Sponsors Link

5 Cara Mengencerkan Dahak agar Batuk Segera Sembuh

Sponsors Link

Semua manusia di sepanjang hidupnya pasti pernah mengalami gangguan batuk. Baik itu batuk kronis ataupun batuk yang masuk kategori ringan. Untuk batuk ringan biasanya penyebabnya adalah alergi atau karena tersedak dan juga karena tenggorokan gatal.

ads

Kalau yang menjadi masalah adalah alergi, maka harus ditelusuri kembali apa penyebab alerginya. Apa karena makanan tertentu atau karena alergi terhadap bulu binatang. Setelah itu baru dilakukan cara mengencerkan dahak secara alami atau dengan cara memperkuat jantung dan paru paru.

Permasalahan lebih kompleks jika batuk yang anda alami tergolong batuk kronis. Pada umumnya, gejala batuk semacam ini adalah gangguan batuk tidak pernah berhenti. Bahkan untuk jeda tidak batuk saja, seakan peluangnya sangat kecil.

Batuk kategori berat menandakan kalau di tubuh sedang bersarang penyakit cukup kronis. Salah satu penyakit yang menyebabkan batuk berat adalah TBC, gangguan paru-paru, kanker saluran pernafasan dan lain-lain.

Ironinya tidak sedikit orang yang meremehkan terjadinya batuk. Padahal aktivitas batuk merupakan bukti nyata kalau tubuh sedang terganggu dengan penyakit tertentu. Maka dari itu jangan sekali-kali meremehkan batuk sekalipun hanya batuk berdahak. Segera lakukan semua cara mencegah emboli paru paru.

Nah, batuk berdahak inilah yang saat ini akan kami jelaskan secaraTips Cara Mengencerkan Dahak detil dengan fokus penjelasan adalah cara mengencerkan dahak supaya batuk berdahak menjadi berkurang.

Cara Mengencerkan Dahak

Dahak merupakan cairan mirip ingus yang berwarna hijau agak kekuning-kuningan yang menempel di dalam paru-paru. Biasanya dahak muncul akibat terjadinya infeksi tertentu karena pasien malas mengkonsumsi ramuan tradisional pembersih paru paru.

Gejala munculnya dahak di paru paru adalah penderitanya akan batuk terus menerus. Hal ini sejatinya akibat dari metabolisme tubuh yang secara otomatis bekerja untuk mengusir dahak tersebut. Biasanya batuk akan berkurang jika dahak di dalam paru paru sudah encer.

Namun sayangnya, menunggu hal tersebut terjadi, membutuhkan waktu yang lama sehingga hidup tetap terasa tidak nyaman karena batuk masih tetap menyiksa.

Nah ini dia cara mengencerkan dahak yang super cepat, yaitu:

  1. Minum Banyak Air

Pada umumnya, dahak sulit dikeluarkan jika bentuknya masih kental sekalipun dengan cara mencegah pneumonia. Maka dari itu, dengan minum air putih yang banyak, dahak akan menjadi encer sehingga mudah dikeluarkan dari dalam tubuh.

Selain itu, air putih juga bermanfaat untuk mengganti cairan tubuh yang sudah banyak terbuang akibat aktivitas mengeluarkan dahak yang dilakukan terus menerus.

  1. Mengkonsumsi Bawang Putih

Tips lain untuk mengencerkan dahak tetapi tidak perlu menggunakan obat kimia adalah memakan bawang putih mentah yang sudah dicuci bersih. Pastikan anda memakannya tanpa makanan tambahan alias dimakan secara langsung. 

Sponsors Link

Bawang putih sendiri mengandung zat anti bakteri yang sangat bermanfaat untuk mengatasi bakteri jahat penyebab dahak. Maka dari itu, bawang putih dianggap cara mengobati emboli paru-paru herbal.

  1. Banyak Minum Minuman Hangat

Jika anda rutin minum minuman hangat, bahaya emboli paru bisa diatasi dan dahak yang bertahan di paru paru akan encer sehingga bisa anda naikkan ke tenggorokan untuk dibuang menjadi ludah. Cara ini lebih efektif jika dikolaborasikan dengan minuman hangat dengan aroma tajam seperti wedang jahe, mint tea, teh hangat dan semacamnya.

Minuman-minuman yang telah kami sebutkan di atas memiliki mekanisme kerja sebagai cara mencegah pneumotoraks kategori antiseptik dan dekongestan alami tubuh. Makanya minuman hangat cukup manjur untuk mengencerkan dahak akibat infeksi bakteri.

  1. Madu Dan Jahe

Cara mengencerkan dahak yang keempat adalah minum ramuan madu dan jahe. Jahe sendiri tergolong bumbu masakan sekaligus tumbuhan obat yang sudah populer sejak jaman dulu dan sudah diyakini sebagai obat anti bakteri. 

Sponsors Link

Maka dari itu, jahe apalagi madu bisa juga digunakan untuk mengurangi batuk dan juga manjur digunakan untuk mengeluarkan dahak karena tidak mengandung resiko yang sama dengan resiko sedot cairan di paru paru.

5. Kumur Air Garam

Tidak bisa dipungkiri kalau selama ini garam dapur telah menjadi rempah penyedap rasa yang juga bisa digunakan sebagai obat alami yang manjur untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan dan tergolong cara menjaga organ pernapasan manusia.

Lain daripada itu, ternyata garam juga bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk mengencerkan dahak yang cukup efektif. Hal ini disebabkan oleh Kadar sodium-nya yang cukup ideal sehingga mampu membunuh virus penyebab dahak yang ada di dalam paru paru dan tenggorokan.

Itulah beberapa cara mengencerkan dahak yang diantaranya adalah makanan sehat untuk paru paru. sehingga dahak mudah dikeluarkan dari dalam tubuh. Jika dahak sudah encer, tentu batuk yang anda derita jauh lebih ringan dan beberapa saat kemudian batuk bakal hilang tidak lagi mengganggu kehidupan anda.

Semoga narasi ini bisa menjadi motivasi anda untuk tidak sembarangan menangani batuk jenis apapun apalagi batuk berdahak.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Paru