Sponsors Link

6 Cara Mencegah Pleuritis dengan Mudah dan Tepat

Sponsors Link

Peradangan pada pleura atau yang biasa kita ketahui dengan pleuritis merupakan salah satu penyakit gangguan paru-paru yang banyak diderita oleh manusia. Pleuritis ini sangat berbahaya bila dibiarkan. Karena akan mejadi gejala gangguan paru-paru serius lainnya seperti kanker paru-paru dan TBC. Gejala pleuritis juga dapat diketahui secara dini, seperti, nafas pendek, nyeri pada dada, pusing dan mual.

ads

Penyebab pleuritis ini bisa bermacam-macam, mulai dari alergi sampai adanya virus. Penyebab ini apabila kita terus biarkan, penderita akan sangat sering mengalami kambuh dan tanpa penanganan yang tepat, akan membahayakan tubuh penderita.

Maka dari itu, alangkah baiknya kita mencegah pleuritis ini tanpa menunggu kita menderitanya. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan agar dapat mencegah pleuritis menyerang paru-paru kita:

1. Istirahat yang Cukup

Cara pencegahan pleuritis yang pertama adalah dengan mengistirahatkan tubuh dan paru-paru kita secara cukup. Dalam artian, dalam melakukan berbagai macam aktivitas, kita harus tahu batasannya. Agar kita dan paru-paru kita dapat beristirahat dengan cukup. Karena, paru-paru setiap manusia memiliki volume yang berbeda-beda. Diri kita masing-masing lah yang tahu batasan tubuh kita. Jangan sampai dengan kegiatan yang di forsir, kita mengorbankan tubuh kita untuk terserang penyakit.

Karena pleuritis ini cenderung menyerang penderita yang memiliki tingkat kesehatan paru-paru yang rendah. Semakin buruk kondisi paru-paru, semakin mudah terkena pleuritis dan gangguan paru-paru lainnya.

2. Makan yang Bergizi

Selain beristirahat dengan cukup, cara mencegah pleuritis lainnya adalah dengan mengkonsumsi makan yang bergizi. Terdapat beberapa makanan yang menyehatkan paru-paru kita dan sangat mudah ditemui. Berikut beberapa makanan yang bermanfaat bagi kesehatan paru-paru:

  • Makanan yang mengandung karetinoid

Makanan yang dimaksud adalah buah dan sayur  seperti ubi jalar, wortel, tomat, sayuran hijau gelap dan yang lain. Buah dan sayur ini sangat bermanfaat dalam menjaga daya tahan paru-paru.

  • Macam-macam berry

Kita dapat mengkonsumsi berbagai macam berry untuk melindungi paru-paru dari infeksi yang diakibatkan oleh virus seperti virus yang menyebabkan pleuritis. Berry ini selain memiliki rasa yang enak juga mudah ditemui. Tidak perlu berry yang aneh-aneh, cukup makan saja berry yang paling sering ditemui seperti blackberry atau strawberry.

  • Bawang Putih

Selain digunakan untuk menyedapkan makanan, bawang putih ini mampu melawan peradangan yang ada di paru-paru, termasuk peradangan yang menyerang pleural. Terdapat zat aktif dalam bawang putih yang sangat aktif melawan peradangan. Zat tersebut bernama allicin.

  • Anggur

Selain rasanya yang menyegarkan, anggur dapat menjadi media detoksifikasi paru-paru. Dengan banyak megkonsumsi anggur, paru-paru kita akan dengan sedirinya terdetoks dan kita akan terhindar dari penyakit paru-paru lainnya.

  • Air Putih

Dengan minum air putih yang cukup setiap harinya, tubuh akan terhindar dari dehidrasi dan meningkatkan sirkulasi darah ke paru-paru. Cara ini sangat mudah dan murah untuk dilakukan.

Sponsors Link

3. Rajin Berolahraga

Rajin berolahraga adalah cara mencegah pleuritis dengan mudah dan murah. Cukup luangkan waktu kita selama 15 menit setiap hari nya untuk melakukan olahraga yang dapat meningkatkan sirkulasi darah ke paru-paru. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat seperti lari/jogging, lakukan saja olahraga yang ringan seperti peregangan, skipping, plank, push up, sit up, dan lari ditempat.

Jika mulai terasa malas berolahraga, cobalah untuk ajak kerabat atau saudara kita untuk berolahraga bersama. Selain menyehatkan, menghabiskan waktu dengan orang-orang terdekat merupakan kegiatan yang menyenangkan dan sangat sayang untuk dilewatkan. Karena, sehat bersama orang-orang yang disayangi akan lebih menyenangkan. Kita tidak ingin melewatkan berbagai macam kejadian menyenangkan bersama orang-orang tersayang, bukan?

4. Menghindari Obat-obatan yang Memicu Alergi

Perlu diingat juga, bahwa masyarakat Indonesia sangat terkenal dengan tingkat penyalahgunaan obat yang tinggi. Dampak dari penyalahgunaan obat tersebut mampu menyebabkan alergi yang bermacam-macam. Alergi yang ditimbulkan dari obat ini juga sangat bermacam-macam. Mulai dari gatal-gatal, muncul ruam, demam, sesak nafas, sampai memicu penyakit lain seperti pleuritis.

Penyalahgunaan obat ini dapat dicontohkan seperti mengkonsumi obat tanpa resep dokter. Sebuah kebiasaan buruk dengan menganalisa sakit pada diri sendiri lalu membeli obat tanpa menggunakan resep dokter. Hal tersebut sering kali menimbulkan alergi yang cukup parah.

Selain harus menghindari penyalahgunaan obat, kita juga harus memahami tubuh kita, apa sajakah obat yang dapat menimbulkan laergi pada tubuh kita. Beberapa obat yang menimbulkan alergi antara lain:

  • Aspirin
  • Anti inflamasi non-steroid
  • Antibiotik
  • Vaksin
  • Lotion/Krim

Dari beberapa obat diatas, kita dapat melakukan tes untuk memastikan obat mana yang memang menimbulkan alergi pada tubuh kita. Terdapat dua buah tes yang dapat dijalani. Pertama, tes darah. Tes darah sangat jarang dilakukan karena tingkat akurasi nya sangat rendah. Namun, dengan tes darah ini kita dapat memprediksi gangguan apa saja yang dapat ditimbulkan dari alergi ini. Kedua, tes kulit. Tes kulit ini dilakukan dengan mudah, yaitu dengan menusuk kulit dengan jarum apabila kulit memerah, gatal-gatal, atau muncul benjolanmaka penderita memang terkena alergi.

Sponsors Link

5. Hindari Stress

Stress dan kelelahan menjadi hal yang sering mempengaruhi kesehatan kita. Stress yang menyerang akan membuat tubuh kita lebih cepat lelah, memperberat pekerjaan paru-paru, dan menyebabkan kita diserang gangguan paru-paru lebih mudah.

Ketika mulai terasa penat terhadap kegiatan, aktivitas, pekerjaan atau masalah yang ada, usahakan segera mencari hiburan atau luangkan waktu untuk berlibur. Cobalah untuk sedikit bersantai dan membiarkan stress terlupakan sejenak. Setelah stress hilang, pikirkan satu persatu solusi dari setiap masalah yang ada.

Selain menghindarkan tubuh dari penyakit, masalah juga selesai dengan kepala dingin. Karena semua orang tahu bahwa sehat itu sangat mahal harganya.

6. Tes Kesehatan (Medical Check Up)

Cara mencegah pleuritis satu ini memang terkesan berlebihan, namun cara inilah yang paling tepat dan akurat. Penderita dapat melakukan tes kesehatan secara berkala ke laboratorium klinik atau rumah sakit. Tes yang disediakan juga beragam. Mulai dari pemeriksaan darah, fungsi hati dan pencernaan, fungsih jantung dan paru-paru.

Apabila anda diberi kesempatan untuk melakukan cek kesehatan, tidak ada salahnya untuk mengambil kesempatan itu. Selain anda mengetahui kondisi fisik anda, anda juga jadi tahu hal-hal apa saja yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesehatan fisik dan hal-hal apa saja yang harus dihindari.

Itulah 6 cara mencegah pleuritis yang dapat dilakukan dengan mudah. Seperti pepatah, lebih baik mencegah dari pada mengobati. Lebih baik kita mendeteksi penyakit yang ada pada tubuh kita sejak dini dan menjaganya, dari pada harus menunggu tubuh kita sakit. Terlebih pleuritis adalah penyakit yang tidak bisa disepelekan karena berhubungan erat dengan fungsi tubuh kita yaitu paru-paru. Selain berhubungan dengan paru-paru, apabila pleuritis tidak segera ditangani dengan cepat, pleuritis akan memancing munculnya penyakit lain yang lebih serius dalam tubuh kita.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pleuritis