Sponsors Link

4 Cara Mengobati Emboli Paru dengan Mudah dan Aman

Sponsors Link

Cara mengobati emboli paru adalah berbagai upaya pemulihan yang bisa anda lakukan untuk kembali pulih dari penyakit ini. Sebelumnya, sudahkah anda pernah mendengar apa itu penyakit emboli pada paru? Penyakit emboli paru adalah penyakit yang terjadi karena pembuluh darah yang membawa oksigen dari jantung ke paru paru (arteri) tersumbat.

ads

Penyumbatan ini kemudian menyebabkan terjadinya gumpalan darah di beberapa bagian tubuh penderitanya. Gumpalan darah yang ditemukan memang tergolong kecil ukurannya. Namun perlu anda ketahui, setiap gumpalan darah yang ditemukan dalam tubuh ini bisa merusak kerja paru sedikit demi sedikit.

Kerja paru paru akan mengalami masalah dan kesulitan karena adanya gumpalan darah ini. Tanda emboli paru sudah mulai mengganggu kerja paru paru anda dapat diketahui melalui gejala emboli paru yang dirasakan penderitanya. Gejala emboli paru ini sebenarnya sangat banyak jenisnya. Namun anda yang sigap dan tanggap mendeteksi gejalanya, bisa segera mengobati penyakit tersebut sebelum efeknya semakin besar.

Pertanyaannya sudahkah anda tahu apa saja cara mengobati emboli paru yang bisa anda gunakan? Bagi anda yang tidak mengetahui informasi mengenai cara mengobati emboli paru ini pastinya akan kebingungan ketika menghadapi penyakit ini suatu hari nanti. Jadi tidak ada salahnya jika anda mempelajarinya, walaupun anda bukan penderita emboli paru.

Khusus untuk penderita emboli paru, anda wajib mengetahui bagaimana cara mengobatinya. Memahami obat dari penyakit anda membuat anda akan lebih giat dan tekun melalui pengobatannya. Sekaligus anda juga bisa semakin semangat dalam melawan penyakit dengan pengetahuan anda sendiri. Penasaran apa saja cara mengobati emboli paru tersebut? Simak penjelasannya pada bagian berikut ini.

  1. Konsumsi Obat Rutin

Pilihan pengobatan pertama yang biasa disarankan oleh dokter adalah mengonsumsi obat secara rutin. Seperti dijelaskan, emboli paru adalah penyakit yang menyebabkan adanya penggumpalan darah di beberapa bagian tubuh karena penyumbatan arteri. Jadi untuk mengobatinya yang bisa dilakukan oleh dokter untuk mengobatinya adalah dengan memberikan obat yang bisa menghambat penggumpalan darah yang terjadi.

Obat yang fungsinya bisa menghambat penggumpalan darah adalah antikoagulan. Jadi dokter akan meresepkan obat ini untuk anda konsumsi secara rutin, ketika melihat kecenderungan terjadinya penggumpalan darah di tubuh anda yang terus meningkat.

Namun tidak cukup itu saja, dokter mungkin juga akan memberikan obat lain yang jenisnya adalah trombolitik. Obat trombolitik ini fungsinya memecahkan gumpalan darah yang sudah membeku dan semakin menyumbat peredaran darah anda.

Namun, tidak sembarangan dokter memberikan resep obat trombolitik ini. Pasalnya, obat ini beresiko menyebabkan pendarahan yang serius. Jadi biasanya obat trombolotik tidak akan diberikan kecuali memang sudah terlalu banyak gumpalan darah sehingga pasien berada dalam kondisi kritis atau bahaya emboli paru.

  1. Melalui Operasi Arteri Pulmonalis

Emboli paru secara medis juga dapat diobati dengan cara operasi. Tentu anda sudah tidak asing lagi dengan istilah operasi sebagai salah satu tindakan medis yang banyak digunakan untuk berbagai jenis penyakit. Operasi ternyata juga bisa dilakukan untuk mengobati penyakit emboli paru. Jenis operasi untuk mengobati emboli paru ini dinamakan sebagai operasi arteri pulmonalis.

Sponsors Link

Operasi arteri pulmonalis dilakukan dengan sederet prosedur yang bertujuan mengeluarkan gumpalan darah dari tubuh. Namun tidak semua gumpalan darah yang ditemukan disarankan untuk dilakukan operasi oleh dokter. Hanya gumpalan darah yang sudah terlalu besar saja dan terancam membahayakan nyawa pasien, yang kemudian akan disarankan untuk dikeluarkan dengan cara operasi.

Operasi arteri pulmonalis dilakukan dengan teknik embolektomi. Embolektomi ini akan membuka bagian tubuh yang terdapat gumpalan darah besar dan mengeluarkan gumpalan darah tersebut. Jadi gumpalan darah dalam tubuh anda tidak akan lagi mengancam nyawa dan mengganggu fungsi jantung dan paru paru dalam peredaran darah akibat komplikasi emboli paru yang terjadi. Peredaran darah akan lebih lancar dan bisa menghentikan masalah dan gejala penyakit emboli paru juga.

  1. Melakukan Penyaringan Pembuluh Darah

Pilihan cara lain dalam dunia medis untuk mengobati emboli paru juga adalah dengan menyaring pembuluh darah. Menyaring pembuluh darah ini dilakukan jika penggunaan obat antikoagulan tidak lagi efektif untuk menghambat penggumpalan darah di tubuh yang adalah penyebab emboli paru.

Pembuluh darah pasien akan disaring dengan saringan khusus yang dinamakan greenfield. Saringan ini akan diletakkan di vena utama manusia (vena cava) yang ada di kaki dan pelviks hingga sampai ke jantung. Jadi sepanjang pembuluh darah yang dipasangkan penyaring ini, tidak akan ada lagi gumpalan darah terbentuk yang bisa mengganggu kerja dan fungsi paru paru. 

Sponsors Link

  1. Melakukan Prosedur Ultrasound dan Obat Trombolitik

Terakhir, upaya untuk mengobati emboli paru juga dapat dilakukan dengan menggunakan prosedur ultrasound dan obat trombolitik. Ultrasound adalah prosedur dengan memanfaatkan gelombang suara yang berfrekuensi tinggi dengan energi rendah.

Gelombang suara seperti ini akan dikombinasikan dengan obat trombolitik yang bisa memecahkan gumpalan darah tadi. Jadi pada pasien emboli paru yang sudah tergolong parah, dokter akan mengombinasikan proses ultrasound dan obat trombolitik untuk memecahkan gumpalan darah dengan lebih aman.

Berikut tadi penjelasan mengenai beberapa pilihan cara mengobati emboli paru yang bisa anda lakukan. Pastikan untuk mencoba berbagai cara mengobati di atas sesuai dengan panduan dokter. Jika anda ingin mencoba alternatif lain, bisa juga anda gunakan beberapa obat tradisional emboli paru.

Jadi memang ada banyak cara untuk kembali sehat dan sembuh dari penyakit ini. Asalkan anda tekun dan giat, maka anda akan kembali seperti semula tanpa gangguan masalah pada paru paru anda. Selamat mengobati penyakit anda dan semoga lekas pulih kembali!

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan