Sponsors Link

8 Cara Mengatasi Pneumotoraks dengan Aman dan Terpercaya

Sponsors Link

Apakah Anda mengalami masalah pada paru-paru dan mengalami penyakit pneumotoraks? Apa yang terjadi pada penderita pneumotoraks? Bagaimana cara mengatasi pneumotoraks yang tepat?  Pneumotoraks atau kolaps paru-paru merupakan kondisi adanya penimbunan udara pada rongga pleura. Pleura dapat dikatakan sebagai pembatas antara rongga dada dengan paru-paru yang merupakan dinding tipis antara paru-paru dengan rongga dada.

ads

Gejala awal sakit paru-paru pada seseorang yang mengalami penyakit pneumotoraks adalah seseorang tersebut akan merasakan sesak dan nyeri pada dada karena kelebihan udara yang masuk dalam pleura. Selain itu banyak ciri-ciri pneumotoraks lainnya yang dialami oleh penderita. Perlu Anda telusuri bahwa ciri-ciri orang sesak napas bisa disebabkan karena mengalami pneumotoraks atau penyakit lainnya.

Penyakit pneumotoraks disebabkan oleh berbagai jenis faktor yang mempengaruhinya, diantaranya terbagi menjadi 3 jenis pneumotoraks yang disertai penyebabnya, yaitu pneumotoraks spontan, pneumotoraks traumatik, dan pneumotoraks karena tekanan. Penyakit pneumotoraks spontan disebabkan tanpa penyebab yang jelas dan biasanya terjadi secara tiba-tiba.

Sedangkan pneumotoraks traumatik terjadi karena adanya cidera pada dada yang bersifat menembus dan menusuk pada dada hingga merobek rongga pleura dan pneumotoraks karena tekanan disebabkan oleh adanya tekanan yang berlebihan sehingga paru-paru mengalami kolaps. Cara penularan penyakit paru-paru, khususnya pada penyakit pneumotoraks bisa melalui udara. Virus akan terbawa dan terhirup oleh orang-orang sehat yang berada di sekitarnya.

Perlunya Anda ketahui seberapa besar akibat penyakit paru-paru bagi kondisi kesehatan tubuh Anda. Segera Anda tindak lanjuti dengan mencegahnya atau mengatasinya agar tidak berdampak pada kesehatan organ lainnya. Salah satu ciri pneumotoraks lainnya yaitu terdapat flek pada paru-parunya, sehingga perlu upaya untuk menghilangkan flek putih pada paru-paru.

Bagi Anda yang mengalami pneumotoraks, Anda harus segera mengatasinya dengan melakukan pengobatan agar pneumotoraks tersebut tidak semakin parah dan menimbulkan komplikasi pada penyakit lainnya. Adapun cara mengatasi pneumotoraks, diantaranya sebagai berikut.

  1. Observasi/pengecekan secara medis

Observasi atau pengecekan secara medis adalah cara pertama yang perlu Anda lakukan dengan mengukur tekanan intra pleura untuk menghisap udara dari dalam paru-paru sehingga paru-paru mengembang. Hal ini terutama untuk ditujukan pada pneumotoraks tertutup atau terbuka. Tindakan observasi ini biasanya dilakukan sebagai penanganan pertama mengatasi pneumotoraks yang masih dini sebelum gejala pneumotoraks merambat ke seluruh bagian paru-paru.

  1. Istirahat yang cukup

Pada seseorang yang menderita pneumotoraks tidak boleh melakukan pekerjaan yang terlalu berat atau melelahkan. Sebaiknya penderita melakukan istirahat yang cukup untuk memulihkan kondisi paru-parunya. Selain itu, penderita pneumotoraks dilarang batuk yang berlebihan, bersih yang terlalu keras, mengejan, dan sebagainya yang dapat mempengaruhi kondisi paru-parunya. 

Sponsors Link

  1. Mengkonsumsi air putih secukupnya

Mengkonsumsi air putih secukupnya minimal 8 gelas per hari bagi orang dewasa mampu menetralisir racun yanga ada di dalam tubuh. Racun yang berada dalam tubuh berpotensi merusak jaringan paru-paru yang nantinya akan menyebabkan penyakit pneumotoraks.

Racun atau zat asing yang berada dalam tubuh dalam jangka waktu lama akan merusak dan menginfeksi organ tubuh yang ada di dalam, khususnya paru-paru. Sehingga mengkonsumsi air putih secukupnya dapat membantu mencegah terjadinya pneumotoraks

  1. Mengkonsumsi obat herbal

Mengkonsumsi obat herbal dianjurkan untuk meredakan gejala pneumotoraks yang terjadi pada seseorang. Obat herbal terbuat dari racikan ramuan beberapa jenis tanaman maupun sari hewan yang memiliki anti-inflamasi dan berkhasiat mengatasi pneumotoraks. Zat alami yang banyak terkandung di berbagai jenis obat herbal pneumotoraks adalah salahsatunya teripang emas yang memiliki kemampuan meregenerasikan sel-sel rusak yang ada dalam paru-paru.

  1. Mengkonsumsi antibiotik

Antibiotik yang diberikan kepada penderita pneumotoraks untuk mengatasi pluera yang bermasalah. Antibiotik yang digunakan tersebut bisa dikombinasi dengan obat sefalosporin generasi ketiga (ceftriaxone) dan maklorida atau monoterapi dengan fluoroquinolone anti pneumokokus generasi baru. 

ads

Antibiotik ini digunakan pada pasien dengan penurunan daya tahan tubuh atau dengan kerusakan struktur paru-paru. Namun biasanya dosis penggunaan antibiotik khusus penderita pneumotoraks ditentukan oleh resep dokter agar obat antibiotiknya dapat bermanfaat dengan baik bagi tubuh penderita.

  1. Penyerapan total

Cara mengatasi pneumotoraks yang tepat dengan melakukan penyerapan total pneumotoraks. Cara ini memerlukan waktu sekitar 2-4 minggu. Hal ini dilakukan untuk mengeluarkan udara berlebih dari dalam paru-paru. Penyerapan total dilakukan untuk kondisi pneumotoraks kecil.

Kondisi pneumotoraks yang kecil tidak memerlukan pengobatan karena tidak menyebabkan masalah yang serius, hanya dibutuhkan tindakan penyerapan saja dalam waktu beberapa hari sampai udara yang penuh tersebut keluar. Penyerapan total ini merupakan cara mengobati sesak nafas yang disebabkan dari penyakit pneumotoraks.

  1. Penyisipan jarum atau tabung ke dada

Penanganan pneumothorax secara efektif yang sering dilakukan oleh penderita pneumotoraks pada umumnya, yaitu dengan menyisipkan jarum atau tabung ke dalam dada. Penyisipan jarum atau tabung ke dada dilakukan apabila pneumotoraks yang terjadi pada penderita sangat besar, yaitu sekitar 20% kerusakan yang terjadi di dalam paru-paru sehingga mengganggu pernapasan.

Penderita dengan kondisi kolaps paru-paru yang lebih luas, penanganan yang dibutuhkan adalah dengan mengeluarkan timbunan udara yang berada dalam paru-paru. Proses tersebut dilakukan dengan memasangkan selang kecil pada sela iga sebagai tempat keluarnya udara dari rongga pleura.

Pemasangan selang pada sela iga tersebut dilakukan beberapa hari hingga kondisi paru-paru kembali mengembang. Kondisi ini akan membuat penderita harus berada di rumah sakit untuk memastikan perawatan selang yang telah dimasukkan ke dalam dada. Cara ini juga dapat dilakukan untuk penanganan sesak nafas mendadak.

  1. Pembedahan/Operasi

Pembedahan atau operasi yang dilakukan pada penderita pneumotoraks adalah cara terakhir yang diberikan untuk mengatasi dan mengobati penyakit pneumotoraks yang semakin parah atau penderita yang kambuh kembali setelah penyakit pneumotoraksnya telah hilang.

Seseorang yang pernah mengalami penyakit pneumotoraks sebelumnya atau memiliki riwayat penyakit pneumotoraks, akan berpotensi mengalami penyakit pneumotoraksnya kembali sampai hal tersebut benar-benar sembuh total melalui operasi. Kondisi tersebut juga disertai perawatan melalui pencegahan pneumotoraks dengan tidak melakukan beberapa hal yang menjadi pantangan bagi penderita pneumotoraks, seperti kebiasaan merokok, tidak melakukan aktifitas yang berat, dan sebagainya.

Pembedahan dilakukan untuk mencegah kembali masuknya udara dalam paru-paru penderita pneumotoraks. Proses pembedahan tipe video-assisted thoracoscopy dilakukan dengan menggunakan insisi dan kamera video berukuran kecil sebagai alat pemandu operasi. Saat melakukan prosedur ini, terdapat dua atau tiga tabung yang ditempatkan antara tulang rusuk pada penderita, sementara penderita berada dalam anestesi umum.

Pada salahsatu tabung yang terpasang di dalam dada akan diamati oleh ahli bedah menggunakan fiberscope, sedangkan pada tabung lainnya akan ditutup dengan instrumen bedah guna menutup kebocoran udara yang nantinya akan terjadi kembali. Jika prosedur ini tidak berhasil, dokter akan melakukan prosedur pembedahan dengan sayatan yang diperlukan. 

Sponsors Link

Tabung dada yang telah dipasang pada penderita tetaplah tertanam hingga beberapa waktu kedepan agar udara dalam rongga pleura hilang dan tidak kambuh lagi ketika dada tabung dijepit dan diperiksa dengan sinar-X. Video yang dibantu thoracoscopy berpotensi untuk mengurangi rasa sakit.

Setelah seorang penderita pneumotoraks tersebut dioperasi, waktu pemulihan yang dilaluinya akan lebih pendek dibandingkan jenis operasi lainnya yang dilakukan karena rongga dada dapat diakses kembali setelah melakukan operasi tanpa harus merusak rusuk.

Itulah 8 cara mengatasi pneumotoraks yang sebaiknya Anda lakukan jika mengalami gejala pneumotoraks. Tujuan dilakukannya pengobatan pneumotoraks tersebut agar udara yang berada pada rongga pleura keluar dan paru-paru bisa kembali mengembang dengan normal. Pada pneumotoraks yang kecil atau belum terlalu parah, tidak perlu dilakukannya pengobatan secara serius.

Kondisi tersebut hanya butuh terapi untuk mengembalikan kondisi pleura seperti semula. Namun apabila penyakit pneumotoraks yang dialaminya besar atau parah, maka perlu dilakukannya pengobatan yang serius. Hal ini dikarenakan kondisi pneumotoraks yang besar akan mengganggu pernapasan Anda. Semoga bermanfaat. paru-paru

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Pneumotraks