8 Cara Mengobati Penyakit Paru Paru Kering Paling Ampuh

Cara mengobati penyakit paru paru kering adalah berbagai upaya yang dilakukan oleh penderita paru paru kering untuk mengatasinya. Saat ini mungkin kebanyakan orang hanya mengetahui masalah pada paru paru berupa paru paru basah. Padahal ada juga masalah lain seperti kebalikan dari paru paru basah, yaitu paru paru kering.

Penyakit paru paru kering terjadi pada seseorang yang mengalami kesulitan bernapas, karena kurangnya pelumas berupa cairan di antara selaput pleura dan lapisan dalam dada. Kondisi ini dapat terjadi akibat berbagai infeksi yang dipengaruhi oleh bakteri, virus, dan juga jamur.

Akibat dari infeksi tersebut ada berbagai gejala yang mungkin anda akan alami nantinya. Gejala ini berupa gangguan kesehatan yang kemudian membuat sistem pernapasan pada penderita paru paru kering tidak berjalan normal. Beberapa gejala dari penyakit paru paru kering tersebut misalnya adalah demam tinggi, nafas berbunyi dan berat, serta dada terasa sakit atau nyeri ketika bergerak untuk bernapas.

Kondisi tersebut tidak dapat dibiarkan terlalu lama, karena semakin hari akan semakin parah. Jadi sangat disarankan untuk segera dilakukan berbagai upaya untuk menghentikan infeksi bakteri yang terjadi. Setelah infeksi bakteri selesai, maka produksi cairan paru paru diharapkan sudah dapat kembali normal.

Bagaimana penyakit paru paru paru kering ini dapat diobati? Tentu ada berbagai cara berbeda mulai dari cara medis hingga tradisional. Anda dapat mempelajari setiap cara tersebut pada daftar di bawah ini dan menentukan sendiri mana yang lebih anda minati untuk mengobati penyakit paru paru anda. Pastikan untuk mempertimbangkan juga kelebihan dan kekurangannya.

1. Lakukan Terapi Uap

Cara mengobati pertama bagi anda yang mengalami paru paru kering adalah dengan terapi uap. Terapi uap ini dilakukan untuk mengurangi peradangan yang terjadi dan membuat produksi cairan di paru paru kembali lancar. Selain untuk paru paru kering, ada juga terapi efusi pleura yang dilakukan untuk paru paru yang kelebihan cairan. Keduanya sama-sama memiliki tujuan untuk menormalkan produksi cairan di paru paru.

1. Konsumsi Obat Anti Infeksi

Karena mayoritas penyakit paru paru kering disebabkn oleh infeksi paru paru, maka salah satu cara mengobatinya adalah dengan konsumsi obat anti infeksi. Obat anti infeksi ada sangat banyak jenisnya dan tidak bisa dikonsumsi sembarangan. Berobatlah ke dokter agar diresepkan obat anti infeksi yang tepat dengan dosis yang sesuai dengan masalah anda.

1. Konsumsi Madu Asli

Madu asli atau madu murni adalah hasil alam yang sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh manusia. Salah satu manfaat tersebut adalah dalam menghentikan infeksi yang terjadi dalam tubuh, termasuk infeksi paru penyebab paru paru kering. Konsumsi madu ini secara rutin dan hentikan bahaya infeksi paru anda. Selain itu, jika ada luka yang menyebabkan produksi cairan di paru paru terus berkurang, konsumsi madu ini pun bisa mengatasinya.

1. Konsumsi Daun Pegagan

Anda juga dapat menggunakan daun pegagan sebagai tanaman obat paru paru kering yang ampuh sekali. Khasiat dari daun pegagan ini dapat anda rasakan dengan mengonsumsi air rebusannya. Rebus sejumlah daun pegagan tadi dengan parutan jahe hingga mendidih. Setelah mendidih, ambil dengan menyaring air rebusannya saja. Campurkan madu ke dalamnya dan konsumsi secara rutin sebanyak 2 gelas setiap hari.

1. Olahan Daun Sirsak

Lain lagi untuk anda yang lebih mudah menemukan daun sirsak, maka gunakan khasiat daun sirsak tersebut. Daun sirsak dapat anda manfaatkan untuk mengobati paru paru kering dengan mengonsumsinya juga. Konsumsi dari daun sirsak ini diolah juga dengan direbus dan diambil air rebusannya saja. Campurkan jeruk lemon atau gula aren untuk mempermudah konsumsinya. Cara ini juga dapat menjadi pengobatan efusi pleura yang banyak diderita selanjutnya.

1. Olahan Kulit Manggis

Kulit manggis adalah bagian dari buah manggis yang sangat banyak tetapi sebelumnya tidak diketahui khasiatnya. Setiap konsumsi buah manggis menyisakan kulit yang tidak sedikit dan ternyata setelah diteliti memiliki manfaat yang sangat kaya. Manfaat dari kulit manggis ini salah satunya adalah untuk mengobati paru paru kering juga.

Caranya adalah juga dengan mengonsumsi air rebusan dari kulit manggis yang sudah dikeringkan. Atau anda juga bisa langsung mengonsumsi kulit manggis kering tersebut dengan dicampur madu.

1. Ramuan Bunga Rosella

Salah satu bunga yang sangat istimewa hingga dapat mengobati penyakit pada manusia adalah bunga Rosella. Bunga dengan nama yang sangat cantik ini diketahui dapat mengobati masalah di paru paru yang menyebabkan kekurangan cairan. Tanaman obat paru paru kering seperti bunga rosella harus direbus dan dikonsumsi air rebusannya untuk menghentikan infeksi dan inflamasi yang terjadi akibat paru paru kering tadi.

1. Ramuan Lemon dan Madu

Cara mengobati penyakit paru paru kering yang terakhir adalah dengan mengonsumsi campuran lemon dan madu. Anda dapat menyiapkan segelas air hangat terlebih dahulu dan masukkan potongan lemon ke dalamnya. Jika sudah aduk hingga merata dan tambahkan madu sesuai keinginan anda Konsumsi campuran lemon dan madu ini sebanyak 2 – 3 kali sehari untuk segera mengatasi penyebab paru paru kering terjadi.

Jadi berikut di atas adalah 8 cara mengobati penyakit paru paru kering yang dapat anda coba sekarang juga. Ketahui bahwa ada sangat banyak cara yang berbeda yang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda dapat memahaminya melalui penjelasan tadi dan kemudian memutuskan yang paling efektif untuk kondisi yang anda alami.

Jika sudah memilih jenis pengobatan, lakukan dengan rutin hingga ada hasil yang anda rasakan bahwa penyakit paru paru kering anda sudah semakin membaik. Selamat mencoba dan semoga lekas pulih kembali!

Kategori : Pengobatan