8 Cara Mengobati Pneumotoraks Menurut Medis

Tidak ada satu orang pun yang ingin mengalami gangguan kesehatan yang didalamnya ada resiko sedot cairan di paru paru. Malahan, mereka senantiasa berdoa agar tubuh terus sehat sepanjang hayat. Karena hanya dengan tubuh sehat, hidup di dunia terasa begitu indah.

Sebaliknya, dengan tubuh yang sakit sakitan, dunia terasa hampa bahkan, usia anda didalamnya bisa berlalu dengan sangat singkat. Penyakit yang dikhawatirkan bisa merusak kenyamanan anda didunia adalah penyakit penumotoraks.

Penyakit ini terjadi di dalam saluran pernafasan atau paru paru yang diakibatkan oleh masuknya oksigen, cairan atau benda asing lainnya ke dalam saluran pleura. Semakin penuh saluran pleura, gerak paru paru menjadi terhambat. Akhirnya paru paru mengerucut, kolaps hingga kehilangan fungsinya.

Seperti yang sudah kami sampaikan di awal, bahwa tidak ada orang yang mau sakit. Apalagi jika sakitnya pneumotoraks yang tergolong penyakit darurat. Namun, kita tidak bisa berbuat apa apa selain dengan hanya makan makanan untuk menghilangkan cairan di paru paru kalau takdir berkata beda. Hanya tindakan pengobatan solusi dan ihtiyar yang bisa anda lakukan.

Nah, pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan secara detail tentang cara mengobati pneumotoraks tersebut.

1. Proses Sedot Cairan

Tehnik pengobatan pneumotoraks yang pertama adalah dilakukan proses sedot cairan. Alat yang digunakan biasanya jarum suntik dan selang yang diletakkan pada dada pasien. Alat ini akan tetap terpasang hingga beberapa hari apabila sobekan pleura cukup besar.

1. Diagnosis Komprehersif

Cara membersihkan paru paru perokok yang tidak boleh dilupakan ketika melakukan tindakan pengobatan penyakit pneumotoraks adalah wajib dilakukan diagnosis komprehersif atau pemeriksaan menyeluruh.

Tahap awal dari pemeriksaan ini adalah cek rekam medis dan fisik dengan menggunakan alat stetoskop. X-Rai dipakai untuk tahapan kedua yang berfungsi untuk mendiagnosis penyakit dengan melihat gejala gejala yang ditimbulkannya.

Biasanya metode ini dikolaborasikan dengan tes kadar oksigen di dalam darah untuk menilai apakah telah terjadi komplikasi atau tidak.

1. Olahraga Teratur

Olahraga ringan setiap hari merupakan obat untuk mengatasi gejala awal penyakit paru paru stadium rendah, termasuk masalah pneumotoraks. Dengan anda berolahraga rutin, segala macam antioksidan, antibakteri, antibodi berproduksi secara baik sehingga metabolisme menjadi lancar.

Selain itu, dengan berolahraga, segala macam saluran yang mampet menjadi lancar akibat sudah dilakukan detoksifikasi dan revitalisasi organ secara maksimal.

Menghindari olahraga berat dan menggantinya dengan olahraga ringan bisa menstabilkan kerja paru paru sehingga paru paru mampu melakukan maintenance terbaik untuk dirinya sendiri termasuk menutup jalur pleura.

1. Riset Pasien

Jika pneumotoraks masih ringan, dokter hanya memberikan obat dosis ringan sembari melihat perkembangan bahaya pasca penyedotan cairan di paru paru dari penyakitnya. Biasanya tehnik riset pasien ini dipadukan dengan tes fisik yang menggunakan foto rontgen.

Jika selama riset ditemukan gejala sesak napas, maka dokter akan mengupayakan tindakan tambah oksigen dengan menggunakan sungkup mulut.

1. Operasi

Operasi dilakukan ketika tehnik pengobatan sebelumnya dinyatakan tidak berhasil. Fungsi dari operasi atau pembedahan ini adalah untuk mengupayakan perbaikan sebagian organ paru paru yang rusak akibat penyebab terjadinya paru paru basah sehingga tidak sampai membuatnya kolaps atau mati.

Tindakan operasi untuk pneumotoraks merupakan tindakan terakhir. Kalau masih dengan operasi, pneumotoraks masih saja kambuh, berarti seluruh organ paru paru sudah rusak sehingga tidak bisa lagi diperbaiki.

1. Pleurodosis

Pleurodosis sama dengan istilah pengeleman atau perekatan. Plurodosis adalah cara mengobati pneumotoraks dengan tehnik perekat yang berfungsi untuk merapatkan kembali saluran pleura sehingga tidak bisa dialiri oleh udara atau cairan dari luar.

1. Obat Herbal

Jika sel tubuh tidak bisa memproduksi filter penjaga organ, anda bisa mengambilnya dari luar melalui makanan sehat untuk paru paru yang anda makan serta melalui obat telan yang anda minum. Nah, obat herbal bisa anda jadikan sebagai solusi tersebut.

Obat herbal adalah obat yang dibuat dari tanaman tanaman alami berkhasiat. Di dalam obat ini terdapat kandungan senyawa yang bekerja sebagai antioksidan, antibiotik, antikanker, pro sirkulasi hingga antiinflamasi.

Itu artinya obat herbal bisa digunakan sebagai cara mengobati paru paru kering untuk mengatasi gangguan peradangan, serangan bakteri, radikalisme sel tumor dan kanker, serta melancarkan sirkulasi darah. Jadi, obat herbal juga bagus untuk menyembuhkan pneumotoraks.

1. Tidak Merokok

Asap rokok yang masuk ke dalam paru paru, sedikit banyak juga menyebabkan mampetnya saluran pleura apalagi jika ditambah oleh udara. Jangankan bernafas tidak normal, bernafas normal saja, akibat asap rokok, paru paru menjadi gatal bahkan memicu terjadinya batuk.

Maka dari itu, cara menghindari penyakit tbc seperti menjauhi rokok atau yang setipe dengannya harus anda lakukan. Itu pun jika anda masih ingin memiliki paru paru ideal sehingga kehidupan anda didunia menjadi lebih nyaman, aman, tentram dan menenangkan.

Itulah 8 cara mengobati pneumotoraks dan cara mencegah legionnaires yang bisa dicoba. Semoga dengan pengobatan diatas saluran pernafasan anda menjadi lancar dan organ paru paru anda menjadi lebih sehat.

Kategori : Pengobatan