Begini 10 Cara Mengatasi Anak Terkena Flek Paru Paru Paling Mudah

Flek paru merupakan penyakit yang sudah ada sejak jaman dulu. Populernya disebut penyakit tuberkolosis yang disingkat TBC. Biasanya penyakit yang disebabkan bakteri ini, menyerang anak dan remaja. Maka dari itu, jika gejala sudah muncul, obati dengan cara menjaga paru paru dan cara mengatasi anak terkena flek paru paru.

Gejala flek paru paru atau TBC, gejala dan ciri paru bermasalah yang mudah dideteksi adalah batuk berdahak serta demam tinggi. Biasanya, tanda-tanda ini, juga diikuti oleh berkurangnya minat makan. Jika sudah terjadi, segera rujuk ke dokter. Agar bisa diberikan tindakan yang tepat. Jika masih stadium ringan, cara mengeluarkan dahak bayi di bawah ini boleh dilakukan, yaitu:

1. Konsumsi obat Resep Dokter

Cara mencegah emboli paru yang pertama adalah mengkonsumsi obat yang diresepkan oleh dokter. Biasanya, obat untuk flek paru paru diminum selama 6 bulan hingga satu tahun.

Pada umumnya, untuk pasien ini, dokter akan memberikan obat jenis antibiotik. Supaya perkembangan bakteri bisa dicegah sebelum merambat ke organ lain. Terkait obat ini, tentu yang berperan penting adalah orang tua. Karena tanpanya, bisa jadi, anak terlambat dan pengobatan menjadi susah.

2. Diberi Vaksin BCG

Untuk stadium ringan, biasanya pasien diberikan vaksin BCG yang berbahan ramuan tradisional pembersih paru paru. Fungsinya adalah untuk melakukan pencegahan terhadap perilaku bakteri tuberkolosis. Selain itu, vaksin ini juga berfungsi untuk meningkatkan antibodi anak dari serangan TBC selanjutnya.

3. Hindari Kontak Dengan Pasien TBC Orang Dewasa

Jika anak mengalami flek paru paru, hendaknya dijauhkan dari orang dewasa yang mengalami penyakit serupa. Karena pada kondisi itu, imun anak rentan terhadap penularan penyakit.

Salah satu aktivitas yang perlu dihindari oleh anak, terkait poin ini adalah, orang dewasa yang sedang batuk dan orang meludah atau bersin. Karena inilah pintu masuk bakteri penyebab flek paru.

4. Hindari Lingkungan Lembap dan Basah

Ketika anak mengalami gejala TBC, pastikan suhu ruang yang ditempatinya kering. Karena ruangan yang lembab dan basah, justru menjadi tempat berkumpulnya bakteri dan kuman.

Atas dasar itu, tempatkan anak di kamar yang lapang dan memiliki ventilasi memadai. Biarkan cahaya matahari masuk ke kamar tersebut secara leluasa. Selain mencegah munculnya bakteri TBC, ruang semacam ini juga membuat anak nyaman.

5. Makan Makanan Bergizi Dan Seimbang

Cara mengatasi anak terkena flek paru paru selanjutnya adalah beri makanan sehat untuk paru paru yang bergizi dan seimbang. Karena pada kondisi itu, tubuh anak sangat membutuhkan fitonutrien yang lengkap.

Atas dasar itulah, selalu berikan makanan yang sehat, sekalipun anak malas untuk makan. Ini untuk meningkatkan imunitasnya. Supaya anak tidak mengalami down dan gangguan stunting.

6. Putus Sumber Penularan TBC

Jika di rumah juga ada keluarga yang mengalami TBC, jauhkan anak dari mereka. Karena ini mengantisipasi terjadinya penularan penyakit yang lebih kronis.

Tindakan ini yang dimaksud mengatasi flek paru dengan memutus sumber penularan penyakit. Jika tidak dilakukan, tentu gangguan tuberculosis yang dialami anak sulit untuk disembuhkan.

7. Hindari Berbagi Makanan Dan Alat Makan

Anak yang mengalami flek paru paru, memang harus disterilkan dari segala hal, termasuk makanannya. Usahakan tidak saling berbagi makanan dengan mereka. Termasuk juga alat yang digunakan untuk makan.

8. Diberikan Terapi Observasi

Terapi observasi diberikan jika penyakit penyebab radang paru paru pada anak tidak juga sembuh. Caranya adalah dilakukan opname dalam waktu tertentu. Biasanya, perawatan membutuhkan waktu hingga satu bulan. Dari terapi ini, bisa diketahui seberapa besar penyakit yang sedang dialami anak.  Maka dari itu, kemungkinan penyakit memburuk pasca terapi sangat bisa terjadi.

Jika perkembangan ini yang muncul, biasanya perawatan membutuhkan waktu lebih lama. Karena dokter akan melakukan operasi sinar x untuk mempelajari gejala lebih lanjut. Biasanya, jika sudah sampai tahap ini, perawatan bisa dilakukan selama berbulan-bulan.

9. Berikan Ramuan Akar Licorice

Untuk teknik dan cara menyehatkan paru paru selanjutnya adalah obati dengan ramuan akar licorice. Ini merupakan tanaman herbal yang bisa menghilangkan lendir di paru paru.

Selain itu, akar licorice mengandung ekspektoran yang bisa meredakan batuk berdahak. Caranya degan memineralisasi iritasi yang dialami oleh tenggorokan. Tentu ramuan herbal ini sangat bagus. Apalagi di dalamnya juga terkandung saponin untuk mengencerkan dahak.

10. Konsumsi Obat Herbal Berbahan Minyak Atsiri Dan Oregano

Solusi selanjutnya dari cara mencegah pneumonia adalah berikan obat herbal yang berbahan minyak atsiri dan oregano. Karena keduanya mengandung antijamur dan antiseptik alami. Jika ramuan ini diberikan secara maksimal, tentu bakteri penyebab TBC bisa mati. Selain itu, iritasi di paru paru bisa ditutup kembali.

Demikian cara mengatasi anak terkena flek paru paru dan ciri ciri bronkitis akut atau TBC yang paling aman. Silakan dicoba dan selalu iringi dengan doa yang ikhlas.

Kategori : Flek Paru Paru