Sponsors Link

Begini 9 Cara Mencegah Paru Paru Basah Yang Manjur Dijamin Aman

Sponsors Link

Paru paru basah adalah penyakit organ pernapasan yang menurut medis disebut pneumonia. Penyakit ini muncul, disebabkan adanya pembengkakan pada kedua organ paru paru. Sedangkan dalangnya adalah infeksi virus penyebab radang paru paru pada anak yang harus dibasmi dengan cara mencegah paru paru basah.

ads

Penyakit paru paru basah tergolong berbahaya. Bahkan di Indonesia, sudah 38.000 anak anak yang meninggal dunia akibat penyakit ini. Maka dari itu, dari seluruh dunia, NKRI menempati posisi 8 teratas pneumonia yang menyebabkan kematian.

Cara Mencegah Paru-paru Basah

Paru paru basah maupun gejala penyakit paru paru kering sangat menakutkan. Namun, anda tidak usah khawatir, karena cara mencegahnya cukup banyak. Berikut ini, kami rilis beberapa diantaranya, yaitu:

1. Rutin Olah Raga

Dengan berolahraga, tubuh senantiasa sehat. Bahkan, dengannya massa otot berkembang yang mencegah anda dari serangan obesitas. Selain itu, aktivitas positif ini, juga bisa mencegah berbagai penyakit. Termasuk paru paru basah dan hipertensi.

Olahraga membantu terjadinya pembakaran tubuh untuk memproduksi energi dan imun. Sehingga jika anda melakukannya dengan rutin, kekebalan tubuh akan meningkat. Infeksi kuman jenis apapun, gejala penyakit kanker paru paru stadium apapun, tidak akan berani masuk ke dalam tubuh.

2. Pola Makan Sehat

Paru paru basah atau pneumonia bisa dicegah dengan mengkonsumsi makanan sehat. Yang paling direkomendasikan adalah rutin makan sayur dan buah buahan.

Pasalnya, sayuran dan buah mengandung vitamin yang bagus untuk imun tubuh. Bahkan Vit C yang dikandungnya bekerja sebagai antioksidan alami yang membantu melindungi organ tubuh dari kuman dan virus.

Yang paling penting dari pola makan sehat ini adalah pastikan anda tidak mengkonsumsi makanan penyebab dahak tanpa batuk yang mengandung lemak jahat. Karena senyawa ini justru merusak imun dan menghambat sirkulasi darah.

3. Rutin Mencuci Tangan

Tangan adalah tempat berkumpulnya bakteri. Maka dari itu, jika tidak rutin mencuci tangan, bakteri tersebut akan masuk ke dalam tubuh melalui mulut. Tentu berbahaya jika bakteri yang masuk tergolong jahat.

Atas dasar itulah, cuci tangan anda sebanyak mungkin terutama ketika mau makan dan selesai makan. Ini juga untuk mencegah penularan bahaya emboli paru kepada anggota keluarga.

4. Tutup Mulut dan Hidung Ketika Bersin atau Batuk

Untuk penderita paru paru basah dengan gejala batuk dan bersin, selalu persiapkan tisu ketika bepergian. Supaya ketika tanda-tanda muncul, anda bisa menutup mulut dan hidung dengan tisu tersebut.

Teknik tersebut efektif untuk mencegah penularan penyakit kepada orang lain. Karena lendir yang berisi kuman ketika bersin, terhalang tersebar di udara.

Sponsors Link

5. Jangan Merokok

Merokok adalah aktivitas perusak organ tubuh, termasuk organ paru paru. Karena dengannya, segala macam antioksidan di dalamnya dirusak oleh satu senyawa jahat bernama nikotin. Sehingga infeksi kuman mudah terjadi.

Bukan itu saja, ternyata kebiasaan merokok membuat penyakit paru paru basah lebih parah hingga memicu komplikasi jantung, kanker hingga stroke kronis.

6. Bawang Putih

Cara menjaga paru paru sekaligus mencegah paru paru basah bisa dengan cara mengkonsumsi bawang putih. Karena menurut riset medis, rempah penambah cita rasa masakan ini mengandung senyawa antimikroba yang bagus untuk mengatasi berbagai macam infeksi.

Selain itu, bawang putih membantu mengurangi tumpukan lendir di organ paru paru. Sehingga, pernafasan lebih lega, nyeri dada juga berkurang.

7. Jangan Mengkonsumsi Minuman Beralkohol

Jauhi minuman keras, jika anda tidak ingin mengalami gejala dan ciri paru bermasalah. Karena jika lendir yang berisi alkohol masuk ke dalam paru paru, organ akan memanas dan kuman akan masuk kesana.

Sponsors Link

8. Berkumur

Penyebab paru paru basah biasanya infeksi bakteri yang menyebabkan organ paru paru menampung terlalu banyak lendir. Saking banyaknya, lendir ini juga memenuhi tenggorokan dan dada.

Nah, cara mengeluarkan dahak bayi yaitu berkumur menggunakan air garam, bisa mengurangi lendir tersebut. Itu artinya, peluang paru paru mengalami pneumonia sangat kecil.

9. Lemon

Cara mencegah paru paru basah dan cara mencegah pneumonia yang terakhir adalah mengkonsumsi lemon. Buah spesies jeruk yang mengandung Vit C cukup tinggi untuk menjaga kesehatan imun serta mencegah infeksi bakteri.

Selain itu, air perasan lemon juga mengandung antioksidan yang membantu menjaga saluran pencernaan dari pembengkakan. Sehingga gangguan berat tubuh dan sirkulasi darah juga bisa dicegah.

Itulah cara mencegah legionaires dan cara mencegah paru paru basah yang bisa diterapkan kepada anak anak. Karena usia inilah yang paling sering mengalami penyakit pneumonia. Maka dari itu, silakan diterapkan secara teratur dan pastikan konsultasi medis jangan sampai ditinggalkan.

, , ,