan imunitas terbaik. Konsumsi ASI yang tercukupi akan membantu bayi untuk melawan berbagai penyakit seperti flek paru ini. Jadi berikanlah ASI yang cukup dan rutin untuk bayi anda.

  1. Biasakan Mengganti Sarung Bantal dan Kasur Bayi

Flek paru sangat mungkin menular pada bayi anda melalui sarung bantal dan kasur yang dikenakannya. Pasalnya bakteri berkeliaran di udara dan dengan mudah dapat menempel di peralatan bayi anda. Jadi pastikan untuk selalu menggantinya dengan rutin agar ciri flek paru kambuh tidak muncul kembali. Selalu pastikan untuk mencuci bersih semua peralatan yang digunakan oleh bayi anda untuk menghindarkannya dari resiko penyakit.

Sponsors Link

  1. Jauhkan Bayi dari Paparan Asap Rokok atau Kendaraan

Paparan asap rokok atau kendaraan diketahui juga memiliki pengaruh dalam menyebabkan seorang bayi dapat menderita flek paru. Anda dapat mencegah masalah ini dengan menjauhkan bayi anda dari paparan asap rokok dan kendaraan tersebut. Artinya, jika tidak dibutuhkan jangan biarkan anak anda keluar dan terpapar asap kendaraan. Jika anda anggota keluarga yang merokok, jauhkanlah dari jangkauan bayi anda.

  1. Kenakan Masker pada Bayi (Jika Diperlukan)

Jika memang anda terpaksa membawa bayi anda keluar, maka cobalah kenakan masker pada bayi. Ada beberapa jenis masker yang dapat dikenakan dengan aman oleh bayi. Atau gunakan pakaian yang rapat dan dapat menjaga bayi dari segala paparan dan infeksi bakteri yang mungkin terjadi di sekitarnya saat berpergian ke luar dari rumah.

  1. Kondisikan Suhu yang Normal untuk Kamar Tidur Bayi

Suhu normal untuk kamar tidur adalah suhu yang direkomendasikan untuk bayi tidur. Jika suhu ruangan terlalu dingin dan lembab, maka bakteri penyebab penyakit flek paru sangat mudah tinggal dan menginfeksi. Jadi biarkan suhu kamar tetap normal, walau terkesan lebih panas dan tidak nyaman bagi bayi. Walau lebih panas, bayi anda dapat terhindar dari penyakit berbahaya.

  1. Kondisikan Ventilasi Ruangan yang Standar

Agar bakteri penyebab flek paru tidak mudah berkembang baki di sekitar bayi anda, maka anda memerlukan ventilasi ruangan yang baik. Ventilasi ini akan menyebabkan pertukaran udara yang baik dan masuknya sinar matahari yang cukup. Jadi bakteri yang menyebabkan flek paru tidak bisa leluasa berkembang biak di sekitar lingkungan bayi anda dan tidak menimbulkan ciri ciri penyakit flek paru paru pada bayi anda.

Sponsors Link

  1. Lakukan Imunisasi BCG pada Bayi

Imunisasi BCG adalah imunisasi yang dilakukan untuk membantu bayi anda melawan pengaruh bakteri tersebut di sekitarnya. Bayi anda mulai dari usia 3 bulan sampai 14 bulan sangat direkomendasikan sudah menerima imunisasi BCG ini. Jangan khawatir terhadap efek setelah melakukan imunisasi, seperti demam dan rewel. Setelah imunisasi bekerja, maka penyakit yang menimbulkan masalah lebih besar sudah bisa teratasi dengan baik.

  1. Tambahkan Asupan Nutrisi (Jika Dibutuhkan)

Terakhir, jika memang bayi anda tidak mengonsumsi ASI atau asupan ASI anda tidak mencukupi, cobalah tambahkan asupan nutrisinya. Asupan nutrisi memang tidak selalu dibutuhkan jika ASI sudah cukup. Namun jika memang dibutuhkan tidak ada salahnya memberikan asupan nutrisi seperti susu formula, makanan pendamping ASI, dan banyak jenis nutrisi lainnya untuk menjaga kekebalan tubuh bayi anda.

Berikut tadi penjelasan mengenai apa saja 8 cara mencegah flek paru pada bayi. Sekarang tentu anda sudah memahaminya dan dapat segera mengaplikasikannya. Pastikan untuk melakukan upaya pencegahan ini semaksimal mungkin, sehingga bayi anda dapat tetap sehat.

Jangan lengah dan malas dalam menjaga kesehatan bayi anda. Selalu lakukan upaya pencegahan sebaik mungkin dan anak anda pun akan terjaga sehat dan kuat kekebalan tubuhnya. Jika sudah terlanjur terjangkit flek paru, segera lakukan cara menyembuhkan flek paru paru yang bisa anda temukan.

, , ,
Oleh :
Kategori : Flek Paru Paru