8 Cara Mengatasi Infeksi Paru-paru yang Mudah Dilakukan

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami infeksi pada paru-parunya, umunya karena paparan debu dan polusi yang membawa bakteri dan virus mengendap dan memberikan peradangan pada paru-paru. Untuk itulah kalian perlu mewaspadai diri kalian jika sudah merasakan ciri-ciri paru-paru tidak sehat seperi batuk berkepanjagan, dada yang nyeri atau bahkan mengalami ciri-ciri orang sesak nafas.

Jangan sampai jika sudah terinfeksi parah kalian baru mulai mencari pengobatan yang tepat. Untuk menghindari hal itu kami akan membantu kalian dengan memberikan beberapa cara mengatasi infeksi paru-paru yang dapat kalian lakukan sejak infeksi masih dalam tahap awal.

1. Konsumsi antibiotik

Mengonsumsi antibiotik merupakan tahapan yang paling dokter sarankan saat kalian menderita infeksi paru-paru. Umumnya dokter memberikan antibiotik pada penderita infeksi paru-paru yang disebabkan oleh serangan bakteri. Dengan pemberian antibiotik, diharapkan bakteri yang mengendap dalam paru-paru dapat diatasi dengan baik. Namun jika peradangan tidak mengalami penurunan kalian harus kembali memeriksakan diri untuk dievaluasi perkembangannya oleh dokter.

2. Obat antivirus

Obat antivirus diberikan oleh dokter untuk penderita infeksi paru-paru yang disebabkan oleh adanya virus di dalam paru-paru mereka. Umunya obat akan bekerja selama satu sampai tiga minggu. Namun jika dalam waktu segitu kalian tidak merasakan perkembangan yang signifikan, kalian bisa kembali check up untuk pemeriksaan lebih lanjut.

3. Obat batuk

Mengonsumsi obat batuk dianjurkan untuk kalian yang baru merasakan gejala infeksi paru-paru berupa gejala batuk. Dengan mengonsumsi obat batuk dahak yang menyumbat saluran pernafasan bisa dikeluarkan dengan mudah. Kalian juga bisa mendapatkan obat batuk sesuai resep dokter di apotek-apotek terdekat.

Perawatan Infeksi Paru-paru di Rumah

Selain dengan minum obat, kalian juga bisa menerapkan cara mengatasi infeksi paru-paru di rumah dengan cara seperti berikut ini.

1. Mandi dengan air hangat

Mandi ataupun berendam air hangat yang diteteskan dengan essensial oil dipercaya mampu meredakan peradangan pada saluran pernafasan. Hal ini juga merupakan salah satu cara menghilangkan mengi tanpa obat yang dapat kalian lakukan.

2. Minum air jahe

Mengonsumsi air jahe merupakan salah satu ramuan herbal untuk sesak nafas yang juga dapat kalian lakukan untuk mengatasi infeksi paru-paru. Kandungan antioksidan dalam jahe mampu membuat tubuh kalian terasa hangat danjuga dapat megatasi infeksi karena bakteri ataupun virus di dalam paru-paru.

3. Kompres dada dengan air hangat

Selain kedua cara di atas cara mengatasi infeksi paru-paru selanjutnya yaitu mengompres dada dengan air hangat. Dengan mengompres dada dengan handuk yang direndam air hangat, maka lendir yang berada di saluran pernafasan bisa mengencer sehingga sangat mudah untuk dikeluarkan.

4. Memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi

Mengonsumsi brokoli atau minum teh hijau ternyata juga dapat menurunkan tingkat peradangan dan juga infeksi paru-paru kalian. Selain itu kedua cara tersebut juga mampu menurunkan resiko komplikasi bronkitis. Selain itu mengonsumsi susu juga mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga virus dan bakteri yang akan menyerang tubuh dapat diatasi dengan baik. Susu juga dipercaya mampu mengelurkan dahak yang mengganggu aktivitas pernafasn kalian.

5. Berhenti merokok

Menghentikan kebiasaan merokok merupakan salah satu langkah yang tepat untuk mengatasi infeksi paru-paru. Kandungan di dalam rokok diketahui sangat berbahaya sekali untuk kesehatan paru-paru kalian. Setidaknya dengan berhenti merokok, proses penyembuhan infeksi paru-paru dapat dilakukan lebih cepat sehingga resiko bertambahnya tingkat keparahan dapat diminimalisir.

8 cara mengatasi infeksi paru-paru di atas dapat kalian lakukan tentu dengan mudah dan tentu dengan biaya yang sangat murah sekali. Namun, jangan karena alasan tersebut kalian malah mengabaikan kesehatan paru-paru kalian. Semoga artikel di atas dapat membantu kalian ya.

, , , , ,