7 Cara Mengobati Penyakit Bronkitis Di Rumah Paling Mudah

Banyak penyakit yang menyerang saluran pernafasan, salah satunya adalah bronkitis. Penyakit ini terjadi akibat peradangan pada saluran bronchial, yang diakibatkan oleh infeksi. Gejalanya adalah pasien batuk keras yang disertai dengan lendir. Jika terbatuk, dada terasa nyeri yang tajam. Kalau gejala ini muncul segera cari cara mengobati penyakit bronkitis yang manjur dan dipadukan dengan cara memperkuat jantung dan paru paru.

Anda tidak perlu khawatir dengan penyakit ini. Jika bronkitis masih ringan, pengobatan bisa dilakukan di rumah. Pingin tahu bagaimana pengobatannya? Silakan disimak artikel di bawah ini.

Obat Bronkitis Alami yang Bisa Dilakukan Di Rumah

Tindakan pengobatan untuk penyakit, jangan langsung medis dan kimia. Usahakan dulu obat alami yang banyak di sekitar Anda untuk meringankan gejala dan ciri paru bermasalah. Termasuk mengobati penyakit bronkitis. Ini dia macam-macam pengobatan alaminya, yaitu:

1. Istirahat yang Cukup

Cara pertama mengatasi bronkitis dan cara mencegah pneumotoraks adalah tidur yang cukup. Aktivitas ini sudah diteliti secara mendetil. Bahkan sebagian besar penyakit bisa disembuhkan dengan tidur yang ideal. Sebaliknya, orang yang suka bergadang lebih rentan diserang virus bronkitis dan selainnya.

Ketika tubuh diserang bronkitis, dibutuhkan revitalisasi sistem tubuh agar pembasmiannya lebih maksimal. Caranya adalah dengan tidur yang cukup atau dengan minum ramuan tradisional pembersih paru paru. Karena dalam kondisi terlelap, sistem tidak lagi bekerja sehingga keesokan harinya, metabolisme kembali stabil dan stamina fit.

1. Minum Banyak Air Putih

Tenggorokan yang kekeringan menyebabkan lendir kental sehingga amat sukar dikeluarkan. Jika terjadi terus menerus, bronkitis sukar untuk sembuh. Bahkan gejala demam mulai muncul. Maka dari itu, hindari dehidrasi dengan minum air putih yang banyak.

Fungsi air mineral ialah menjaga tenggorokan tetap lembab. Sehingga inflamasi maupun peradangan segera hilang. Jika ingin cepat sembuh, perbanyak minum air putih hangat tetapi hindari kafein dan alkohol. Karena kedua minuman tersebut justru membuat bronkitis semakin parah.

1. Makan Nanas dengan Jahe

Cara mengobati penyakit bronkitis dan cara mencegah pneumonia secara alami bisa dengan jahe dan nanas. Keduanya memiliki kemampuan meredakan radang saluran pernapasan sekaligus bisa mengencerkan dahak.

Nanas mengandung enzim bromelain yang bekerja sebagai antiinflamasi. Segala macam peradangan bisa diatasi dengan buah ini. Selain itu, buah dengan kulit bergerigi ini, ampuh mengatasi gejala batuk berdahak.

Sedangkan minum dua cangkir air jahe setiap hari, membuat saluran pernapasan lebih tenang. Selain itu, kandungan jahe ada yang bekerja sebagai ekspektoran. Sebuah senyawa aktif untuk membuang zat padat penyebab batuk dari dalam saluran pernafasan.

1. Minum Ramuan Madu dan Lemon

Cara mengobati emboli paru dan bronkitis selanjutnya adalah madu. Madu merupakan makanan sekaligus obat yang manjur untuk berbagai penyakit. Pasalnya, makanan manis ini mengandung zat anti bakteri yang ajeg. Jika madu dikonsumsi dengan lemon, tentu khasiatnya lebih luar biasa. Karena buah lemon bekerja sebagai detoksifikasi yang handal.

Kolaborasi anti bakteri dan detoksifikasi inilah, perasan lemon dan madu bisa dijadikan obat bronkitis. Namun, pastikan tidak diberikan pada anak-anak. Karena pada kondisi tertentu, madu bisa menyebabkan botulisme.

1. Menghirup Uang Hangat

Tips yang kelima adalah dilakukan penguapan. Fungsinya ialah mengencerkan lendir penyebab dahak tanpa batuk sehingga mudah dikeluarkan. Alat yang diperlukan tidak banyak. Cukup baskom, handuk bersih dan air hangat saja.

Cara penggunaannya adalah tuang air ke dalam baskom. Bisa ditambahkan minyak kayu putih. Letakkan handuk di kepala anda lalu hirup air hangat tersebut. Lakukan tips ini secara rutin, niscaya lendir akan keluar dengan sendirinya.

1. Berkumur dengan Air Garam

Air garam bukan bersifat anti bakteri. Tetapi, dengan berkumur menggunakan air ini, gejala bronkitis dan gejala awal sakit paru paru bisa diringankan hingga beberapa persen. Tentunya jika dilakukan secara teratur.

Hal ini diawali dari sebuah penelitian penting yang dilakukan oleh peneliti jerman. Terbukti 36% orang berkumur air garam lebih aman dari infeksi dibandingkan orang yang tidak melakukannya. Maka dari itu, berkumur air garam adalah rekomendasi alternatif untuk mengatasi bronkitis.

1. Makan Sup Ayam Hangat

Cara mengeluarkan dahak bayi dan bronkitis yang unik selanjutnya untuk mengatasi bronkitis adalah makan sup ayam yang hangat. Hal ini disebabkan makanan tradisional ini mengandung antiinflamasi yang juga bagus. Selain meringankan radang saluran pernafasan, dengannya, lendir lebih bersahabat sehingga efek gatal di tenggorokan tidak terjadi.

Itulah cara mengobati penyakit bronkitis dengan makanan sehat untuk paru paru yang aman karena semua bahan yang digunakan alami non kimia. Selain itu, teknik ini bisa dilakukan di rumah. Dijamin, anda tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk melakukannya. Apalagi jika semua obat sudah dipersiapkan jauh-jauh hari di kotak obat anda.

Kategori : Pengobatan