Sponsors Link

6 Cara Merawat Penderita Pneumonia Yang Sangat Dianjurkan

Sponsors Link

Pneumonia adalah penyakit infeksi paru-paru pada manusia. Orang awam biasa menyebut penyakit ini dengan sebutan paru – paru basah. Penyakit ini bukan tidak bisa disembuhkan, namun banyak penderita dan keluarganya yang kurang telaten menangani penyakit ini.

ads

Banyak penderita yang justru mengalami komplikasi atau penyakitnya makin parah karena kurang tepatnya perawatan terhadap pneumonia. Pneumonia akan lebih cepat sembuh jika didukung dengan perawatan yang tepat serta berkelanjutan.

Tidak hanya melalui obat–obatan yang diberikan oleh dokter, namun juga dengan perawatan di rumah yang tepat. Dalam artikel ini akan sedikit dibahas dan diuraikan bagaimana cara untuk menangani bahaya infeksi paru-paru ini, sebagai berikut:

  1. Konsultasi kepada dokter

Sebelum merawat penderita pneumonia tentu saja hal pertama yang harus dilakukan adalah peri berkonsultasi ke dokter. Dengan berkonsultasi anda akan mengetahui seberapa serius penyakit pneumonia yang di derita, apa penyebabnya dan bagaimana cara menanganinya.

Dengan begitu akan lebih mudah bagi anda untuk merawat seseorang dengan penderita pneumonia dengan bantuan dari dokter dan mengetahui penyebab pneumonia.

  1. Istirahat cukup

Jika and sedang merawat keluarga anda yang merupakan pasien pneumonia, anda tentu mengerti bahwa seorang penderita pneumonia cepat merasa lelah karena kondisinya yang kurang baik. Hal mendasar yang bisa anda lakukan untuk menjaga kondisi tubuh pasien adalah dengan menjadwalkan istirahat yang teratur.

Jangan biarkan pasien merasa terlalu lelah, selalu ingatkan pasien untuk beristirahat. Jangan biarkan pasien tidur terlalu malam sehingga kualitas istirahatnya tetap terjaga. Dengan istirahat yang cukup, pemulihan terhadap penyakit pneumonia juga menjadi semakin cepat dan mudah.

  1. Udara bersih

Pneumonia merupakan penyakit infeksi pada paru – paru. Tentu saja udara memiliki peran penting dalam proses penyembuhan nya. Jika anda merawat seorang penderita pneumonia, sangat disarankan untuk mengajaknya menghirup udara yang segar.

Ajaklah pasien pergi ke tempat – tempat dengan udara yang masih bersih dan belum terkena polusi. Dengan begitu akan mengurangi rasa sesak napasnya dan mungkin bisa mengurangi batuk – batuk yang di deritanya.

  1. Jaga Kelembaban ruangan

Jika pada orang yang sehat ruangan dengan udara yang lembap akan sangat mengganggu, pada pasien pneumonia justru dapat membantu proses penyembuhan nya.

Dengan udara yang lembap akan menyebabkan paru – paru menjadi lebih segar, sehingga proses penyembuhan juga menjadi lebih cepat.

Sponsors Link

  1. Hindari orang lain yang sakit

Jika keluarga anda merupakan seorang penderita pneumonia, hindarkan dia dari orang lain yang sedang sakit. Kontak fisik dengan orang lain yang sakit  walaupun hanya sakit pilek akan menambah lama proses penyembuhan penderita pneumonia. Jadi usahakan untuk menjauhkan orang sakit dari pasien.

  1. Minum obat teratur

Yang terakhir adalah dengan rutin meminum obat yang telah diresepkan dokter. Dengan meminumnya secara rutin dan sesuai aturan akan mempercepat proses penyembuhan pasien. Sebaiknya anda banyak berkonsultasi ke dokter anda untuk berbagai keluhan yang ada.

Demikianlah beberapa cara merawat penderita pneumonia yang bisa anda lakukan di rumah. Sebaiknya untuk dapat rutin melakukannya agar bahaya penyakit pneumonia tidak semakin membuat lemah kesehatan anda. Lakukan dengan hati-hati dan hubungi dokter untuk keluhan yang serius.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pneumonia