Sponsors Link

8 Cara Mencegah Pneumotoraks Sebelum Menjadi Kronis

Sponsors Link

Pengertian atau definisi pneumotoraks adalah penyakit yang disebabkan oleh berkumpulnya udara di dalam saluran pleura yang ada di sekitar organ paru paru. Udara ini bisa masuk kedalamnya akibat terjadinya cedera pada dada atau karena terjadinya kerusakan pada metabolisme pernafasan.

ads

Akibat penyakit pneumotoraks, organ paru paru bisa kolaps dan mati. Peristiwa mengkhawatirkan ini disebabkan oleh terhambatnya pasokan darah ke dalam paru paru karena saluran pernafasan tertekan pleura. Lama kelamaan, organ paru paru akan kehilangan fungsinya.  Lebih parahnya lagi, peristiwa ini bisa memicu munculnya gejala awal penyakit paru paru yaitu peradangan pada paru paru yang rentan pecah serta serangan kanker yang mematikan.

Jika membaca narasi di atas, pastinya penyakit pneumotoraks merupakan penyakit berbahaya. Penyakit yang layak untuk dicegah karena bisa membuat pasiennya mengalami gagal organ, dan merupakan salah satu penyebab munculnya bahaya pasca penyedotan cairan di paru paru, hingga kematian. Faktanya, sudah banyak penderita pneumotoraks yang meninggal dunia, mereka bukan hanya orang dewasa namun anak anak pun banyak yang menjadi korbannya. Nah, bagi anda yang ingin mengetahui tentang 8 cara mencegah pneumotoraks sebelum menjadi kronis, berikut ini kami berikan listnya. Silahkan untuk dijadikan acuan dan panduan, niscaya organ paru paru anda menjadi lebih sehat dan tahan lama.

  1. Tidak Merokok

Kebiasaan merokok adalah prilaku yang bisa merusak paru paru. Kebiasaan ini sulit dihilangkan sekalipun dengan cara membersihkan paru paru perokok pasif sehingga beban kerusakan paru paru menjadi teramat besar. Akibatnya anda sendiri yang akan menyesal di kemudian hari.

Asap rokok yang masuk ke dalam pleura, akan menyakiti organ paru paru. Selain membuat paru paru kering dan panas, asap rokok juga membuat beban kerja paru paru semakin ekstrim. Akibatnya, paru paru mengkerucut pada posisi yang minus dan akhirnya kolaps. Jadi ubah kebiasaan merokok dengan rajin mengkonsumsi makanan untuk menghilangkan cairan di paru paru saja yang lebih aman.

  1. Hindari Cedera Dada

Pastikan dada selalu aman dari benturan. Karena didalam dada terdapat organ paru paru yang harus steril dari berbagai macam gangguan pernafasan. Jika dada mengalami cedera sampai robek atau luka, udara akan masuk ke dalam paru paru. Udara inilah yang akan menghambat pernafasan anda.

  1. Hindari Olahraga Berat Bagi Manula

Olahraga memang bagus bagi kesehatan. Tetapi jika olahraga tidak disesuaikan dengan usia, justru penyakit yang bakal datang.

Orang dengan stamina yang masih segar, boleh boleh saja melakukan olahraga yang merangsang pernafasan ekstrim seperti sepak bola, berenang dan bulu tangkis karena tanpa resiko sedot cairan di paru paru. Tetapi untuk usia manula yang staminanya lebih rendah tentu olahraga semacam itu tidak dianjurkan. Selain bisa membuat kerja paru paru meningkat, olahraga berat bagi manula juga rawan menyebabkan pernafasan menjadi sesak hingga pecah organ.

  1. Konsultasi Medis

Tips 8 cara mencegah penyakit pneumotoraks sebelum menjadi kronis yang keempat adalah melakukan konsultasi medis secara rutin. Konsultasi ini diharapkan bisa menjadi monitor awas terhadap organ paru paru anda. Sehingga sekecil apapun abnormalitas yang terlihat, penanganan bisa segera dilakukan.

  1. Bernafas Secara Lembut dan Pelan

Jika reaksi pernafasan anda lebih cepat dari orang normal, berarti ada masalah dengan saluran pernafasan anda. Karena normalnya, saluran pernafasan yang baik, reaksi yang anda rasakan lembut dan nyaman. Perbaikan metabolisme tubuh yang terjadi juga terasa hingga ke seluruh tubuh. Artinya, dengan bernafas lembut dan nyaman, seluruh tubuh terasa segar.

Sponsors Link

  1. Tidak Bergadang

Paru paru membutuhkan waktu istirahat yang ideal. Istirahatnya paru paru bukan berhenti bergerak, tetapi mengurangi tekanan tekanan ke dalam pergerakan paru paru ketika memompa oksigen.

Biasanya peristiwa positif ini terjadi ketika anda sedang tidur. Semakin lama tidur anda di malam hari, semakin leluasa paru paru melepaskan tekanan tekanan di dalamnya.

Maka dari itu, pastikan anda bukan golongan orang yang suka bergadang. Karena itu berarti anda telah menjalankan cara menghindari penyakit tbc yang akan berdampak pada paru paru anda lebih sehat dan berkwalitas.

  1. Hindari Obat Obat Kimia

Cara mencegah legionnaires yaitu obat kimia bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit. Tetapi jika penggunaannya berlebihan hingga mengalami ketergantungan, justru efek samping obat akan menyerang tubuh.

Terjadinya abses dan nanah di dalam saluran pleura merupakan efek samping obat kimia. Jika abses ini pecah, darah dan nanah akan masuk ke dalam pleura lalu terjadilah pneumotoraks. Jadi saran kami, gantilah obat kimia anda dengan obat herbal yang lebih aman.

  1. Hindari Makanan Siap Saji

Makanan siap saji tidak termasuk makanan sehat untuk paru paru yang paling mudah diinfeksi oleh bakteri tubuh. Biasanya, didalam makanan ini terdapat senyawa pengawet dan perasa tambahan yang jika senyawa ini masuk ke dalam badan, detok akan bermunculan. Detok inilah yang bisa merusak paru paru anda. Jika paru paru rusak akibat terinfeksi bakteri, pneumotoraks hanya menunggu waktu saja.

Itulah 8 cara mencegah pneumotoraks sebelum menjadi kronis dan cara mengobati pneumotoraks yang bisa digunakan untuk menghindarkan paru paru dari masalah. Silahkan lakukan tips tips diatas dan dapatkan organ paru paru istimewa yang akan membantu anda lebih lama hidup di alam dunia.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan