10 Cara Mengobati Legionnaires Dengan Praktis dan Aman

Mari obati gangguan pernafasan sekarang juga! Karena jika terlalu lama dibiarkan, dikhawatirkan penyakit semakin parah sehingga tindakan pengobatan jenis apapun menjadi tidak maksimal dan sia sia. Yang ada biaya rontgen paru paru bisa begitu tinggi. Tetapi, pengobatan yang dilakukan, tak lebih dari sekedar membuang buang duit semata tanpa perkembangan yang membahagiakan.

Walaupun begitu, tehnik pengobatan tetap tidak boleh dilakukan secara sembarangan dan ala kadarnya saja. Karena hanya pengobatan terbaik yang bisa meredakan bahkan menyembuhkan penyakit yang disebut legionnaires ini. Pertanyaannya adalah tehnik pengobatan apakah yang dibilang terbaik untuk legionnaires?

Nah pada artikel kali ini kami akan menjelaskan tentang cara mengobati legionnaires yang paling aman yang bisa menjawab pertanyaan diatas seputar tips menghindari cara penularan penyakit paru paru yang kami bagi menjadi dua bagian yaitu diagnosis dan pengobatan.

1. Cek Fisik Pasien

Pengobatan legionnaires yang pertama adalah cek fisik pasien yang biasanya dikolaborasikan dengan konsumsi makanan pencegah tbc. Cek ini berfungsi untuk mengetahui ada tidaknya  suara ronki yang merupakan gejala tersumbatnya saluran napas di paru paru. Jika ada, berarti paru paru memang sedang terganggu. Biasanya cek ini menggunakan alat medis yang disebut steteskop.

1. Uji Dahak

Ujik dahak bertujuan untuk mengecek fitur dan postur dari dahak anda. Jika ternyata di dalam dahak terdapat senyawa asing, atau terjadi perubahan warna akibat radikalisme bakteri yang terikut ke dalam dahak, maka sudah bisa dipastikan paru paru sedang tidak normal. Biasanya uji dahak ini dilakukan di laboratorium dengan menggunakan sarana canggih bernama Direct fluorescent antibody yang disingkat DFA.

1. Cek Body Comprehersif

Cek ini sama artinya dengan cek tubuh secara utuh. Tujuannya adalah untuk memonitor penyebaran bakteri legionella apakah sudah masuk ke organ tubuh lain atau masih sedang melakukan infeksi di dalam saluran pernapasan paru paru yang bisa diatasi dengan melakukan cara mencegah tbc akut.

1. Tes Urin

Tes urin merupakan diagnosis penting yang tidak boleh ditinggalkan. Karena dengan tehnik ini, positif tidaknya pasien menderita legionnaires bisa diketahui. Karena biasanya urin penderita legionnaires akan menunjukkan warna dan bentuk yang berbeda.

1. Rontgen Dada

Rontgen dada dinilai bisa mengantisipasi legionnaires sejak stadium ringan. Karena di kondisi ini, area dada sudah mengalami abnormalitas yang cukup jelas. Maka dari itu, jika anda ingin bebas dari infeksi saluran pernafasan segera lakukan rontgen di ruangan radiologi yang nantinya bisa dilanjutkan dengan tindakan pengobatan yang paling tepat seperti diberikan obat herbal paru paru bocor tanpa opname.

Pengobatan Penyakit Legionnaires

1. Diberikan Obat Erythromycin

Obat ini termasuk golongan obat pencegahan efusi pleura yaitu antibiotik yang memang khusus untuk mengatasi masalah infeksi atau radang saluran pernafasan. Obat ini cukup manjur tetapi kelemahannya adalah progress obat ini cukup lama. Sehingga terkadang pasien bosan dan beralih pada obat jenis yang lain.

1. Obat Per-oral

Cara mengobati legionnaires selanjutnya adalah obat per-oral. Obat per-oral bisa diberikan kepada pasien legionnaires yang stadium kasusnya belum begitu parah. Tehnik pemberiannya terbagi menjadi dua yaitu bisa melalui mulut atau bisa juga melalui arteri dengan menggunakan jarum suntik atau jarum infus.

Obat ini berfungsi untuk meringankan gejala sekaligus kandungan antibakterinya bisa digunakan sebagai cara membersihkan paru paru dari debu untuk tujuan menghentikan penyebaran infeksi.

1. Dilakukan Penyuntikan Berisi Cairan dan Elektrolit

Tindakan pengobatan ini biasanya dilakukan untuk kasus infeksi saluran pernafasan atau legionnaires yang parah. Karena obat obat ini membantu memperbaiki sel sel paru paru yang rusak akibat infeksi bakteri legionella. Tentu obat obat ini sangat mahal sehingga diharapkan gangguan yang anda derita tidak terlalu berat sehingga bisa menghindari obat obat semacam ini.

1. Diberikan Tambahan Oksigen

Nah, bagi penyakit legionnaires stadium tinggi, tentu tidak bisa lagi diobati dengan obat obatan apalagi dengan jus yang baik untuk paru paru. Apalagi gejala di stadium ini, pasien sudah mengalami sesak napas akut akibat kurangnya pasokan oksigen yang maksimal.

Solusi pengobatan yang terbaik pada kasus diatas adalah diberikan tambahan oksigen yang hanya bisa dilakukan di rumah sakit. Biasanya penambahan oksigen ini diberikan dengan menggunakan sungkup muka ataupun dengan ventilator mekanik dengan memperhatikan kondisi pasien sebagai pertimbangan.

1. Menggunakan Obat Obat Herbal

Obat obat herbal juga bisa digunakan sebagai solusi pengobatan dan cara mencegah pneumonia pada anak serta penyakit legionnaires atau penyakit infeksi radang saluran pernafasan. Namun, sekalipun herbal, cara konsumsinya juga harus diperhatikan. Kalau bisa, pastikan terlebih dahulu kalau obat tersebut memang khusus untuk menyembuhkan penyakit saluran pernafasan.

Selain itu, obat herbal hanya berguna untuk penyakit legionnaires stadium rendah. Maka dari itu, memperhatikan gejala juga cukup penting. Kalau perlu mintalah petunjuk dokter tentang penyakit anda. Apakah stadiumnya tinggi atau rendah.

Itulah 10 cara mengobati legionnaires infeksi saluran pernafasan yang aman dan praktis. Praktis karena anda tidak perlu meraciknya sendiri, melainkan sudah disediakan oleh rumah sakit dan apotik terdekat di rumah anda. Silahkan dicoba jika anda masih ingin memiliki paru paru yang sehat dan kuat.

Kategori : Pengobatan