Sponsors Link

6 Cara Mengeluarkan Dahak Bayi Paling Aman dan Manjur

Sponsors Link

Di musim pancaroba semacam ini, seorang bayi rentan diserang gangguan flu atau pilek bahkan komplikasi hipopituarisme. Ironinya lagi, seorang bayi sangat kesulitan untuk mengeluarkan ingus atau dahaknya sendiri. Maka dari itu ia membutuhkan bantuan ibunya untuk melakukan cara mengeluarkan dahak bayi yang aman.

ads

Dahak sendiri merupakan lendir kental akibat pelanggaran pantangan hipertiroid yang berada di dalam saluran pernafasan manusia. Biasanya dahak ini juga dimiliki oleh bayi yang sedang mengalami gangguan di saluran pernafasan.

Jika dahak ini tidak dikeluarkan, proses transfer ASI dari ibu ke sang bayi juga ikut terganggu. Akibatnya bayi sering tidak tenang, suka menangis dan bahkan bisa menimbulkan penurunan tumbuh kembang.

Cara mengeluarkan dahak pada bayi tidak terlalu sulit. Walaupun begitu tekniknya harus dilakukan dengan hati-hati karena tubuh bayi lebih rentan dibandingkan tubuh orang dewasa.

Pada artikel berikut ini kami akan menjelaskan tentang cara mengeluarkan dahak bayi yang paling aman dan berkhasiat tanpa interfensi pengobatan sindrom nefrotik kimia. Dengannya saluran pernafasan bayi tidak terganggu sehingga ASI yang masuk ke dalam tubuh juga maksimal.

Cara Mengeluarkan Dahak Bayi yang Aman

1. Menggunakan alat penyedot khusus

Cara yang pertama adalah menyedot dengan menggunakan alat penyedot khusus. Alat penyedot ini cukup aman bagi bayi karena bahan yang digunakan merupakan karet lentur dan elastis. Produk ini bisa anda dapatkan di apotik dengan berbagai macam merek.

Produk ini juga dibuat dengan berbagai macam bentuk dan ukuran. Namun jika anda menggunakan yang ukuran standar, hasilnya tetap sama.

Yang perlu diperhatikan dari cara mengeluarkan dahak bayi yang berikut ini adalah masalah durasi waktunya. Saran kami berilah jeda setelah dua kali penyedotan agar bayi memiliki waktu untuk rileks.

Selain itu, pastikan pemakaian tidak lebih dari dua kali perhari supaya hidung anak tidak mengalami iritasi (lecet). Yang terpenting adalah jangan dulu diberikan makanan penghilang rematik.

2. Menggunakan Uap Air Panas

Uap air panas adalah teknik mengeluarkan dahak bayi yang serupa dengan pencegahan hipopituarisme yaitu dengan sistem nebulizer. Akan tetapi perbedaannya adalah sistem uap panas lebih alami dibandingkan nebulizer dikarenakan bahan yang digunakan non kimia.

Cara menggunakan teknik ini sangat mudah. Anda tinggal memasukkan air hangat ke dalam baskom lalu teteskan beberapa tetes minyak kayu putih. Setelah itu posisikan baskom tersebut dekat dengan hidung anak agar ia bisa menghirupnya.

Usahakan ketika proses ini dilakukan posisi anda tengkurap dengan ukuran kepala lebih rendah dari kakinya. Selanjutnya sang ibu bisa membantu penyedotan dengan menepuk punggung bayi agar pernafasannya lebih lancar.

Sponsors Link

  1. Berjemur

Jika pernafasan anak tidak lancar akibat ada dahak di saluran pernafasannya, maka coba lakukan cara merawat hipopiturisme ringan yaitu bawa dia keluar untuk berjemur di bawah sinar matahari. Karena sinar matahari yang hangat kira-kira jam 07.00-08.00 bisa membuat badannya lebih hangat dan rileks sehingga dahak menjadi mudah dikeluarkan.

Pada saat berjemur anda bisa mengoleskan sedikit minyak kayu putih ke punggung sang bayi. Lalu tengkurapkan dia dengan posisi kelapa lebih rendah dari kakinya supaya dahak yang mulai encer bisa dikeluarkan dengan mudah melalui tenggorokan.

4. Ubah Posisi Tidur Bayi

Jika selama ini posisi tidur sang bayi adalah telentang dengan posisi kaki sejajar kepala, maka coba ubah dengan posisi setengah miring jika anak anda sedang diserang dahak yang mampet. Anda juga bisa memasangkan bantal tambahan di area kepalanya supaya posisinya lebih tinggi.

Posisi inilah yang bisa membuka saluran pernafasan sehingga dahak penyebab hipopituarisme pada bayi lebih mudah untuk di keluarkan.

Selain itu posisi yang juga bagus untuk mengeluarkan dahak pada bayi adalah tengkurap. Namun untuk posisi ini harus dipastikan terlebih dahulu, posisi bantal tidak menutupi hidung dan saluran pernafasannya.

Sponsors Link

  1. Pastikan Bayi Selalu Hangat

Selain bisa mengganggu pernafasan bayi, dahak penyebab sindrom nefrotik di dalam saluran pernafasannya juga bisa membuatnya gelisah.  Namun anda tidak usah khawatir, karena hawa panas yang ada di dalam tubuh bayi akan mampu mencairkan dahak tersebut sehingga mudah dikeluarkan.

Atas dasar itulah, pastikan tubuh bayi anda senantiasa hangat dengan memakaikannya baju bayi yang khusus. Memasangkan minyak telon atau minyak kayu putih ke tubuh bayi pun bisa untuk digunakan.

Selain itu, ruangan bayi yang hangat juga bisa menjadikan saluran pernafasan bayi lebih lancar. Sehingga dahak yang ada di dalamnya bisa dikeluarkan dengan mudah.

  1. Kunjungi Dokter Anak

Cara mengeluarkan dahak pada bayi yang terakhir selain tidak makan buah pantangan rematik adalah kunjungi dokter spesialis anak. Dengan cara ini, penanganan pada anak lebih terarah sehingga keamanannya tentu lebih terjamin dibandingkan cara-cara biasa.

Itulah beberapa cara mengeluarkan dahak bayi dan cara pencegah rematik ringan yang bisa dicoba. Semoga gangguan ini cepat hilang sehingga bayi anda lebih sehat dan kuat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Paru