Sponsors Link

8 Cara Penanganan Penyakit Asma dengan Tepat

Sponsors Link

Cara penanganan penyakit asma perlu untuk diketahui dan dipahami oleh setiap orang, khususnya anda yang merupakan penderita asma. Walaupun anda bukan penderita asma, informasi ini pun tetap bermanfaat untuk digunakan pada orang di sekitar anda yang menderitanya. Saat seorang penderita asma mengalami penyebab asma kambuh, maka penanganan yang cepat, tepat, dan tanggap sangatlah dibutuhkan. Sayangnya, kebanyakan orang tidak mengetahui apa jenis penanganan tersebut.

ads

Penyakit asma memang dapat kambuh sewaktu-waktu, khususnya jika memang kondisinya sudah tergolong kronis. Masalah ini dapat membahayakan keselamatan penderitanya, karena asma memang membuat penderitanya benar-benar kesulitan untuk bernapas.

Kesulitan bernapas ini dipengaruhi oleh menyempitnya saluran udara di paru paru akibat pembengkakan dan penumpukan lendir. Jadi untuk dapat menangani asma, maka dibutuhkan informasi bagaimana untuk segera mengatasi pembengkakan ini dan mencairkan lendir segera dari saluran udara.

Berdasarkan penjelasan tersebut, tentu untuk anda yang ingin menangani penyakit asma anda perlu melakukan berbagai upaya. Upaya-upaya penanganan ini diharapkan mampu membuat penderita asma yang mengalami kambuh dapat melaluinya dengan selamat.

Bagi anda yang belum mengetahui apa saja cara penanganan dari penyakit asma ini, maka anda dapat menyimak pembahasan berikut. Pembahasan berikut diharapkan dapat bermanfaat secara maskimal untuk membantu penderita asma kembali pulih.

Cara Penanganan Penyakit Asma dengan Tepat

Saat anda menghadapi kondisi gejala asma kambuh, maka anda sebaiknya tahu apa yang harus anda lakukan untuk segera menanganinya. Penanganan asma yang terlambat diketahui beresiko mengancam keselamatan jiwa dari penderita asma tersebut. Oleh sebab itu, berikut ini adalah beberapa cara penanganan penyakit asma yang dapat anda coba gunakan. Semoga dapat bermanfaat untuk anda!

  1. Gunakan Bantuan Inhaler untuk Membantu Pernapasan

Kebanyakan penderita asma sudah memiliki alat inhaler atau alat bantu pernapasan. Jadi saat anda sedang kambuh atau menghadapi penderita asma yang kambuh penyakitnya, maka anda dapat menggunakan bantuan inhaler ini secepat mungkin. Penggunaan inhaler mungkin tidak semua orang menguasainya. Namun anda dapat mencari tahu penggunaannya secara online atau meminta bantuan orang lain yang sudah tahu cara penggunaannya.

  1. Konsumsi Obat Asma yang Dimiliki Penderita

Selain cara sebelumnya, anda juga dapat menangani asma yang kambuh dengan memberikan obat asma yang dimiliki oleh setiap penderita asma. Tentunya memang obat yang dimiliki ini berbeda-beda, bisa berupa obat antikolinergik atau kortikosteroid sistemik. Berikan obat ini dikonsumsi oleh penderita asma yang kambuh, sesuai dengan dosisnya. Tetapi jika penderita tidak membawa obatnya, maka cobalah cara yang lain.

  1. Lakukan CPR, Jika Anda Paham Melakukannya

Tahukah anda apa itu CPR? CPR atau Cardiopulmonari Resuscitation biasa dilakukan untuk memberikan pertolongan pada seseorang yang mengalami kondisi henti napas. Henti napas pada seseorang dapat terjadi karena penyakit seperti penyebab asma kambuh juga. Itulah sebabnya saat anda menghadapi penderita asma yang sudah dalam kondisi membahayakan atau menunjukkan tanda-tanda henti napas, segeralah berikan bantuan CPR. 

Sponsors Link

  1. Longgarkan Pakaian Penderita Asma

Penderita asma yang mengalami kekambuhan harus segera anda bantu semaksimal mungkin dalam bernapas. Pengganggu sistem pernapasan bisa juga terjadi karena pakaian yang terlalu ketat. Oleh sebab itu, langkah penanganan yang sebaiknya terlebih dahulu anda lakukan adalah longgarkan pakaian penderita asma tadi. Semakin longgar dan semakin tidak mengganggu bagian dada dan leher, akan semakin baik manfaatnya untuk penderita asma yang kambuh.

  1. Manfaatkan Alat Bronkodilator

Jika anda tidak menemukan alat inhaler, maka anda dapat menggunakan juga alat bronkodilator. Alat ini juga salah satu alat yang dapat memberikan pertolongan pertama bagi para penderita asma yang kambuh. Alat ini akan membuka saluran udara yang menyempit sebelumnya karena asma. Hirup selama beberapa saat dan hasilnya akan terasa untuk setidaknya memperpanjang masa waktu hingga pertolongan medis datang.

  1. Posisikan Penderita Asma dalam Kondisi Duduk Tegak

Saat penderita asma kambuh di sekitar anda, cobalah anda posisikan penderita perlahan-lahan untuk ada dalam posisi duduk tegak. Dalam posisi ini pernapasan paling mudah dilakukan. Jadi penderita asma yang ingin anda berikan pertolongan pertama pada asma tanpa obat pun sebaiknya dilakukan dalam posisi duduk tegak ini. Saat posisi tegak ini, penderita asma akan lebih mudah bernapas dan lebih lega posisi dada dan lehernya.

Sponsors Link

  1. Segera Hubungi Ambulans, Jika Kondisi Semakin Tidak Memungkinkan

Anda tidak bisa menangani hingga penderita asma kembali pulih. Itulah mengapa sejak awal anda harus segera menghubungi ambulans. Ambulans akan segera datang dan sambil menunggu ambulans datang itulah anda dapat melakukan berbagai bantuan kesehatan. Anda dapat menghubungi ambulans dengan menelepon ke 119/911. Informasikan kondisi pasien dan lokasi anda berada. Mintalah instruksi apa yang harus anda lakukan selama menunggu bantuan datang.

  1. Tenangkan Penderita dan Minta Tarik Napas Perlahan

Menghadapi asma yang kambuh pun dapat anda tangani dengan tetap tenang. Pastikan pasien pun ada dalam kondisi tenang. Semakin tidak tenang pasien, semakin sulit juga proses bernapas dilakukan dan gejala penyakit asma semakin cepat bermunculan. Berikan bantuan untuk semakin menenangkan pasien. Salah satunya dapat anda lakukan dengan cara memintanya menarik dan mengeluarkan napas perlahan-lahan beberapa kali.

Demikianlah tadi informasi mengenai berbagai cara penanganan penyakit asma dengan tepat dan dapat anda lakukan secepat mungkin. Tahapannya memang bisa berbeda-beda pada setiap orang sesuai kebutuhan dan tingkat keparahan asmanya.

Anda yang menguasai cara penanganan ini akan sangat baik dalam menghadapi resiko penderita asma kambuh sewaktu-waktu. Jadi tetap tenang dan tangani asma dengan tepat sesuai instruksi yang dijelaskan di atas!

, , ,
Oleh :
Kategori : Asma