Sponsors Link

10 Cara Mengatasi Paru Paru Bocor yang Wajib Anda Ketahui

Sponsors Link

Kebocoran pada paru – paru bisa dideteksi melalui berbagai cara sederhana, mulai dari memeriksa pernafasan hingga melihat pergesar organ dalam dari pasien yang mengalami kebocoran paru – paru tersebut. Udara yang terperangkap di dalam rongga dada akan menghasilkan ketidak harmonisan ritme pernafasan serta pergeseran organ dalam yang terletak berdampingan dengan paru – paru serta rongga dada seperti lambung. Banyak cara mengatasi paru paru bocor yang bisa dilakukan secara operasi maupun non operasi.

ads

Mendeteksi penumothorax memang gampang – gampang susah, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, dianjurkan agar pasien melakukan scan sinar X pada bagian dada, yang akan menyediakan gambar detail mengenai letak, besar dan bentuk dari kebocoran paru – paru itu sendiri demi mendapatkan penanganan yang tepat dilakukan kemudian.

Perawatan atau penanganan pada pasien dengan gangguan kesehatan berupa pneumotoraks adalah dengan prinsip mengurangi tekanan udara yang terperangkap di dalam rongga dada. Tekanan udara di dalam rongga dada yang terlalu besar akan menekan udara yang dihirup paru – paru sehingga pasien kesusahan mengambil udara melalui hidung. Pelepasan atau pengurangan tekanan udara akibat dari paru – paru bocor bertujuan untuk membuat paru – paru kembali dapat mengembang sempurna hingga bisa menarik nafas secara normal.

Cara Mengatasi Paru Paru Bocor

Tujuan perawatan yang kedua adalah mencegah pengulangan atau kambuhnya bahaya paru – paru bocor setelah dilakukan pengobatan. Sedangkan metode penyembuhan paru – paru bocor itu sendiri sangat bergantung pada seberapa parah tingkat kerusakan paru – paru pasien akibat dari udara yang bocor memenuhi rongga dada.

Berikut adalah penjelasan mengenai bagaimana cara mengatasi paru – paru bocor melalui beberapa cara, antara lain adalah :

  1. Mengganti Jaringan Tabung Pernafasan

Apabila kerusakan yang terjadi menimbulkan kebocoran yang besar, dan atau diikuti oleh gangguan kesehatan pada bagian lambung, pasien akan membutuhkan penanganan serius melalui operasi. Mengganti saluran tabung tempat masuk keluarnya udara di dalam paru – paru dengan yang baru, yang berfungsi sebagai mekanisme pengeluaran udara yang telah terjebak di dalam rongga dada merupakan solusi paling tepat untuk menangai paru – paru bocor.

Meski terlihat sangat aman dan merupakan solusi paling tepat dalam menyembuhkan paru – paru bocor, pasien akan tetap mengalami efek samping dari bekas operasi itu sendiri, efek samping tersebut antara lain adalah :

  • Sakit pada bagian dada
  • Kemungkinan Infeksi antara paru – paru dan dinding rongga dada
  • Hemorrhage atau pendarahan
  • Penumpukan fluida di dalam paru – paru
  • Hypotensi atau tekanan darah rendah

Pada beberapa keadaan, kebocoran paru – paru skala kecil memiliki kemungkinan untuk sembuh dengan sendirinya selama 2 hingga 3 minggu dan tidak perlu dilakukan proses pengobatan yang ekstrim. Bronchopleural fitula merupakan kebocoran pada paru – paru yang tidak dapat sembuh dengan sendirinya sehingga perlu dilakukan  operasi padabagian dada untuk menutup lubang yang terbentuk disana.

Sponsors Link

  1. Pleurodesis

Dalam skala yang lebih besar, pleurosis merupakan metode penanganan pneumothorax dengan menggunakan sejenis senyawa kimia yang mampu menempelkan membran paru – paru dengan lapisan rongga dada. Pleura merupakan membran yang mengelilingi paru – paru dan menjadi bagian yang akan dimodifikasi untuk mencegah terjadinya pneumothorax kembali.

