Sponsors Link

15 Cara Menghindari Penyakit TBC yang Wajib Dilakukan

Sponsors Link

Apakah Anda memiliki keluarga atau orang terdekat yang menderita TBC? Bagaimana cara menghindari penyakit TBC agar tidak tertular?  Penyakit TBC atau tuberculosis adalah infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis yang menyerang dan merusak jaringan tubuh manusia, khususnya di sekitar paru-paru. Namun perlu Anda ketahui bahwa tidak hanya menyerang paru-paru saja, melainkan TBC dapat menyebar ke tulang, kelenjar getah bening, sistem syaraf pusat, jantung, dan organ lainnya.

ads

Cara penularan TBC dapat melalui udara, sehingga perlu diperhatikan bagi Anda yang memiliki keluarga atau kerabat agar tidak terlalu dekat saat berkomunikasi atau berada dilingkungan yang sama dalam waktu yang lama. Hal ini akan mempermudah bakteri TB berkembang dan menyerang seseorang yang berada dalam satu ruang lingkup yang sama.

Saat anda mengalami gejala TBC pada orang dewasa sebaiknya segera diatasi dengan benar agar penyakit tersebut tidak menyebar kepada orang-orang yang ada disekitarnya. Selain itu teruntuk anak-anak, penyakit TBC sangat mudah menular khususnya jika daya tahan tubuh anak tersebut sedang tidak baik.

Cara penularan peyakit TB pada anak memang sedikit berbeda dengan orang dewasa, namun semua itu dapat dihindari dengan memperhatikan beberapa hal yang perlu Anda lakukan dengan melakukan cara menghindari penyakit TBC, diantaranya yaitu:

  1. Menghindari kontak fisik secara langsung

Orang yang terkena penyakit TBC lebih cepat menular, khususnya jika Anda melakukan kontak fisik secara langsung. Apabila penderita TBC berada dalam lingkungan keluarga Anda, sebaiknya Anda tidak berkomunikasi secara langsung terhadap penderita TBC karena bakteri TBC lebih cepat menular melalui udara.

Selain itu, kontak fisik yang perlu Anda hindari, seperti bersalaman, berciuman, berpelukan, dan sebagainya. Hal ini dikhawatirkan TBC akan menular melalui pernapasan penderita, air liur, dan anggota fisik lainnya yang Anda tidak tahu bahwa terdapat bakteri TBC yang menempel saat bersin, meludah, dan lain-lain. Hal ini bukan berarti Anda harus menghindari komunikasi terhadap orang yang menderita TBC.

Anda masih bisa berkomunikasi dengan penderita TBC, dengan cara diberi jarak bagi penderita dengan orang yang sehat. Perlu Anda sadari bahwa akibat penyakit paru-paru  yang membahayakan mampu berdampak buruk bagi kesehatan tubuh lainnya, bahkan dapat mengakibatkan kematian apabila tidak ditangani dengan benar.

  1. Tidak berbagi barang

Tidak berbagi barang di sini maksudnya adalah jika Anda memiliki keluarga atau kerabat dekat yang menderita TBC, sebaiknya tidak menggunakan gelas, sendok ataupun alat makan dan minum lainnya secara bersamaan. Dikhawatirkan air liur yang menempel pada alat makan dan minum yang bersamaan akan menular.

Hal ini khususkan bagi anak-anak yang menderita TBC, karena biasanya anak-anak sering berbagi barang bersama temannya. Namun tidak dipungkiri bagi orang dewasa juga, jika penderita TBC adalah salahsatu anggota keluarga yang sering berbagi barang bersama.

  1. Menggunakan masker saat berbicara dihadapan penderita TBC

Menggunakan masker sangat diperlukan saat Anda berkomunikasi secara langsung terhadap penderita TBC. Ini merupakan salahsatu cara menghindari penyakit TBC terpenting yang harus Anda lakukan, khususnya saat berada dekat dengan penderita TBC (saat menjenguk dan sebagainya).

Memang sebaiknya Anda menghindari kontak langsung dengan penderita TBC, namun bukan berarti Anda memusuhi atau mengjauhi orangnya dengan cara terang-terangan. Anda masih bisa berkomunikasi dengan penderita TBC apabila menggunakan masker. Hal ini mengantisipasi diri agar tidak tertular TBC yang disebabkan oleh udara yang menjadi perantara antara Anda dengan penderita TBC. 

Sponsors Link

  1. Mendapat paparan sinar matahari yang cukup

Sinar matahari pagi baik untuk kesehatan. Perlunya tubuh Anda terkena paparan hangat sinar matahari pagi agar terhindar dari bakteri TBC yang rentan menular. Penyakit TBC sangat takut terhadap sinar matahari dan udara yang bersih di sekeliling Anda.

  1. Olahraga secara rutin dan teratur

Olahraga secara rutin dan teratur memang baik untuk kesehatan tubuh, khususnya bagi kesehatan paru-paru. Olahraga dapat melancarkan sirkulasi darah dan udara yang mengalir di dalam tubuh serta meregangkan otot-otot yang ada di dalam tubuh.

Terdapat beberapa olahraga ringan yang baik untuk paru-paru dan pernapasan Anda, seperti renang, yoga, jogging (lari santai), dan lain-lain. lakukanlah olahraga ringan yang dapat menyehatkan paru-paru secara rutin dan teratur agar terhindar dari segala jenis penyakit, terutama TBC.

  1. Menjaga pola hidup yang sehat

Menjaga pola hidup yang sehat merupakan peranan penting untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan mencegah datangnya penyakit. Penyakit TBC juga dapat disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat, sehingga bagi Anda yang ingin terhindar dari penyakit TBC harus melakukan pola hidup sehat.

Pola hidup sehat diantaranya tidur cukup waktu, tidak membiarkan tubuh terkena udara dingin dalam waktu yang lama (baik di ruangan yang memiliki AC, ataupun sering terkena kipas angin), mengkonsumsi makanan sehat, tidak merokok, dan sebagainya. 

ads

  1. Menjaga kebersihan lingkungan sekitar

Penyakit TBC disebabkan karena adanya bakteri yang berkembang di dalam paru-paru sehingga mengakibatkan adanya infeksi paru. Menjaga kebersihan adalah salahsatu cara yang tepat untuk mencegah terjangkitnya penyakit TBC. Lingkungan yang bersih akan menghasilkan udara yang bersih di dalam paru-paru. Hal ini dapat dilakukan sebagai cara mencegah TBC yang baik dan benar.

  1. Menjaga sistem imun tubuh

Seseorang yang mudah terjangkit TBC biasanya memiliki sistem imun yang rendah. Bakteri penyebab TBC lebih mudah menyerang tubuh seseorang yang memiliki sistem imun rendah karena daya tahan tubuh orang tersebut dalam melawan penyakit yang masuk sangat rendah.

Terlebih jika penderita TBC berada dalam satu lingkungan yang sama dengan Anda. Oleh karena itu lebih baik menjauh dari lingkungan yang sama dengan penderita dan tubuh Anda harus dibentengi dengan daya tahan tubuh yang kuat agar tidak mudah terjangkit penyakit TBC.

  1. Mengkonsumsi makanan yang baik dan benar

Makanan yang baik dan benar terdiri dari makanan yang memiliki nilai gizi dan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Makanan tersebutlah yang dibutuhkan oleh Anda agar tidak mudah terjangkit oenyakit TBC. Khususnya perbanyak mengkonsumsi makanan pencegah TBC serta buah dan sayur yang kaya akan vitamin untuk mencegah berbagai jenis penyakit.

  1. Menjaga fungsi organ pembuangan

Menjaga fungsi organ pembuangan sangat penting dilakukan untuk mencegah terkenanya penyakit TBC. Bagian organ pembuangan meliputi, usus besar, ginjal, paru-paru, kulit, dan saluran getah bening. Fungsi dari organ pembuangan tersebut adalah untuk membuang zat sisa (racun) yang ada di dalam tubuh. Menjaga fungsi organ pembuangan bertujuan agar proses pembuangan racun bisa berjalan dengan baik dan sempurna.

  1. Hindari stres

Kondisi tubuh yang stres dapat menurunkan sistem imun dan rentan terkena segala macam penyakit. Bagi Anda yang ingin mencegah terjangkitnya TBC, Anda harus selalu berpikiran positif dan menghindari stres karena hal tersebut dapat mengakibatkan kondisi kesehatan Anda menjadi menurun. Jika kondisi kesehatan menurun, maka virus dan bakteri serta mikroorganisme lain, khususnya penyebab TBC dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh.

  1. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup dapat membantu meningkatkan kualitas kesehatan tubuh Anda. Bagi seseorang yang mengalami kurang istirahat, tubuh akan terasa lemas dan hal ini mudah sekali terserang penyakit. Waktu istirahat yang baik adalah dengan tidur selama 8 jam per harinya.

  1. Melakukan vaksin BCG

Vaksin BCG merupakan vaksin yang melindungi tubuh dari bakteri tuberkulosis yang berpotensi menyerang paru-paru. Di dalam vaksin BCG terdapat bakteri tuberkulosis yang telah dimodifikasi untuk menstimulasi sistem kekebalan tubuh untuk melawan bakteri tersebut.

Biasanya vaksin BCG dilakukan dari usia bayi atau balita saat melakukan imunisasi di posyandu atau puskesmas terdekat. Namun teruntuk Anda yang belum pernah melakukan vaksin BCG, sebaiknya melakukan vaksinisasi segera agar terhindar dari penyakit TBC. 

Sponsors Link

  1. Hindari merokok dan asap rokok

Kebiasaan merokok memang berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, terutama pada bagian paru-paru. Perlu Anda ketahui bahwa merokok mampu membangunkan bakteri TB yang “tidur”. Maksud dari membangunkan bakteri TB yang tidur adalah bahwa seseorang yang terkena bakteri TB tetapi tidak merasakan gejala TB, berarti bakteri TB yang ada di dalam tubuh masih bersifat pasif atau dikatakan “tidur”.

Bakteri tersebut akan berkembang jika seseorang tersebut merokok atau melakukan kebiasaan buruk lainnya yang merusak kesehatan. Tidak hanya berdampak buruk pada TBC, merokok juga dapat menyebabkan bahaya bronkitis bagi paru-paru Anda dan sejumlah penyakit mematikan lainnya yang disebabkan oleh rokok.

  1. Hindari mengkonsumsi alkohol

Sama halnya seperti merokok, bahwa alkohol juga memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh. Cairan alkohol mampu merusak sistem kerja organ dalam tubuh, khususnya paru-paru. Jika hal ini terjadi, maka paru-paru Anda akan mudah terinfeksi oleh bakteri TB.

Itulah 15 cara menghindari penyakit TBC yang harus Anda lakukan agar tidak tertular penyakit TBC meskipun Anda sedang berada di dekat penderita. Banyak diantaranya cara penularan TBC paru yang perlu Anda waspadai, baik terhadap anak-anak maupun orang dewasa.

Oleh sebab itu, bagi Anda yang memiliki kesehatan tubuh menurun, sebaiknya waspada dan harus melakukan cara-cara tersebut agar terhindar dari penyakit TBC. Jika hal tersebut sudah Anda lakukan dengan baik dan benar, tetapi masih terkena penyakit TBC, sebaiknya segera melakukan pengobatan baik dengan cara mengobati TBC secara alami maupun medis. Bagi Anda yang memiliki anak yang mengalami TBC,  periksakan dan lakukan cara mengobati TBC pada anak  agar dapat segera diatasi dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat, Terimakasih.                 

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan