Sponsors Link

10 Cara Mengobati TBC Secara Alami Paling Ampuh

Sponsors Link

Seperti yang kita ketahui TBC merupakan penyakit yang berbahaya. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi dari bakteri atau kuman. Apabila tidak segera diatasi, penyebaran infeksi ini dapat dengan mudah menyebar ke seluruh bagian tubuh yang lainnya. Selain medis, tanpa kita sadari banyak sekali tumbuhan disekitarkita yang dapat digunakan sebagai obat penyembuhan penyakit  TBC. Nah berikut ini adalah cara untuk menyembuhkan TBC secara alami dengan memanfaatkan tumbuhan yang ada disekitar kita.

ads

Obat Herbal Untuk TBC

Berikut adalah cara mengobati TBC secara alami dengan menggunakan bahan bahan alami yang mudah ditemukan disekitar kita:

  1. Bambu Tali

Bambu (Asparagus Cochinchinensis) memiiki rebung yang dalam pertumbuhannya akan berubah menjadi tanaman bambu lengkap dengan pertumbuhan 2-4 bulan. Sehingga kita akan memanfaatkan rebung tersebut sebagai sayuran. Waktu yang tepat untuk memanen rebung adalah saat rebung belum tumbuh menjadi bambu dewasa. Karena biasanya rebung yang diambil adlah rebung yang tidak bisa tumbuh dewasa. Kandungan yang ada ditumbuhan ini yang sudah diketahui adalah Saponine, Aglycene, Protosarsaprogenin, Glukose, Fruktose, 5-methoxy-methylfulfural.  Dalam farmakologis cina dan farmatologis lain disebutkan bahwa tanaman ini memiliki sifat rasa manis, pahit, dingin yang dipercaya mmapu membersihkan dan mengobati paru-paru, ginjal, merangsang cairan tubuh, anti toxic, anti neoplastik, dan anti piretik.

Bagian tumbuhan yag digunakan sebagai ibat TBC adalah umbinya. Cara menggunakannya tidaknlah sulit. Rebus 6-12 gram umbi bambu tali yang sudah kering, bersamaan denga 1,5 gelas air. Minum selagi airnya masih hangat. Lakukanlah berulang hingga 3 kali sehari.

  1. Bunga Tembelekan

Tanpa disadari tumbuhan ini memiliki fungsi sebagai tumbuhan yang dapat digunakan sebagai obat namun jaran diketahui masyarakat. Diantaranya adalah akarnya yang bersifat sejuk, dan tawar, dapat anda andalkan sebagai pereda deman (antik peretik) , penawar racun (anti toxic), penghilang nyeri (analgesik), dan penghenti pendarahan (hemostatis). Daunnya yang bersifat pahit, sejuk, berbau, dan sedikit beracun sangat berakhasiat untuk menghilangkan gatal (antipruritus), penawar racu, perangsang muntah, dan menghilangkan bengkak. Sedangkan Bunga tembelekan yang memiliki rasa manis dan aroma yang sejuk berkhasiat sebagai penghenti pendarahan dan juga mengobati TBC.

Untuk penyakit seperti TBC, terdapat teknik penyembuhan tersendiri. Anda butuh bunga tembelekan sebanyak 6-10 gram, dan 3 gelas air. Rebuslah air hingga air rebusan tersisa setengah gelas. Minumlah setelah air dingin sebanyak 3 kali sehari.

Sponsors Link

  1. Bunga Sepatu

Ternyata bunga ini sangat berguna untuk pengobatan, loh. Hampir semua bagian dari bunga sepatu mulai dari akar, daun, batang, kelopak bunga, dan bunga bermanfaat bagi kesehatan. Bagian bunga yang dapat dimanfaakan untuk pengobatan TBC adalah bunga nya, karena mengandung gossy peptin anthocyanin dan glucoside hibiscin yang mempunyai efek diuretic dan choleretic. Tidak hanya untuk mengobati TBC, tapi juga dapat digunakan sebagai alternatif pengobatan untuk memperlacar peredaran darah, mencegah tekanan darah tinggi, serta dapat berfungsi sebagai obat kuat. Cara untuk mengolah bunga sepatu agar menjadi ramuan untuk mengobati TBC adalah yang pertama ambil 3 kuntum bunga sepatu dan cucilah sampai bersih. Lalu tumbuklah bunga sepatu hinga benar-benar lembut. Kemudia tambahkan segelas air masak yang telah dicampur madu 1 sdm agar rasanya tidak terlalu pahit. Penambahan madu juga dapat membantu proses penyembuhan penyakit anda. Terakhir, peras dan saring. Minumlah 3 kali sehari secara rutin.

  1. Biji Pronojiwo

Biji pronojiwo ternyata memiliki beberapa khasiat untuk kesehatan diantaranya yaitu, untuk penguat syahwat, sebagai obat penetralisir racun ular, menyembuhkan sakit kepala dan migran,  selain itu biji pronojiwo juga dapat menyembuhkan penyakit tbc. Cara menyembuhkan penyakit TBC dengan biji pronojiwo adalah dengan mencampurkan ¾ sdt bubuk biji pronojiwo dengan ½ gelas air panas. Tambahkan juga 1 sdm madu. Seduhlah selagi hangat di pagi, siang, dan malam hari.

  1. Daun Legundi

Legundi ini terkenal sebagai tanaman yang memiliki banyak manfaat. Yang paling terkenal dari tanaman ini adalah daunnya. Daun legundi sering dimanfaatkan oleh  masyarakat untuk mengatasi berbagai penyakit. Salah satu khasiat dari tnaman ini yaitu untuk mengatasi penyakit TBC. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta dan mahasiswa Universitas Gadjah Mada mengatakan bahwa pada daun legundi terdapat kandungan ekstrak metanol dan ekstrak kloroform. Pada ekstrak metanol mengandung senyawa flavonoid dan saponin. Sedangkan pada ekstrak kloroform mengandung senyawa flavonoid dan minyak atsiri. Semua senyawa tersebut bersifat sebagai anti bakteri dan memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri Mycobacterium Tuberculosis.

Jadi itulah alasan mengapa daun legundi dapat anda jadikan pilihan untuk mengatasi penyakit TBC anda. Lalu bagaimana cara mendapatkan manfaat daun legundi? Untuk mendapatkan manfaat daun legundi sebagai obat penyakit TBC, anda harus mengolah daun legundi menjadi ramuan herbal. Caranya mudah. Gunakan 3/5 genggam daun legundi dan rebus bersama 3 gelas air. Tunggu hingga air hingga tersisa ¾ gelas, dan tambahkan 1 sdm madu. Minumlah 3 kali sehari.

  1. Getah Bambu

Tumbuhan lain yang dapat kita gunakan sebagai obat yaitu bambu. Bagian tumbuhan yang dapat kita manfaatkan sebagai obat TBC adalah getahnya. Gimana caranya? Saat sore hatro, pilihlah bambu yang tidak terlalu muda ataupun terlalu tua. Potong ujungnya kemudian ungkus dengan plastik. Ambilah getahnya saat pagi hari dan minum segalas 3 kali sehari.

ads
  1. Buah Nanas

Jus buah nanas sangat efisien dalam mengibatik Tuberculosis (TBC). Jus nanas memiliki khasiat unutk membantu mengurangi pembentukan lendir dan dapat memberikan pemulihan yang lebih cepat karena kandungan buah nanas sebagai stimulasi hormon yang bekerja secara menyeluruh.

  1. Pegagan

Apakah kalian mengetahui apa itu pegagan? Seperti nya pegagan sedikit asing di telinga kita. Pegagan (Centella Asiatica) adalah tumbuhan liar yaang ada di dataran rendah. Tumbuhan ini dipercaya berkhasiat sebagaik tonik , antiinfeksi, anterimatik, penenang, mempercepat penyembuhan luka, dan diuretik. Pegagan sebagai antiinflamasi, antioksidan, antitumor, atau unutk meningkatkan daya ingat, dan hepatitis. Hal itu karena adanya kandungan senyawa yang dimiliki pegagn, yaitu asiaticisde, thankuniside, medecassoside, brahmoside, brahminoside, madastic acid, vitamin B1, B2, dan B6. Ekstrak air pegagan dapat melawan bakteri yang menyebabkan infeksi pada saluran pernafasan. Cara yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan tumbuhan ini sebagai obat TBC adalah cuci 40-60 gram pegangan. Rebuslah bersama 3 gelas air. Tunggu hingga tersisa hanya 1 gelas. Minumlah 3 kali sehari.

  1. Bawang Putih

Siapa yang tidak mengenal bahan makanan satu ini? Thaukah anda, selain digunakan untukbahan dapur, bawang putih juga dapat anda gunakan sebagai pilihan untuk pengobatan TBC. Bawang putih adalah tumbuhan yang kaya akan  sulfat yang berfungsi untuk menghancurkan kuman penyebab TBC. Hal ini dapat membantu untuk melawan TBC yang sudah kebal terhadap obat medis. Kandungan allicin yang terdapat pada bawang putih berguna untuk menghambat replikasi bakteri. Allicin dapat bekerja dengan menghamabat gluthaione peroxidase. Enzim ini mengurangi produksi radikal bebas. Replikasi bakteri membutuhkan senyawa radikal bebas. Senyawa bawang putih lain seperti ajoene, dapat menghambat kemampuan kuman TB untuk membentuk dinding sel pelindung. Sebagai obat TBC, bawang putih dapat digunakan dengan cara ambil dan cucilah 40 gram bawang putih. Lalu potonglah kecil-kecil dan 100 gram alkohol ke dalam botol. Rendamlah selama lima sampai enam hari dan kemudian disaring. Minumlah secangkir setiap hari.

  1. Daun Sirsak

Daun sirsak merupakan salah satu obat herbal yang dapat digunakan untuk pengobatan penyakit paru-paru. Namun, sekarang telah dipercaya untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti kanker, diabetes, asam urat, tekanan darah tinggi dan masih banyak yang lain. Dau sirsak memiliki manfaat yang sangat banyak karena terdapat kandungan Acetogenis didalamnya yang berkhasiat untuk mengahambat perkembangan virus yang menyerang paru-paru dan juga menghentikan pendarahan saat batuk. Cara membuat ramuan dari daun sirsak adalah dengan mengeringkan 10 sampai 15 lembar daun sirak. Kemudian rebus dengan air yang mendidih sebanyak 3 gelas, rebus hingga mendidih sampai tersisa hanya 1 gelas saja. Saring air rebusan tersebut lalu minumlah secara rutin sebannyak 2-3 kali sehari dengan takaran ½ gelas dalam sekali minum.

Dengan membaca artikel ini, sekarang anda dapat mengetahui bahwa disekitar kita pun banyak yang dapat kita manfaatkan untuk pengobatan TBC. Yang jelas semuanya harus dilakukan secara rutin dan telaten. Karena yang alami tidak akan memberikan hasil yang instan. Namun, apabila pengobatan ini masih tidak berpengaruh, tetap periksa ke dokter ya 🙂

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan