Sponsors Link

15 Cara Menyembuhkan Sesak Nafas Paling Mudah Dilakukan

Sponsors Link

Pernafasan sebagai salah satu gerak fungsi anggota tubuh baik bayi, anak-anak, orang dewasa maupun lansia. Secara umum faktor penyebab sesak nafas yaitu terlalu letih berolahraga, flu atau pilek, tersedak, batuk dalam kurun waktu lama, polusi udara, alergi, keracunan, asma atau penyakit lain seperti anemia (kekurangan sel darah merah atau hemoglobin), TBC (tubercolosis), sinusitis, pneumonia (paru paru basah), gangguan atau serangan jantung, Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK) dan difteri. Cara menyembuhkan sesak nafas melihat dari gejala atau faktor penyebab sesak nafas yang dialami.

ads

Sesak nafas termasuk salah satu gejala awal sakit paru paru, dikarenakan kekurangan oksigen dalam tubuh, seperti paru paru, jantung dan otak, menyebabkan penderita sesak nafas merasa lemas, mudah letih bahkan susah tidur di malam hari. Berikut cara menyembuhkan sesak nafas yang mudah dilakukan setiap hari antara lain:

1. Mengatur posisi duduk

Bila terkena serangan sesak nafas, yang harus dilakukan mengatur posisi duduk seperti biasa, tubuh lebih santai, hirup udara segar, membantu kapasitas diafragma dan tidak tegang. Cobalah menarik nafas pelan dan panjang dari hidung dan keluarkan pelan lewat mulut.

2. Posisi duduk bersandar

Cara menyembuhkan sesak nafas dengan bersandar di dinding atau tempat tidur dimana posisi kaki rata ke tanah atau tempat tidur, busungkan dada ke depan, letakkan tangan pada kedua sisi tubuh, kepala pada bantal dapat membantu nafas dengan lebih baik.

3. Posisi berdiri santai

Berdiri dengan santai sebagai cara menyembuhkan sesak nafas secara cepat, berdiri dengan kaki lebarnya sama dengan posisi bahu dengan sandarkan punggung di dinding atau benda yang dapat jadi tumpuan badan, dada membusung sedikit dari posisi lengan menggantung ke tanah.

4. Posisi santai saat tidur

Jika mengalami sesak nafas dalam posisi tidur dapat dilakukan berbaring santai dan mengusahakan agar semua otot tubuh menjadi rileks, mengambil bantal dimana posisi kepala lebih tinggi dibanding dada, tekuk dan beri bantal di bawah lutut.

5. Mengendalikan tingkat stres

Masalah pribadi, pekerjaan dan lainnya bisa menimbulkan stres menyebabkan siklus kerja paru paru menjadi tidak normal, sehingga membuat oksigen tidak dapat tersalur ke seluruh tubuh dan menjadi sesak nafas. Ada beberapa cara menghilangkan stres yaitu tenangkan pikiran hingga menjadi santai, olahraga, rekreasi dan lain lain.

6. Latihan Ketika Panik

Saat panik dapat menimbulkan sesak nafas dan rongga dada jadi lebih ketat membuat kekurangan oksigen dan pingsan.  Ada beberapa carra  mengendalikan rasa panik :

  • Duduk dan santai
  • Usahakan posisi santai
  • Sandarkan bagian tubuh kedepan lengan sebagai tumpuan
  • Tarik nafas panjang dan hembuskan nafas
    Sponsors Link

7. Pernafasan perut

Untuk menyembuhkan sesak nafas dapat dengan mencoba melakukan pernafasan perut, baik anak-anak maupun orang tua, menempatkan jari di bawah tulang dada, menggerakkan otot diagfragma, pernafasan lewat mulut perut digerakkan posisi terlentang.

8. Pernafasan hidung

Sesak nafas menyerang berbagai posisi, coba untuk menarik nafas dari hidung beberapa hitungan, tahan udara perlahan, hembuskan nafas melalui mulut dapat mengurangi sesak nafas.

9. Olahraga teratur

Olahraga teratur membantu mengelola fungsi paru paru dan menjaga kondisi fisik lebih baik, seperti bersepeda, lari kecil dan jalan santai.

ads

10. Berhenti merokok

Kebiasaan merokok menyebabkan sesak nafas, dimana kandungan nikotin dalam rokok membuat paru paru kotor dan dapat terkena berbagai penyakit paru paru, seperti kanker paru paru, asma dan lainnya. Guna mencegah penyakit paru paru agar tidak kotor dengan cara merawat paru paru bagi perokok dalam kehidupan sehari-hari.

11. Atur emosi

Emosi juga sebagai penyebab sesak nafas, maka kendalikan dengan melakukan berdiam diri, mendengarkan musik, pergi ke tempat nyaman dan menenangkan diri.

12. Menurunkan berat badan

Berat badan berlebih membuat tumpukan lemak dalam tubuh seperti jantung ataupun organ lain hingga membuat sesak nafas. Untuk menghindari timbulnya sesak nafas menurunkan berat badan, olahraga teratur, pola makan sehat, istirahat cukup Dan hindari makan lemak tinggi.

13. Minum air jahe

Jahe salah satu bahan alami baik dipergunakan until melegakan pernafasan Dan menyembuhkan sesak nafas, karena mengandung antioksidan mampu mengatasi infeksi pernafasan. Maka minumlah air jahe setiap hari guna menghindari masalah saluran pernafasan.

14. Minyak angin dan minyak kayu putih

Minyak ini dipergunakan menyembuhkan sesak nafas ringan akibat flu atau pilek karena dapat melegakan dan meringankan pernafasan membuat peredaran oksigen ke seluruh tubuh lancar.

15. Istirahat cukup

Jika terlalu lelah dan kurang tidur dapat menimbulkan sesak nafas, maka perlu mengatur waktu tidur bisa terjadi gejala sesak nafas pada malam hari.

Dari cara menyembuhkan sesak nafas perlu juga diperhatikan penyebab sesak nafas tiba-tiba menyerang tubuh saat menjalankan aktivitas setiap harinya dengan cara meningkatkan kapasitas paru paru.

, , , , ,