10 Cara Mengobati Pneumonia Tradisional Dan Medis

Pneumonia merupakan penyakit paru paru super kronis yang tidak bisa dianggap enteng. Berbagai macam pengobatan harus segera dilakukan sebelum penyakit ini bertambah menjadi jadi. Namun, salah menggunakan obat pneumonia juga bukan hal yang bagus.

Bahkan obat yang anda konsumsi justru bisa membuat gangguan pada paru paru anda semakin tidak tertolong. Anda harus ingat resiko sedot cairan paru paru dengan kimia. Maka dari itu, pilihlah obat pneumonia yang memang tepat.

Nah, pada artikel berikut ini akan kami jelaskan tentang tips mengobati penyakit pneumonia yang kami analisis dari obat tradisional hingga tehnik pengobatan yang disandarkan pada tindakan tindakan medis.

1. Obat Pereda Nyeri

Pneumonia akan menimbulkan rasa nyeri ketika bernafas. Karena di ujung paru paru terdapat peradangan yang cukup aktif sehingga mengalami tekanan cukup tinggi ketika gerakan paru paru semakin kuat. Maka dari itu, diperlukan obat pereda nyeri sekaligus pembersih paru-paru perokok untuk meringankan rasa nyeri yang ditimbulkannya.  Obat pereda nyeri yang digunakan biasanya berjenis paracetamol dan ibuprofen.

1. Obat Batuk

Obat batuk digunakan untuk meredakan rasa gatal di dalam saluran pernafasan. Sehingga dengan obat ini diharapkan anda bisa beristirahat dengan tenang. Biasanya obat batuk yang dipakai adalah obat batuk berdahak dosis rendah yang sekaligus berfungsi sebagai pengencer dahak dan pembersih paru paru.

1. Antibiotik

Obat pneumonia yang ketiga adalah antibiotik. Antibiotik ini berfungsi untuk meningkatkan pengamanan paru-paru dari serangan infeksi bakteri. Caranya dengan melakukan sterilisasi mikroba pada saluran pernafasan hingga ke seluruh bagian paru paru.

Biasanya dengan pemakaian antibiotik selama 1-3 hari, pasien pneumonia akan merasakan perkembangan yang signifikan. Obat ini lebih ideal dibandingkan makanan untuk menghilangkan cairan di paru-paru yang tidak higienis.

1. Banyak Beristirahat

Ketika sedang mengalami pneumonia, paru paru tidak boleh dipaksa bekerja ekstra keras memompa oksigen.  Karena dalam kondisi tersebut, paru paru sedang tertekan akibat inflamasi atau peradangan di daerah ujungnya.

Nah, jika anda beristirahat dengan cukup, tentu pergerakan paru paru menjadi lebih stabil. Sehingga paru paru tidak sampai mengalami kolaps sampai peradangan menjadi hilang. Ini juga bisa anda manfaat sebagai cara mencegah legionnaires yang cukup handal.

1. Mengkonsumsi Banyak Cairan

Pneumonia adalah penyakit radang yang menyerang kantung kantung udara di paru paru. Radang ini disebabkan oleh infeksi bakteri. Nah, jika anda ingin penyakit ini cepat sembuh, jangan biarkan kondisi paru paru anda mengering.

Karena kondisi itulah yang memancing bakteri untuk terus melakukan infeksi. Jadi gunakan cara mengobati pneumotoraks herbal yaitu perbanyak asupan mineral atau cairan agar paru paru anda tetap basah.

1. Hindari Olahraga Berat

Cara mengobati pneumonia yang keenam adalah hindari olahraga berat. Olahraga berat bisa mempercepat kerja paru-paru. Dan hal itu sesuai menurut definisi pneumotoraks.  Paru paru bergerak ekstra cepat dan kondisi sedang mengalami peradangan. Dan tentunya bahaya besar menanti.

Salah satunya adalah radang bisa pecah, dan nanah akan memenuhi organ paru paru anda. Inilah penyebab tumor ganas yang tidak bisa disepelekan. Jadi cobalah ganti model olahraga berat anda dengan jalan jalan setiap pagi atau dengan senam ringan saja.

1. Tambah Oksigen

Jika pneumonia sudah akut hingga muncul gejala awal sakit paru paru, biasanya disertai dengan sesak napas. Nah, resiko selanjutnya adalah kadar oksigen di dalam darah menjadi berkurang. Sehingga bukan hanya paru paru yang bisa mati akibat pneumonia, ginjal dan jantung anda juga bisa kehilangan fungsinya akibat kekurangan oksigen.

Solusi untuk pengobatan pneumonia jenis ini adalah melakukan tambah oksigen dengan menggunakan alat yang disebut masker atau sungkup mulut. Sehingga kadar oksigen dalam darah tetap ideal.

1. Terapi Rehabilitasi Paru

Terapi rehabilitasi paru adalah cara mengeluarkan cairan paru-paru sekaligus tehnik pengobatan pneumonia dalam bentuk olah pernafasan. Tekhnik pengobatan ini dilakukan oleh dokter atau terapis dengan memerintahkan pasien untuk bernafas dalam pola tertentu dan dilakukan dalam waktu-waktu tertentu pula. Namun, cara ini cukup riskan.

Jadi hanya terapis berpengalaman saja yang dapat melakukannya. Karena jika terjadi kesalahan, nyawa pasien akan berada dalam bahaya dan bisa mengakibatkan masalah semakin serius.

1. Minum Obat Herbal

Selain dengan menggunakan obat obat medis berbahan kimia, pneumonia juga bisa diatasi atau diobati dengan menggunakan makanan sehat untuk paru-paru yaitu obat tradisional atau obat herbal. Ada beberapa obat herbal yang bisa digunakan, yaitu :

• Ekstrak mengkudu yang dipadu dengan daun sirsak,
  • Teripang emas,
  • Ramuan madu dengan daun bidara,
  • Ekstrak daun sambiloto dipadu dengan ramuan kulit manggis

Dan tentunya masih banyak obat-obat herbal lainnya yang bisa digunakan. Obat herbal memiliki keunggulan dibandingkan obat kimia. Salah satunya adalah obat herbal tidak mengandung efek samping. Sehingga cukup aman dikonsumsi kapan saja.

1. Operasi

Cara mengobati pneumonia sama halnya dengan cara menghindari penyakit tbc yang terakhir yaitu dengan menempuh operasi. Operasi dilakukan jika penyakit sudah memasuki stadium lanjutan atau akhir. Hal ini dilakukan untuk mencegah komplikasi datang dan memperbaiki paru paru yang rusak . Karena jika pneumonia sudah menjadi komplikasi, nyawa pasien kemungkinan tidak tertolong lagi.

Itulah tips dan cara mengobati pneumonia yang bisa menjadi referensi Anda. Apapun caranya, pastikan selalu dalam pengawasan dokter. Selain itu dosis obatnya juga harus tepat. Karena jika tidak, justru bahaya yang datang menimpa anda. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , , ,
Kategori : Pengobatan