8 Cara Mengatasi Penyakit Pneumonia ini Sangat Mudah Dilakukan

Memiliki paru – paru yang baik dan sehat tentu sangat diidamkan oleh banyak orang. Namun ada beberapa orang yang memiliki paru – paru sensitive sehingga saat ada pertikel – partikel debu yang dihasilkan oleh asap kendaraan dan asap rokok akan menimbulkan beberapa kondisi kelainan atau penyakit pada paru – parunya.

Kelainan yang dialami oleh penderita tersebut tentu tidak datang secara tiba – tiba, biasanya kelainan – kelainan tersebut datang dengan ditandainya ciri – ciri paru – paru tidak sehat yang kemudian jika tidak segera ditangani dan diobati akan menyebabkan kerusakan pada paru-paru. Paru – paru yang rusak inilah yang nantinya akan menimbulkan berbagai macam penyakit seperti komplikasi bronchitis, gangguan yang menyebabkan terjadinya pleuritis ataupun pneumonia.

Penumonia sendiri merupakan salah satu penyakit paru-paru di mana paru-paru penderita mengalami infeksi. Nah, pada artikel ini kami khusus memberikan informasi mengenai cara mengatasi penyakit pneumonia. Untuk lebih jelasnya bisa disimak melalui ulasan di bawah ini.

1. Istirahat yang cukup

Mencukupi kebutuhan tubuh untuk beristirahat akan membantu tubuh memulihkan tenaga dan daya tahan tubuh, sehingga pada penderit pneumonia ringa bisa sembuh dengan hanya benyak beristirahat.

1. Minum air putih

Dengaan mengkonsumsi banyak air minum, maka tubuh tidak akan kekurangan cairan. Supan cairan di dalam tubuh sendiri sangat diperlukan untuk membantu mempertahankan daya tahan tubuh penderita pneumonia dan juga membantu agar darah tetap cair sehingga asupan oksigen tidak terganggu.

1. Minum antibiotic

Sama dengan tuberculosis, penyakit pneumonia pun ada yang disebabkan oleh bakteri, untuk itu mengkonsumsi antibiotic yang diresepkan dokter adalah pilihan terbaik jika kalian ingin sembuh dari penyakit pneumonia ini.

1. Menghentikan kebiasaan merokok

Merokok merupakan hal yang sangat harus kalian tinggalkan jika dokter sudah mendiagnosa diri kalian terserang pneumonia. Hal ini dikarenakan kandungan di dalam rokok sangat rentan sekali menyebabkan paru-paru terkena infeksi bakteri dan juga virus. Selain itu kebiasaan merokok juga akan membuat seseorang mengalami efek bronkitis.

1. Mengkonsumsi obat pereda sakit

Obat pereda sakit semacam paracetamol ataupun ibuprofen boleh kalian minum untuk menurunkan demam juga rasa nyeri ataupun sakit yang kalian rasakan. Tentu penggunaan obat-obat tersebut harus sesuai dengan anjuran dokter.

1. Konsumsi makanan yang mengandung magnesium

Selain mengkonsumsi obat, memperhatikan konsumsi makanan yang menyehatkan paru – paru yang kaya akan magnesium juga bisa dilakukan sebagai salah satu cara mengatasi penyakit pneumonia. Makanan-makanan yang mengandung nutrisi ini antara lain jenis kacang-kacangan, buah-buahan seperti pisang dan alpukat serta ikan.

1. Jahe

Jahe memang memberikan manfaat yang sangat bagus sekali untuk kesehatan paru-praru terutama untuk pengobatan pneumonia secara alami. Untuk kalian penderita pneumonia disarankan mengkonsumsi jahe dengan jahe karena inflamasi di dalamnya mampu menangani infeksi pada paru-paru. Kalian bisa mencampurkan jahe ke dalam masakan atau dengan direbus dan diminum airnya.

1. Perawatan di rumah sakit

Cara mengatasi penyakait pneumonia untuk penderita dalam tahap yang cukup buruk adalah dengan melakukan perawatan di rumah sakit. Umumnya dokter akan memberikan beberapa antibiotic dan juga cairan infus serta oksigen untuk membantu memulihkan kondisi tubuh pasien.

Nah kalian sudah tahukan apa saja cara mengatasi penyakit pneumonia yang sangat mudah dilakukan tersebut. Dengan begitu kalian tidak harus menunggu pneumonia yang kalian alami menjadi semakin buruk untuk melakukan pengobatan. Selain itu kalian juga harus merawat paru – paru kalian dengan memperhatikan makanan seperti buah yang bagus untuk paru-paru. Dengan begitu jika paru – paru kalian sudah pulih dan sembuh, paru – paru juga masih terjaga kesehatannya.

, , , , ,
Kategori : Pneumonia