Sponsors Link

6 Cara Meningkatkan Kapasitas Paru – Paru yang Mudah Dilakukan

Sponsors Link

Seperti yang telah kita ketahui bahwa fungsi paru – paru adalah sebagai sistem pernafasan, oleh karena itu jika kalian mengalami ciri – ciri paru – paru tidak sehat maka itu artinya ada kerusakan bagian bagian paru – paru kalian yang nantinya jika dibiarkan akan bertambah parah dan mengganggu proses pernafasan. Bahkan tak jarang kasus kerusakan paru – paru berujung pada kematian.

ads

Jika kalian telah merasakan gejala – gejala kelainan pada paru – paru kalian, langkah terbaik adalah dengan memeriksakan diri ke dokter. Selain itu kalian juga bisa mencari tahu informasi seputar bagaimana cara mengobati paru – paru yang rusak. Namun sebelum semua itu terjadi, ada baiknya supaya kalian menjaga kesehatan paru – paru dengan banyak mengkonsumsi buah yang bagus untuk paru – paru, makanan yang menyehatkan paru – paru. Selain itu ada berbagai macam cara meningkatkan kapasitas paru – paru yang bisa kalian coba di rumah loh. Meningkatkan kapasitas paru – paru merupakan sebuah upaya yang dilakukan seseorang demi menjaga paru – parunya tetap dalam kondisi sehat sehingga kapasitas paru – paru dalam menampung oksigen untuk disebarkan ke seluruh tubuh tidak terganggu. Lalu apa saja cara meningkatkan kapasitas paru – paru?.

1. Olahraga

Kalian bisa memilih berbagai macam bentuk olahraga berat seperti bersepeda, aerobik atau berlari untuk membantu meninngkatkan kapasitas paru – paru kalian. Dengan melakukan olahraga berat secara teratur maka akan membuat tubuh kelelahan dan memaksa paru – paru untuk menghirup dan menampung oksigen yang lebih banyak lagi. Jika dilakukan secara rutin, kegiatan ini bisa memberikan efek yang bagus karena paru – paru akan terlatih untun menampung lebih banyak oksigen dari biasanya. Dengan berolahraga setidaknya paru – paru kalian bisa terhindari dari bahaya gejala pleuritis.

2. Menjaga diet

Tak ada salahnya jika kalian memperhatikan makanan yang kalian konsumsi dengan menjaga diet sehat. Makanan yang dapat kalian konsumsi selama melakukan diet yaitu dengan banyak mengkonsumsi karbohidrat, protein, buah dan sayur dan jangan lupa untuk banyak minum air putih. Selain itu kalian juga harus menghindari makanan seperti banyaknya garam, produk susu dan makanan gorengan.

3. Menjaga sirkulasi udara tetap sehat

Jika rumah kalian memiliki saluran sirkulasi udara yang buruk, kalian harus segera memperbaikinya. Mungkin itu salah satu penyebab mengapa paru – paru kalian tidak dapat menampung kapasitas oksigen yang banyak. Tentu dengan saluran sirkulasi udara yang buruk, udara yang dihirup oleh paru – paru tidak semuanya mengandung partikel yang sebenarnya dibutuhkan tubuh sehingga kalian akan terus menghirup napas pendek – pendek untuk memenuhi pasokan oksigen.

4. Berenang

Berenang merupakan salah satu olahraga air yang menjadi pilihan tepat saat kalian ingin menambah kapasitas paru – paru kalian. Dengan berenang artinya kalian akan berlatih bagaimana memasok banyak oksigen ke dalam tubuh dengan cara banyak – banyak menghirup nafas dan kemudian menahannya saat sedang berenang. Dengan begitu kalian yang rutin melakukan renang akan terlatih dan terbiasa paru – parunya dalam meningkatkan kapasitas oksigen yang dihirup.

Sponsors Link

5. Bermain alat musik

Cara meningkatkan kapasitas paru – paru selanjutnya adalah dengan cara bermain alat musik tiup. Kalian bisa memainkan suling, saxophone atau klarinet untuk memulainya. Dengan bermain alat musik, paru – paru dan sistem pernafasan yang mendukung paru – paru akan terbiasa menghirup oksigen dalam kapasitas tertentu dan dalam tempo yang teratur. Dengan begitu aktifitas bermain alat musik tiup ini dapat membantu kalian dalam meningkatkan kapasitas paru – paru karena alveoli akan terlatih untuk menampung banyak oksigen.

6. Hirup udara dipagi hari

Cara meningkatkan kapasitas paru – paru lainnya yaitu dengan melakukan latihan pernapasan sederhana. Kalian bisa mencoba menghirup udara pagi hari dengan cara menghirup oksigen sampai paru – paru terasa terisi penuh kemudian hembuskan, buanglah udara yang telah kalian hirup sampai paru – paru kalian terasa kosong. Berbeda pada waktu lainnya, udara pagi tentu memiliki kandungan karbondioksida yang sedikit sehingga sehat bagi paru – paru kalian dan tentunya sangat menyegarkan bukan?.

Mudah sekali bukan cara meningkatkan kapasitas paru – paru yang telah disebutkan di atas. Kalian bisa mencobanya di rumah karena metodenya tidak begitu rumit. Selain mempraktekan cara tersebut di rumah, ada baiknya suaya kalian lebih peduli dengan kesehatan paru – paru kalian dengan cara memakai masker saat pergi ke tempat yang banyak polusi dan yang terpenting kurangilah rokok.

, ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Paru