Sponsors Link

10 Cara Meredakan Sesak Nafas dalam Waktu Singkat

Sponsors Link

Sesak nafas salah satu penyakit yang menyerang tiba-tiba, bila tidak segera ditangani akan bertambah parah bahkan menyebabkan kematian dapat terjadi saat udara dingin, penyebabnya bervariasi tergantung ketahanan atau kekebalan tubuh yang dapat dijadikan cara meredakan sesak nafas antara lain:

ads
  • Ketidakstabilan emosi, mempengaruhi produksi kelenjar adrenal dan hormon hubungannya dengan sistrm kekebalan tubuh.
  • Faktor lingkungan, udara dingin dan lembah seperti serbuk sari bunga, debu atau asap pemicu sesak nafas hingga suplai oksigen menjadi kurang lancar.
  • Kurang asupan cairan, lendir paru paru dan saluran pernafasan mengental penyebab sesak nafas hingga tempat mikroba berkembang biak.
  • Masalah susunan tulang, menghambatnya sensir syaraf dan bioenergi paru paru menjadi otot tegang bagian punggung atas.

Sesak nafas terjadi dikarenakan kekurangan oksigen dalam tubuh yang membuat jantung, paru paru bahkan otak kurang berfungsi dengan baik hingga dapat mengganggu aktivitas setiap hari, oleh karenanya ada beberapa makanan untuk orang sesak nafas dan perlu dilakukan cara meredakan sesak nafas agar kesehatan tetap terjaga yaitu:

1. Sediakan selalu minyak angin

Minyak angin memiliki aroma sejuk dan panas sesuai selera, cara menggunakannya dengan teteskan atau gosokkan minyak angin bagian dada dan usap merata ke seluruh dada juga leher depan dan belakang, punggung atau pundak dapat meredakan sesak nafas.

2. Pijatan atau hentakan

Berikan pijatan atau hentakan perlahan bagian punggung telapak tangan posisi seperti mematahkan kayu, dilakukan terus-menerus dari bawah tengkuk leher hingga ke pinggang dapat meredakan sesak nafas.

3. Konsumsi obat

Obat yang didapat dari resep dokter seperti ventolin hisap atau semprot dosis 500 mg, dapat juga obat batuk derin ekspektoran, dekodryl dan incodryl.

4. Kebersihan lingkungan

Lingkungan yang bersih, sejuk dan tenang mempunyai pengaruh yang besar dalam meredakan sesak nafas, dikarenakan penyebab sesak nafas menyerang yaitu debu, polusi udara dan alergi hingga perlu dicegah dengan menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal.

5. Hirup uap

Dalam menjaga kelembaban dan membantu memecah lendir menumpuk di dada dengan menghirup uap hangat dari rebusan air mendidih di taruh mangkuk ditambah minyak esensid eucalyptus atau peppermint, dimana handuk menutupi kepala, wajah menghadap mangkuk lakukan dua sampai tiga kali sehari.

Sponsors Link

6. Minum air hangat

Guna menyingkirkan lendir dan mengencerkan dahak sebaiknya perbanyaklah minum air hangat, dapat melancarkan darah yang menggumpal serta melegakan pernafasan.

7. Kumur dengan garam dan air hangat

Air hangat selain di minum untuk melancarkan pernafasan juga dapat buat kumur dicampur dengan garam dilakukan selama tiga sampai empat kali, menghilangkan lendir dan menyembuhkan iritasi di tenggorokan.

8. Berikan ruang nyaman

Lingkungan tenang dan tidak dikerumuni oleh orang banyak membuat tubuh tidak terasa sesak yang disebabkan oleh udara pengap dan sedikitnya oksigen hingga membuat sesak nafas.

Sponsors Link

9. Hindari alergen

Sesak nafas karena alergi udara dingin atau debu menyebabkan sesak nafas dan mengganggu saluran pernafasan. Oleh karenanya perlu hindari alergi agar tidak terkena sesak nafas dengan menggunakan masker atau penutup hidung.

10. Ajarkan nafas panjang

Penderita sesak nafas perlu melakukan nafas panjang sedalam mungkin tahan selama tiga detik dan hembuskan melalui mulut perlahan dengan teknik relaksasi mengalami stres atau rasa sakit yang mengganggu hingga membuat terasa tidak nyaman.

Penderita sesak nafas umumnya merasa tidak nyaman melakukan aktivitas karena terganggu pernafasannya membuat mudah lelah, merasa lemas bahkan susah tidur, hal ini membuat penyebab sesak nafas di malam hari dan merupakan gejala awal sakit paru paru, sehingga dengan demikian perlu cara meredakan sesak nafas agar kesehatan paru paru terjaga.

, , , , ,