7 Cara Menyembuhkan Penyakit Sesak Nafas yang Ampuh

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami sesak nafas, diantaranya adalah sesak nafas karena alergi, sesak nafas karena emosi yang tidak stabil ataupun sesak nafas karena adanya komplikasi penyakit pada paru-parunya. Ciri-ciri orang sesak nafas sendiri sering ditandai dengan gejala nafas yang terengah-engah atau nafas pendek, ada suara ngik saat menghembuskan nafas dan juga tubuh yang merasa cepat lelah.

Selain itu, ada juga orang yang mengalami sesak nafas dimalam hari saja. Hal ini mungkin dikarenakan kondisi cuaca pada malam hari yang cenderung lebih dingin daripada siang hari sehingga paru-parunya lebih banyak menghasilkan lendir yang membuatnya kesulitan bernafas pada malam hari.

Kesulitan bernafas pada malam hari seringkali membuat penderitanya menglami susah tidur karena dia belum paham kondisi yang dialaminya. Jika kalian mengaami kondisi seperti itu, ada baiknya kalian menyimak 7 cara menyembuhkan penyakit sesak nafas berikut ini.

1. Menghirup uap panas

Jika kalian mengalami sesak nafas dalam waktu yang cukup lama, kalian bisa mencoba teknik penguapan untuk melancarakan system pernafasan kalian. Teknik penguapan sendiri sering digunakan pasien influenza dan asma dengan cara menuangkan air panas yang dicampurkan sedikiat essensial oil atau minyak kayu putih ke dalam wadah untuk kemudian dihirup. Dengan begitu lendir dan kotoran yang menyumbat saluran pernafasan akan hilang perlahan–lahan.

1. Minum kopi

Minum kopi hitam dipercaya mampu meredakan gejala sesak nafas loh. Ternyata kefein yang terdapat pada kopi mampu memperbaiki kinerja otot – otot pernafasan sehingga fungsi saluran pernafasan bisa berjalan normal kembali.

1. Minum ramuan jahe

Mengkonsumsi ramuan jahe yang direbus bersamaan dengan gula merah terbukti mampu mengusir dahak yang bersarang pada saluran pernafasan loh. Kandungan antiinflamasi dan kandungan lainnya yang terdapat pada jahe juga mampu mengurangi berbagai jenis infeksi yang terjadi dalam saluran pernafasana sehingga gejala sesak nafas bisa dikurangi.

1. Minyak eucalyptus

Cara menyembuhkan penyakit sesak nafas berikutnya yaitu dengan menggunakan minyak eucalyptus. Minyak eucalyptus sering kali digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan mengi tanpa obat. Dengan menggunakan minyak eucalyptus ini, lendir yang berada di saluran pernafasan dapat dengan mudah dikeluarkan. Bahkan eucalyptus sering digunakan sebagai salah satu bahan pembuatan obat, pelega tenggorokan  serta balsam.

1. Berolahraga

Berjalan kaki atau berolahraga ringan seperti jogging dan bersepeda dipagi hari mungkin pilihan yang tepat untuk meredakan sesak nafas yang kalian derita. Dengan melakukan olahraga ringan secara teratur maka akan membuat tubuh kelelahan dan memaksa paru-paru untuk menghirup dan menampung oksigen yang lebih banyak lagi sehingga pasokan oksigen ke paru–paru maksimal dan mengurangi gejala sesak nafas. Berolahraga juga merupakan salah satu cara meningkatkan kapasitas paru–paru.

1. Terapi pijat

Umumnya tarapi ini dilakukan oleh tukang pijat yang memang sudah paham titik-titik syaraf yang terhubung langsung dengan paru-paru. Terapi ini pun tidak begitu sulit karena terapis hanya akan menekan atau memijat bagian-bagian yang bersangkutan seperti telapak kaki atau jari-jari tangan.

1. Terapi totok punggung

Terapi untuk sesak nafas yang kedua yaitu terapi totok punggung. Caranya mudah, kalian hanya perlu duduk dengan tenang dan mintalah seseorang untuk menotok bagian punggung antara tulang belakang yang bertepatan dengan posisi paru-paru. Totok bagian tersebut sampai gumpalan lemak yang terasa menonjol berangsur-angsur memudar. Dengan begitu sesak nafas yang kalian derita bisa cepat sembuh.

7 cara menyembuhkan sesak nafas yang telah disebutkan di atas tentu dapat kalian lakukan dengan mudah sekali. Sesak nafas bukan hanya sekedar penyakit asma, jika gejala sesak nafas pada anak dan orang dewasa yang kalian rasakan sudah memasuki tahap yang mengkhawatirkan ada baiknya supaya segera menghubungi dokter terkait untuk diperiksa lebih lanjut. Jangan biarkan sesak nafas menghantui kalian dalam waktu yang lama karena bisa saja menyebabkan kematian pada penderitanya.

, , , , ,
Kategori : Pengobatan