Sponsors Link

20 Cara Mencegah TBC Wajib Diketahui Sebelum Terlambat

Sponsors Link

Mungkin di artikel sebelumnya, kami memberikan informasi mengenai apa itu TBC atau penyakit tuberculosis. Ya, penyakit yang dapat menular melalui udara dan dapat mengganggu pernapasan kita. Nah, kali ini kita akan membahas 20 cara mencegah TBC agar tidak menyerang kita. Berikut ini adalah beberapa caranya:

ads

Cara Mencegah TBC Secara Alami

Kita bisa mencegah TBC menyerang kita menggunakan cara yang alami tanpa adanya obat kimia atau apapun itu. Nah, berikut ini cara-cara yang alami adalah sebagai berikut:

1. Berpikir Positif

Perlu kamu ketahui, bahwa semua penyakit sebenarnya datang dari sugesti atau pemikiran kita sendiri. Memang sih, beberapa penyakit secara biologis, menyerang melalui beberapa cara penularan. Namun, perlu diketahui, ketika kita memiliki pikiran yang sehat dan positif, maka kita bisa saja tidak terserang penyakit, termasuk penyakit TBC. Dengan adanya sugesti kita bahwa kita memiliki badan yang sehat, maka kita akan memiliki badan yang sehat. Itulah kunci utamanya. (Baca juga: Cara Mengobati TBC Secara Alami )

2. Makanan yang Baik dan Benar

Mulai sekarang, kita perlu memperhatikan makanan apa yang kita makan. Karena pada hakekatnya bnahwa makanan itu termasuk sejenis obat untuk tubuh kita yang dapat mencegah adanya penyakit dalam tubuh kita. Selain itu akan memberikan kita imun yang membuat tubuh kita kebal akan berbagai penyakit, termasuk penyakit TBC. Maka dari itu, kita perlu memperhatikan makanan apa yang kita makan. Usahakan makanlah makanan yang baik dan benar dengan gizi dan nutrisi yang cukup.

3. Rutin Olahraga

Dengan kita rutin berolahraga, maka kita akan mendapatkan badan yang sehat dan bugar. Dengan begitu, ketika kita memiliki tubuh yang sehat, maka kita bisa saja memiliki antibody yang cukup dalam mencegah masuknya penyakit yang akan menyerang kita nantinya. Selain itu, dengan berolahraga secara teratur, maka kita dapat memperlancarkan aliran darah dalam tubuh kita. Dengan aliran darah yang lancar dalam tubuh kita, maka kita dapat mencegah terjadinya penyakit dalam tubuh. Tak hanya memperlancar aliran darah dalam tubuh, dengan kita rajin berolahraga, maka kita dapat menghindari malnutrisi dalam tubuh kita. Sehingga kita bisa bebas dari penyakit apapun.

4. Sinar Matahari

Perlu diketahui, bahwa penyakit TBC ini sangat takut sekali dengan oksigen alias udara yang bersih. Sehingga kita harus rajin-rajin bangun pagi dan menikmati sinar matahari yang hangat. Apalagi sinar matahari di pagi hari ini sangatlah penting untuk tubuh dan tulang kita. Ingat, sinar matahari di pagi hari, bukan siang hari. Karena sinar matahari di pagi hari ini intensitasnya sesuai dengan apa yang diperlukan oleh tubuh kita. Dengan udara yang segar, dan hangatnya mentari, maka kita bisa menbgawali hari yang indah bukan? (Baca juga: Gejala TBC pada Anak)

5. Organ Pembuangan

Kita perlu menjaga organ pembuangan dalam tubuh kita. Kenapa? Beberapa organ pembuangan dalam tubuh kita seperti paru-paru, hati, ginjal, kulit, getah bening, dan yang lainnya dapat membuang racun dalam tubuh kita. Sehingga, kita bisa bebas dari segala macam penyakit yang ada di dalam tubuh kita. Dengan menjaga fungsi detoksifikasi dalam tubuh kita, maka organ pembuangan kita bisa berjalan dengan baik dan lancar dalam membuang racun-racun yang ada di dalam tubuh kita. Sehingga, kita perlu menghindari makanan atau minuman yang berbau alkohol dan lain sebagainya agar tidak merusak beberapa organ pembuangan kita.

Sponsors Link

6. Menghindari Kontak Langsung

Ada baiknya, kita perlu menghindari kontak langsung dengan orang yang terkena TBC aktif. Karena penyakit TBC dapat menular dengan cepat melalui udara. Sangat berbahaya buka? Namun, perlu diingat, bahwa kita menghindari kontak langsung dengan orang tersebut bukan berarti menghindari orangnya. Kita tetap bisa mencegah kontak langsung dengan cara kita menggunakan masker.

7. Menjaga Pola Hidup

Menjaga pola hidup yang baik ini sangat berfungsi aktif dalam mencegah TBC secara alami. Kita bisa memakan makanan yang bergizi dan sehat. Selain itu kita jga perlu menjaga lingkungan tempat tinggal termasuk rumah agar selalu bersih dan tenang. Dengan begitu, maka penyakit TBC memiliki kemungkinan kecil untuk menyerang tubuh kita. Tak hanya itu, kita juga perlu rutin berolahraga agar tubuh kita tetap fit. Selain itu, kita juga mengatur pola hidup dengan cara tidur yang yang teratur dan cukup serta menghindari merokok. Tidur yang cukup dan teratur ini merupakan tidur yang tidak kurang atau tidak berlebihan alias pas.

8. Vaksin BCG

Vaksin BCG ini sangat membantu sekali pada tubuh kita dalam mempertahankan kita dari penyakit TBC. Hal ini terbukti sudah banyak orang yang melakukan vaksin BCG agar mereka tidak terkena penyakit TBC yang berat atau bahkan tertular dari orang lain melalui udara.  (Baca Juga: Gejala TBC pada Bayi)

Cara Mencegah TBC Agar Tidak Menular

Jika kita memiliki penyakit TBC, sebaiknya jangan kita tularkan kepada orang lain, terutama kepada orang yang kita sayang. Kita bisa menggunakan beberapa cara berikut ini untuk mencegah TBC agar tidak menular ke orang lain atau orang yang kita sayang.

1. Pengobatan TBC

Sebaiknya kita segera berobat atau mengobati penyakit TBC yang ada di dalam diri kita. Hal ini perlu kita lakukan agar penyakit TBC kita tidak semakin hebat. Selain itu, kita bisa mencegah terjadinya penularan ke orang lain atau ke orang yang kita sayang. Usahakan untuk tidak tidur sekamar dengan orang lain, agar penyakit TBC itu tidak tertular melalui udara. Apalagi kamar termasuk ruangan yang tertutup, sehingga udara tidak bisa bergerak secara bebas.

2. Ruangan Tertutup

Jangan sering-sering berada di ruangan tertutup atau ruangan yang terlalu rapat. Ruangan tertutup atau ruangan yang terlalu rapat bisa membuat penyakit atau kuman TBC ini bisa bergerak bebas menyerang udara bersih, hingga mereka mendominasi. Sehinga, ruangan terbuka ini sangat perlu agar udara yang bersih dapat keluar masuk dengan bebas. Atau udara bersih bisa masuk dengan bebas dan udara kotor keluar dari ruangan.

3. Masker

Gunakanlah masker atau penutup mulut, agar penyakit TBC dalam diri kita tidak tertular ke orang yang kita sayang. Kita tidak mau kan, kalau kita menularkan penyakit ke orang yang kita sayang? Apalagi penyakit TBC ini tergolong penyakit yang sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kematian. Jadi, usahakan selalu menggunakan masker untuk menutup kemungkinan penyakit TBC ini keluar dan tertular ke orang yang kita sayang. (Baca Juga: Ciri Ciri TBC Pada Orang Dewasa)

ads

4. Meludah Sembarangan

Tahu kah kalian? Ketika kita meludah, di situ beberapa bakteri TBC ini bergerak keluar dan berjalan melalui udara. Dengan berjalannya bakteri tersebut, membuat beberapa bakteri tersebut masuk ke dalam tubuh orang lain. Sehingga mereka secara otomatis terkena penyakit TBC karena tertular oleh kita. Apalagi kita meludah dekat orang yang kita sayang, bisa saja orang yang kita sayang itu akan tertular penyakit TBC yang kita miliki.

5. Hindari Udara Dingin

Udara yang dingin apagai yang ekstrim membuat bakteri senang untuk berjalan-jalan. Sehingga mereka dapat bergerak bebas masuk ke dalam pernapasan orang lain. Dengan kata lain, hindari udara yang dingin dengan berada di dalam rumah saja itu sudah cukup, jika udara di luar rumah terasa dingin. Apalagi udara dingin ini bisa membuat penyakit TBC yang ada di dalam diri kta bisa semakin parah.

6. Berbagi Barang

Usahakan ketika kita berada di dalam posisi pengidap TBC uuntuk tidak saling bertukar barang dengan orang lain. Bisa saja barang yang kita miliki terdapat bakteri-bakteri yang menempel di barang kita. Di saat barang itu dipegang oleh orang lain, maka melalui udara, bakteri tersebut dapat leluas masuk melalui pernapasan dan mereka tertular TBC yang kita miliki. Jadi, jangan sekali-kali saling tukar barang dahulu sampai benar-benar TBC kamu sembuh.

Cara Mencegah TBC pada Anak

Kita tidak ingin kan? Kalau buah hati kita terkena penyakit TBC. Maka dari itu, kita perlu mencegah penyakit ini menyerang tubuh anak Anda sejak dini. Agar anak Anda bisa terhindar dari penyakit TBC. Berikut ini adalah beberapa caranya:

1. Vaksin BCG

Sejak bayi, anak kita perlu diberikan vaksin BCG agar ia kebal terhadap penyakit TBC yang tidak kita harapkan. Sehingga, usahakan anak Anda sudah divaksin BCG. Hal ini bisa mencegah anak Anda terserang penyakit TBC sejak usia dini bukan? (Baca Juga: Hal Yang Menyebabkan TBC Menular pada Anak)

2. Makanan Bergizi

Kita perlu memberikan makanan yang bergizi dan 4 sehat 5 sempurna. Dengan begitu, maka tubuh anak kita selalu dalam kondisi fit dan prima agar bisa menangkis berbagai penyakit yang ada dan menyerang tubuh anak kita. Jadi, mulai sekarang berilah makanan yang bergizi dan sempurna untuk anak Anda.

3. Lingkungan Bersih

Dengan kita menjaga lingkungan sekitar tetap bersih dan terjaga sterilnya, maka kita sudah melakukan langkah awal untuk mencegah penyakit TBC menyerang ke anak kita. Menjaga lingkungan yang baik ini bisa Anda mulai dengan rutin menguras kamar mandi, membersihkan taman, ruang tamu, terutama kamar anak Anda. Atau Anda juga bisa mengajarkan anak Anda untuk rajin membersihkan kamar sejak kecil hal ini akan menjadi kebiasaannya hingga dewasa kelak.

4. Sumber Penularan

Kalau bisa, Anda cari beberapa tempat yang sekiranya dapat menyebabkan penyakit TBC itu datang. Entah dari halaman rumah, kamar, atau kamar mandi. Jika Anda sudah menemukannya, segera lakukan rutinitas kebersihan pada tempat-tempat tersebut. Hal ini bisa mencegah terjadinya serangan TBC pada keluarga Anda khususnya pada anak Anda.(Baca juga: Cara Penularan TBC)

5. Orang Serumah

Jika Anda memiliki anggota keluarga yang terkena penyakit TBC, usahakan untuk menghindarkan orang tersebut dari anak Anda. Karena anak kecil rentan terhadap penyakit yang sifatnya menular.

6. Lingkungan Sekolah

Yang terakhir adalah melihat kondisi sekolah anak Anda. Jangan sampai Anda menempatkan anak Anda di sekolah yang kumuh dan kotor. Karena banyak orang yang mengatakan bahwa sekolah adalah rumah kedua bagi anak-anak. Sehingga mereka sering berkutat di sekolah selain di rumah.

Itulah beberapa cara mencegah TBC yang bisa kita terapkan untuk hidup sehat dan baik. Ingat, sehat itu mahal!

, ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan