Sponsors Link

10 Cara Menjaga Paru Paru Tetap Sehat

Sponsors Link

Paru-paru merupakan organ tubuh yang sangat penting. Perannya adalah memobilisasi oksigen masuk ke dalam arteri sehingga bisa dipecah ke berbagai organ yang lain. Artinya, jika paru-paru sehat, organ lain juga sehat. Maka dari itu cara menjaga paru-paru harus dilakukan mulai sekarang.

ads

Menjaga paru-paru tetap sehat bisa dimulai dari pola hidup karena biaya rontgen paru paru cukup mahal. Bisa dengan tidak merokok, juga dengan menjauhi alkohol. Karena senyawa di dalamnya membuat organ paru-paru mengalami pemanasan yang ekstrem. Berikut ini beberapa cara menjaga paru-paru tetap sehat yang lebih lengkap, yaitu:

  1. Berhenti Merokok

Asap rokok memiliki detok yang berbahaya. Jika masuk ke paru-paru racun tersebut akan membeku di dalamnya. Jika tidak segera dibersihkan, sel akan rusak bahkan muncul kanker yang kronis.

Solusi dari masalah ini adalah hentikan kebiasaan merokok lalu lanjutkan dengan penanganan pneumotoraks yang efektif. Ini jalan keluar yang bijaksana dibandingkan anda kehilangan organ penting ini. Apalagi, kerusakan paru-paru bisa menjalar pada organ yang lain (komplikasi).

  1. Menjauh dari Asap Rokok dan Debu

Ada dua macam perokok yang disebut perokok aktif dan pasif. Perokok aktif sudah jelas sedangkan perokok pasif adalah bukan perokok tetapi selalu terpapar asap rokok. Perokok jenis ini tetap berpeluang memiliki paru-paru yang tidak sehat.

Menurut riset dokter, perokok pasif berpeluang lebih besar mengalami kanker paru dibandingkan yang aktif. Pasalnya, asap yang masuk ke organ lebih banyak. Atas dasar itulah, hindari pergaulan dengan para perokok dan banyak mengkonsumsi makanan pencegah TBC.

Selain asap rokok, paparan debu juga membuat organ paru-paru tidak sehat. Maka dari itu, dianjurkan ketika keluar ruangan, anda harus menggunakan masker. Apalagi ketika musim kemarau.

  1. Kurangi Kebiasaan Minum Alkohol

Minuman beralkohol mengandung senyawa anti mineral. Jika zat ini masuk ke dalam paru-paru, organ terasa panas terbakar. Sehingga kualitasnya mengalami penurunan. Selain itu, alkohol membuat mineral mengering sehingga detok bertahan di paru-paru.

Lebih baik ubah minuman beralkohol dengan cara mencegah TBC yaitu minum jus yang lebih sehat. Susu murni juga bisa dicoba asal tidak berlebihan.

  1. Olahraga Ringan Setiap Pagi

Cara menjaga paru-paru yang keempat adalah rajin berolahraga di pagi hari. Aktivitas ini berfungsi meningkatkan kerja jantung, sehingga kinerja paru-paru ketika suplai oksigen, tidak terlalu ekstra.

Jenis olahraga yang bisa dilakukan cukup banyak. Diantaranya adalah zumba, erobik, jongging ringan atau berjalan kaki. Durasinya tidak usah terlalu lama. 10 menit saja setiap pagi sudah bisa meningkatkan kesehatan organ paru-paru. Apalagi jika diiringi dengan mengkonsumsi obat tradisional pneumonia.

Sponsors Link

  1. Hindari Polusi Udara

Udara Indonesia, sebagian kecilnya sudah dipenuhi dengan polusi. Maka dari itu, masyarakat rentan diserang gangguan pernafasan, komplikasi emboli paru hingga kerusakan organ paru-paru. Bagi anda yang ingin keluar rumah, lebih baik menggunakan masker. Supaya udara kotor tidak terhirup hidung anda.

Solusi selanjutnya adalah lakukan reboisasi lingkungan. Fungsinya adalah tanaman yang ditanam bisa menyerap udara kotor dan menggantinya menjadi oksigen yang sehat. Awalilah aktivitas ini dengan menanam bunga hias di pekarangan rumah.

  1. Hindari Segala Sesuatu yang Berbau Tajam

Bau yang tajam juga membuat paru-paru terganggu. Bahkan, zat tak kasat mata yang masuk melalui hidung, membuat saluran pernafasan tersumbat. Hal ini dikarenakan bulu hidung tidak bisa lagi melakukan filterisasi yang maksimal.

Kalau anda penderita gejala awal sakit paru-paru, bau yang tajam juga membuat penyakit semakin parah. Maka dari itu, hindari bau tersebut atau melakukan terapi aroma jika bau busuk kadung tercium. Ada banyak terapi bau yang bisa dilakukan seperti bubuk kopi dan aroma bunga.

  1. Terapkan Pola Makan Sehat

Cara menjaga paru-paru selanjutnya adalah terapkan pola makan sehat. Makanan yang dianjurkan adalah keju, kacang-kacangan dan daging merah. Maka dari itu, sediakan makanan ini di setiap menu anda agar zat racun di dalam paru-paru bisa dibersihkan.

Makanan manis dan berklorin, tidak cocok dikonsumsi penderita paru-paru bermasalah. Karena ciri paru paru kotor akan bertambah parah bahkan berujung kronis.

Sponsors Link

  1. Lakukan Check Up Secara Rutin

Manakala semua cara sudah dilakukan, tetapi organ paru-paru tetap terganggu, segera lakukan cek medis. Supaya penanganan terbaik bisa dilakukan. Melakukan ceknya juga tidak kambuhan. Minimal tiga bulan sekali secara rutin dan berkelanjutan.

  1. Atur Diet

Diet dengan minuman penghilang nikotin cukup penting untuk menjaga tubuh tetap sehat dan langsing. Namun, jika diet tidak teratur, efeknya justru penurunan berat badan radikal. Selain itu, organ paru-paru juga terganggu bahkan bisa membuatnya kolaps.

  1. Kelola Stres

Cara menjaga paru-paru tetap sehat yang terakhir adalah kelola stres dengan baik. Stress merupakan gangguan akibat otak berpikir ekstra keras. Dalam kondisi ini, kerja paru-paru juga meningkat. Maka dari itu, semakin tinggi kadar stres, kondisi paru-paru akan semakin memprihatinkan.

Demikianlah beberapa cara menjaga paru-paru dan cara mencegah pneumonia agar paru paru tetap berkerja dengan baik. Tutorial ini murah tetapi khasiatnya luar biasa. Tentunya jika anda bersemangat melakukannya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Paru