Sponsors Link

9 Cara Mencegah Pneumonia Sebelum Parah

Sponsors Link

Pneumonia merupakan gejala awal sakit paru-paru yang tidak boleh disepelekan. Selain bisa menimbulkan komplikasi, penyakit ini juga mampu menghambat saluran nafas. Sehingga, nafas anda menjadi sesak dan berat. Pencegahan penyakit pneumonia harus dilakukan sejak dini. Hal ini bertujuan untuk menghindari kerusakan organ paru paru. Jika paru paru terlanjur rusak, tekhnik pengobatannya sangat sulit dan biaya pengobatannya begitu besar.

ads

Nah, pada artikel berikut ini, kami akan menjelaskan tentang pengertian penyakit paru-paru serta cara mencegah penyakit pneumonia. Dengan pencegahan ini, diharapkan paru paru anda aman dari infeksi bakteri sehingga peradangan di dalam paru paru tidak terjadi.

  1. Melakukan vaksinasi

Vaksinasi perlu dilakukan secara continue, apalagi jika disertai dengan konsumsi makanan sehat untuk paru-paru. Tujuannya adalah supaya organ paru-paru Anda memiliki kekuatan ketika melawan infeksi bakteri penyebab pneumonia. Namun, tindakan vaksinasi ini tidak boleh dilakukan sembarangan. Karena vaksin untuk orang dewasa dengan anak anak memiliki dosis yang berbeda.

  1. Meningkatkan Imunitas

Pastikan tubuh anda memiliki kekebalan tubuh yang baik jika ingin bebas dari pneumonia dengan cara mencegah legionnaires. Karena tanpa imunitas yang memadai, berbagai gangguan kesehatan akan menyerang organ tubuh dengan sangat mudah. Imunitas tubuh diperlukan sebagai media filter paru-paru dari serangan detok dan virus.

Baik detox yang berasal dari senyawa asing internal tubuh maupun detox atau racun serta virus yang masuk melalui benda benda atau makanan yang anda konsumsi setiap hari.

  1. Menjaga Kebersihan Tubuh

Penyakit pneumonia disebabkan oleh infeksi virus yang menyerang paru paru. Sehingga paru paru meradang yang diantara gejalanya adalah anda mengalami sesak napas. Jika tubuh Anda tidak sehat dan Anda malas mengkonsumsi racikan tanaman obat paru-paru kering, virus penyebab pneumonia akan masuk ke dalam paru paru anda dengan mudah.

Sedangkan pintu masuknya adalah saluran pernafasan dan organ pencernaan seperti mulut, tangan, hidung dan lain lain. Jika ingin terhindar dari pneumonia, organ-organ tubuh Anda harus steril dari segala jenis racun.

  1. Berhenti Merokok

Salah satu cara mencegah pneumonia yang harus Anda lakukan agar terhindar dari definisi pneumotoraks adalah berhenti merokok. Karena rokok termasuk penyebab pneumonia nomer satu yang paling sering dialami oleh pasien.Rokok mengandung zat bernama nikotin yang apabila zat ini melalui proses pembakaran, posturnya akan berubah menjadi detok atau racun.

Nah, jika anda menyulut rokok dan asapnya terhisap ke dalam paru paru, berarti anda sama saja dengan memasukkan racun ke dalam paru paru anda. Akibatnya bukan hanya pneumonia yang terjadi, kanker paru paru pun bukan hal yang luar biasa.

  1. Jangan Minum Alkohol

Alkohol bukan minuman yang layak dikonsumsi. Alkohol bisa membuat kepala pusing dan pikiran menjadi tidak terkontrol. Dan ternyata alkohol juga bisa membuat paru paru terserang penyakit pneumonia. Paru paru adalah organ tubuh yang sangat rentan dari serangan bakteri.

Sedangkan alkohol merupakan zat yang justru memancing bakteri berdatangan. Oleh karena itu, jika Anda sering mengkonsumsi minuman beralkohol, dapat dipastikan infeksi bakteri akan melukai kantung-kantung udara  paru-paru anda. Sehingga kantung-kantung tersebut menjadi bengkak bahkan robek.

Akibatnya, organ paru paru akan mengalami kerusakan yang teramat sulit untuk disembuhkan kecuali anda mengeluarkan biaya setara dengan biaya rontgen paru-paru.

  1. Bernafas dengan Lembut

Jika nafas terasa berat, coba konsultasikan dengan dokter agar segera diketahui gangguan apa yang sedang menimpa paru paru anda. Karena idealnya, bernafas itu lembut dan pelan tidak kasar serta tidak berat. Jika pernafasan anda menunjukkan ciri paru-paru kotor seperti bernafas berat, lalu anda membiarkannya tanpa penanganan, hal itu hanya akan menyebabkan inflamasi atau pembengkakan parah pada paru-paru Anda terjadi.

Sponsors Link

  1. Hindari Obat Berbahan Kimia

Obat kimia merupakan jenis obat obatan yang dibuat dari bahan bahan kimiawi. Sekalipun obat ini manjur, tetapi efek sampingnya tidak boleh disepelekan. Salah satunya adalah bisa membuat sesak napas, demam, pembengkakan organ hingga abses paru paru. Pembengkakan organ paru paru inilah yang disebut dengan istilah pneumonia.

Jadi, hindarilah penggunaan obat berbahan kimia. Silahkan anda ganti dengan menggunakan makanan pencegah tbc yang lebih aman dan sehat.

  1. Rajin Berolahraga Ringan

Olahraga bisa dijadikan cara mencegah pneumonia dan cara mencegah tbc. Karena dengan berolahraga, metabolisme akan berjalan dengan lancar. Selain itu, olahraga bisa menetralisir berbagai macam detok dan purin yang tergolong racun penyebab tersumbatnya sirkulasi darah.

Namun, saran kami, jenis olahraga yang khusus untuk anda, pilih saja olahraga yang ringan. Seperti lari kecil, jalan jalan sehat atau dengan senam.

  1. Berpola Hidup Sehat

Pola hidup sehat disini berhubungan dengan makanan dan minuman yang anda konsumsi serta perilaku harian anda. Makanan dan minuman yang anda konsumsi harus memenuhi standar gizi yang seimbang. Karena gizi seimbang itulah yang memiliki peran kerja maksimal sebagai anti bakteri, anti radang dan pro sirkulasi darah.

Selain itu, menghentikan kebiasaan begadang hingga larut malam juga bisa meningkatkan kesehatan organ paru paru sehingga organ ini mampu memfilter dirinya dari serangan mikroba penyebab pneumonia.

Itulah beberapa cara mencegah pneumonia. Silahkan Anda terapkan cara-cara tersebut supaya paru paru Anda menjadi lebih sehat dan tidak mudah mengalami infeksi dari bakteri jenis apapun. Semoga bermanfaat dan selamat menjalankannya.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Pencegahan