Pleurodesis biasanya hanya disarankan untuk pasien yang telah mengalami serangan paru – paru bocor yang berulang. Dengan menempelkan pleura ke bagian dinding rongga dada akan menghilangkan fluida serta udara yang terperangkap disana.

  1. Thoracotomy dan Lobectomy

Cara penanganan paru – paru bocor dengan dua metode ini adalah dengan pemeriksaan awal berupa melihat langsung letak dan besar kebocoran melalui kamera kecil yang dimasukkan ke dalam dada anda melalui jalur pernafasan manusia. Dinamakan thoracotomy dan hanya disarankan untuk pasien yang mengalami paru – paru bocor yang berulang dan kebocoran yang terlalu besar.

Kemudian, Lobectomy yang berarti tindakan yang akan diambil oleh dokter setelah melakukan Thoracotomy berupa penutupan luka yang berada di dalam paru – paru, menutup kebocoran udara, atau dengan membuang dan mengganti jaringan rusak di dalamnya.

ads

  1. Obat Alami Dengan Teripang Emas

Teripang emas memiliki kandungan Vitamin B kompleks yang cukup lengkap, Vitamin A, protein, zat besi, seng, magnesium, mineral dan asam lemak. Kandungan yang terkandung di dalam teripang emas mampu menyembuhkan bahaya paru – paru bocor hingga pada batasan ternetu. Asam lemak pada teripang emas sangat baik dalam menjaga sistem imun serta mencegah radikal bebas.

  1. Olahraga Untuk Mengatur Pernafasan

Oksigen merupakan zat yang penting dalam sistem pernafasan dan peredaran darah manusia. Ketika seseorang jarang megolah pernafasannya, otot – otot yang mengelilingi paru – paru akan menjadi kaku. Hingga paru – paru mengalami kesulitan dalam mengambil udara melalui hidung dan mendapatkan cukup oksigen.

Berolahraga teratur mampu menjaga paru – paru anda untuk tetap bekerja secara optimal dan maksimal Serta menjadi salah satu cara mengobati paru paru bocor paling efektif.

  1. Yoga

Yoga merupakan salah satu olahraga yang mampu menguatkan paru – paru dengan teknik – teknik pernafasannya. Dan mulailah yoga anda dengan mengatur pernafasan terlebih dahulu selama minimal 20 menit.

  1. Makan Sayur dan Buah Organik

Kata kunci untuk mengkonsumsi banyak sayur dan buah organik yang, meski lebih mahal, sayuran dan buah organik memiliki lebih banyak kandungan vitamin bersih dan terhindar dari bahaya racun dari pestisida, serta dapat menjadi  cara perawatan pneumotoraks yang mudah dilakukan.

  1. Hindari Stress

Selain kesehatan fisik, kesehatan mental juga sangat diperlukan dalam menjaga kesehatan paru – paru dan menangani paru – paru bocor. Stres akan selalu menurunkan kekebalan tubuh anda dan membuatnya rentan terserang penyakit. Dalam kasus ini adalah mengobati paru – paru bocor.

  1. Ekstrak Biji Anggur

Kandungan dalam biji anggur mampu meregenerasi sel – sel tubuh yang rusak dan mengatasi pneumothoraks dengan aman. Jika anda kesulitan untuk memakannya secara langsung, anda bisa mendapatkan ekstrak biji anggur di toko obat terdekat.

  1. Delima

Delima sangat terkenal dengan kandungan vitamin C dan antioksidannya. Ia mampu menjaga tubuh anda tetap sehat dengan memperkuat imun serta daya tahan tubuh. Anti oksidan membantu menyehatkan paru – paru dan menjaganya dari radikal bebas.

Demikian adalah beberapa jenis cara mengatasi paru – paru bocor atau pneumothorax yang bisa anda lakukan. Mencegah selalu lebih baik dari mengobati. Gunakan pola hidup sehat dan makan makanan yang mengandung gizi yang seimbang.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan