Sponsors Link

10 Cara Mengecek Paru Paru Sehat Paling Mudah Dilakukan

Sponsors Link

Kesehatan itu sangatlah penting, karena tubuh yang sehat secara tidak langsung akan dapat meningkatkan produktifitas kerja, dimana dalam menjalankan kegiatan setiap hari menjadi lebih baik karena tidak ada yang perlu dirisaukan dengan kondisi tubuh. Biasanya untuk mengetahui bahwa tubuh sehat dapat dilakukan dengan cek kesehatan rutin, tapi dalam hal ini dapat juga dilakukan secara sederhana tanpa harus periksa kesehatan ke rumah sakit.

ads

Namun apabila ingin mengetahui cek kesehatan lengkap dapat dilakukan di rumah sakit, yang dinamakan General Cek Up atau Medical Cek Up di laboratorium, dimana saat ini sudah banyak laboratorium yang berdiri di Indonesia. Cara mengecek paru paru sehat ini telah banyak dilakukan oleh masyarakat pada umumnya.

Paru paru merupakan organ penting dalam sistem pernafasan berfungsi pertukaran oksigen dalam tubuh, apabila aliran darah tidak lancar ke seluruh tubuh dapat menyebabkan sesak nafas, mengatasinya dengan cara penanganan sesak nafas yang patut diketahui oleh masyarakat pada umumnya.

Apabila pernafasan tidak lancar itu ciri-ciri paru paru tidak sehat dan perlu pemeriksaan lebih lanjut.  Sebelum terkena penyakit paru paru ada cara pencegahan penyakit paru paru yang paling mudah dilakukan pada masyarakat umumnya.

Penyakit paru paru termasuk penyakit yang mematikan dapat menyerang pada tubuh yang sistem kekebalan tubuhnya menurun, seperti asma, tuberkolosis, bronkhitis dan pneumonia. Dalam hal ini pertama yang harus diperhatikan adalah gejala klinis yang mungkin timbul tanpa diketahui karena aktifitas yang padat setiap harinya, oleh karena itu perlu dilakukan pengecekan sendiri secara sederhana sebelum ditindaklanjuti ke rumah sakit. Berikut cara mengecek paru paru sehat mudah dilakukan yaitu:

1. Tes detak jantung

Seberapa keras detak jantung berkerja dalam tubuh dapat dilakukan dengan meletakkan jari di pergelangan tangan atau leher dihitung setiap 20 detik berapa kali jantung berdetak, secara normal detak jantung bergerak antara 60-85 denyut. Apabila kurang dari itu berarti menandakan tubuh mengalami penyakit dan harus diperhatikan cara meningkatkan kapasitas paru paru dalam tubuh.

2. Tes kekurangan zat besi

Kekurangan zat besi atau biasa disebut anemia adalah suatu penyakit yang kekurangan darah merah dalam tubuh, dimana tubuh lemas dan pucat dikarenakan kurangnya aliran oksigen dalam tubuh. Paru paru yang mengalirkan oksigen dalam tubuh terhambat bisa menyebabkan sesak nafas tiba-tiba dan menyebabkan akibat radang paru paru. Hal ini dapat diketahui dengan melihat warna kulit apakah kulit pucat atau kekuningan dapat dilihat dari telapak tangan, warna gusi, warna kuku dan mendengarkan detak jantung cepat atau tidak teratur di dada.

3. Tes mengi atau suara keras saat bernafas

Mengi adalah suara seperti siul yang bernada tinggi biasanya dialami oleh orang yang mempunyai riwayat penyakit asma, bronkhitis dan pneumonia yang disebabkan adanya penyempitan pada saluran pernafasan. Dalam hal ini harus diketahui penyebab asma kambuh, cara mengatasi penyakit pneumonia dan obat tradisional bronkhitis bisa didapat dalam kehidupan kita sehari-hari, dicek dengan melihat warna dahak yang keluar pada saat batuk apakah kekuningan, kehijauan atau kecoklatan dan berlendir, ini menunjukkan adanya infeksi bakteri dalam paru paru.

Sponsors Link

4. Tes gula darah

Apabila seseorang kekurangan insulin dalam tubuh menyebabkan terkena penyakit diabetes, dimana gula menumpuk dalam darah dan tidak bergerak ke dalam sel tubuh, ini berarti paru paru dalam keadaan kotor, dapat ditanggulangi dengan obat pembersih paru paru kotor dalam tubuh. Bantuan glukosa meter dengan menusukkan ujung jari ke jarum steril dapat dilakukan tes gula darah di rumah mencegah paru paru kotor dan terkena diabetes.

5. Mengukur lingkar pinggang

Penyakit paru paru apabila terlambat diobati akan menyebabkan terkena penyakit jantung dan stroke dapat dilihat dari ukuran lingkar pinggang seseorang, menandakan kelebihan lemak yang dapat menghambat aliran darah ke seluruh tubuh dan pembentukan sel darah merah, hal ini juga penyebab paru paru berlendir. Kelebihan lemak tersebut dapat dilakukan dengan mengukur lingkar pinggang dengan berdiri tegak dan otot-otot perut dibuat rileks, lingkarkan pita mulai dari pusar ke seluruh tubuh pastikan tidak terlalu kencang, lingkar pinggang ideal adalah dibawah 32 inci.

6. Mengukur berat badan

Berat badan seseorang beresiko terkena penyakit apabila melebihi berat normal diukur dari tinggi badan ideal. Seperti halnya lingkar pinggang, berat badan seseorang juga menandakan kelebihan lemak dalam tubuh. Biasanya seseorang yang kelebihan berat badan mengalami gangguan pernafasan. Dalam menjaga kesehatan paru paru harus mengkonsumsi makanan yang menyehatkan paru paru. Kelebihan berat badan dapat dilakukan pengecekan dengan melakukan timbangan berat badan setiap sebulan sekali, sehingga dapat mengontrol berat badan.

7. Tes kolesterol

Kolesterol adalah penyakit yang mempunyai resiko tinggi terkena penyakit jantung dan stroke, dimana penyebabnya paru paru tidak dapat berfungsi dengan baik dalam mengalirkan aliran darah ke seluruh tubuh, sehingga perlu pencegahan penyakit paru paru. Kolesterol seseorang dapat diketahui secara umum dengan gejala sakit kepala pada bagian tengah belakang dan tubuh merasa linu sekujur tubuh. 

Sponsors Link

8. QRMA (alat fungsi organ paru paru)

QRMA (Quantum Resonance Magnetic Analyzer) merupakan alat pendeteksi organ paru paru yang sedang booming saat ini. Sistem kerjanya dengan mengumpulkan frekuensi dan energi tubuh dari sensor medan magnetik, dapat menangani cara mengobati paru paru  yang rusak.

9. Meminum air mineral

Untuk para perokok berat dan kelebihan berat badan biasanya mengalami gangguan pernafasan dapat dilakukan cek kondisi paru paru dengan meminum segelas air mineral. Sama seperti meminum biasa, dalam meminum air mineral harus langsung meminum lewat gelas, posisi duduk tegak, teguk air dengan kapasitas normal, buang nafas secara perlahan, hitung jumlah tegukan dan kalau merasa sesak hentikan tegukan. Meminum air mineral secara teratur dapat menjadi obat penghilang nikotin dalam tubuh.

10. Rontgen

Dalam menjaga kesehatan paru paru dapat melakukan pengecekan dengan rontgen untuk melihat kondisi paru paru saat diperiksa apakah sehat atau tidak, dimana berapa biaya rontgen paru paru tergantung dimana tempat pemeriksaan tersebut.

Dengan demikian cara mengecek paru paru sehat selain dilakukan cek kesehatan lengkap di rumah sakit dan laboratorium, juga bisa dapat mudah secara sederhana seperti tes detak jantung, tes gula darah, tes kekurangan zat besi, tes mengi, tes kolesterol, mengukur lingkar pinggang dan berat badan, QRMA, meminum air mineral dan rontgen. Sehingga dapat diketahui apakah paru paru sehat atau tidak karena kesehatan paru paru penting dalam kehidupan demi memperlancar aktifitas setiap harinya.

, , , , , ,