Sponsors Link

6 Cara Penanganan Sesak Nafas yang Tiba-tiba

Sponsors Link

Banyaknya paparan debu dan polusi seringkli membuat saluran pernafasan kita mengalami ciri – ciri paru – paru tidak sehat seperti sesak nafas yang nantinya bakal mempengaruhi tubuh menderita penyakit saluran pernafan seperti gejala pleuritis, gejala penyakit emfisema, ataupun kompliksi bronkitis. Untuk itu penting untuk kalian mencari cara penanganan sesak nafas supaya akibat yang ditimbulkan tidak mempengaruhi kondisi kesehatan kalian.

ads
  1. Pursed lip-breathing

Pursed lip-breathing merupakan merupakan salah satu teknik  untuk penderita sesak nafas. Caranya mudah sekali bahkan kamu bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja saat sesak nafas melanda. Yaitu dengan merelaksasikan otot – otot pada leher dan bahu kemudian ambil nafas secara perlahan menggunkan hidung dan hembuskan nafas kembali melalui mulut. Cara ini dipercaya mampu membuat paru – paru menghirup udara lebih banyak dan efektif.

  1. Berbaring

Membaringkan tubuh dan berusaha sesantai dan serileks mungkin adalah langkah yang tepat untuk menangani serangan sesak nafas. Kalian bisa membaringkan tubuh dengan posisi kepala lebih tinggi dari tubuh daan tetap usahakan punggun dalam posisi lurus. Dengan begitu akan memudahkan kalian dalam menghirup nafas.

  1. Pernafasan diafragma

Pernafasan diafragma merupakan salah satu teknik pernafasan yang dapat kalian lakukan di mana saja. Caranya yaitu kalian hanya perlu duduk dengan posisi lutut, bahu, kepala dan leher yang rileks. Lalu kalian bisa mulai bearnafas dengan hidung dan saat menghembuskan nafas usahakan kalian mengencangkan otot perut dan keluarkan lewat mulut. Dengan begitu sesak nafas yang kalian derita perlahan – lahan akan berkurang.

  1. Batuk

Berdehem atau batuk juga mampu melancarakan saluran pernafasan kalian loh. Dengan melakukan batuk atau berdehem dapat membuat lendir yang yang ada di saluran pernafasan terdorong keluar dan membuat udara yang masuk ke paru – paru lebih maksimal.

  1. Berdiri sambil bersandar

Saat kalian sedang berjalan atau berdiri dan terserang sesak nafas secara tiba – tiba, maka langkah yang harus kalian lakukan yaitu kamu hanya perlu menenangkan diri dan bersandar pada dinding atau objek lainnya yang bisa kalian gunakan untuk bersandar dan condongkan tubuh kalian agak ke depan. Dengan begitu kalian bisa menghirup udara semaksimal mungkin.

Sponsors Link

  1. Duduk dengan posisi agak membungkuk

Cara penanganan sesak nfas berikutnya yaitu dengan memposisikan tubuh agak sedikit membungkuk ke depan sambil duduk. Tetap dalam posisi tersebut jangan lupa untuk membuat otot – otot leher dan bahu tetap rileks dan kalian juga bisa menggunakan bantal untuk menyangga kepala supaya mendapatkan posisi yang lebih nyaman. Dengan posisi seperti itu kalian akan mendapatkan pasokan oksigen yang lebih maksimal sehingga paru – paru kalian tidak kekurangan oksigen dan sesak nafas bisa segera hilang.

Penting diketahui bahwa cara – cara di atas juga dapat kalian lakukan sebagai cara penanganan sesak nafas mendadak. Namun perlu diingat bahwa cara – cara di atas tidak dapat dijadikan sebagai cara penanganan sesak nafas yang disebabkan adanya komplikasi saluran pernafasan. Cara  – cara tersebut dilakukan untuk mengurangi gejala sesak nafas karena adanya paparan debu dan polusi.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Sesak Nafas