Sponsors Link

5 Cara Penularan Emfisema yang Wajib Diperhatikan

Sponsors Link

Emfisema merupakan jenis penyakit menyerang organ paru paru menyebabkan mengalami kesulitan bernafas, bagian kantung udara paru paru semakin melemah hingga mengurangi ukuran permukaan paru paru. Cara penularan emfisema melalui udara yang masuk ke dalam paru paru, apabila kurang berfungsi secara maksimal membuat udara kotor yang masuk ke dalam paru paru tidak dapat keluar atau tertinggal dalam rongga paru paru.

ads

Pada awal emfisema tidak menunjukkan gejala khusus hingga tidak menyadari gejala dan merasa kondisi lebih parah yaitu tidak bisa melakukan pekerjaan berat dan membutuhkan alat bantu pernafasan untuk memperlancarnya, yang perlu diwaspadai apabila kuku menjadi biru lebih gelap.

Emfisema terjadi karena paru paru disebabkan oleh asap rokok, berikut beberapa penyebab emfisema yaitu:

  • Paparan asap rokok.
  • Narkoba, kebiasaan menghisap ganja.
  • Asap kendaraan dan polusi udara.
  • Asap industri atau pabrik.

Ada beberapa hal yang menjadi faktor resiko tinggi terkena emfisema, yaitu:

  • Perokok aktif.
  • Perokok usia empat puluh sampai enam puluh tahun.
  • Orang yang terkena paparan asap rokok (perokok pasif).
  • Orang yang bekerja pada industri pabrik.

Gejala-gejala umum dari emfisema, yaitu:

  • Kesulitan bernafas.
  • Kelelahan.
  • Dada seperti barel atau tong (dada bulat dan menonjol).
  • Sianosis (warna kebiruan pada kulit, kuku dan ujung jari).
  • Penurunan sistem imun.

Emfisema termasuk penyakit kronis yang dicirikan oleh kerusakan pada jaringan paru paru sehingga kehilangan keelastisitasnya. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak yang sering terkena asap rokok beresiko terserang penyakit emfisema. Emfisema paru merupakan penyakit menahun, terjadi sedikit demi sedikit dalam kurun waktu tahunan.

Udara dalam paru paru yang tidak dapat keluar dan masuk, memperbesar kantung udara karena penumpukan udara, Cara penularan emfisema adalah:

1. Rokok

Rokok menyebabkan gangguan pergerakan silia pada saluran pernafasan, menghambat fungsi makrofak alveoli, menyebabkan hipertrofi dan hiperplasia kelenjar mukus bronkus. Hal ini membuat paru paru kotor dikarenakan terkena asap rokok, perlu diperhatikan ciri paru paru kotor dan cara merawat paru paru bagi perokok sehingga dapat terhindar dari berbagai penyakit paru paru.

2, Polusi udara

Adanya infeksi pada saluran pernafasan memicu emfisema, membuat kerusakan pada paru paru. Polusi udara ini bisa karena asap kendaraan bermotor atau debu di dapat di dalam maupun luar rumah. Maka harus bisa menjaga kebersihan dengan cara membersihkan paru paru dari debu.

Sponsors Link

3. Faktor genetik

Dalam hal ini apabila penderita mempunyai riwayat keturunan mempunyai resiko terkena emfisema atau juga anak-anak yang sering terkena asap rokok dari orang tuanya perokok aktif punyai resiko terserang penyakit ini.

4. Riwayat penyakit paru paru

Dimana penderita mempunyai riwayat sakit paru paru, sehingga mempermudah terkena emfisema. Perlu diketahui gejala awal sakit paru paru agar terhindar dari penyakit paru paru dengan cara mengecek paru paru sehat dalam kehidupannya sehari-hari.

5. Lemahnya sistem imun tubuh

Dengan lemahnya kekebalan tubuh dapat mempermudah terkena berbagai penyakit, salah satunya penyakit paru paru karena tubuh tidak memiliki sitem penangkal segala penyakit.

Dari kelima hal cara penularan emfisema tersebut di atas, maka perlu cara meningkatkan kapasitas paru paru hingga terhindar dari berbagai penyakit paru paru.

, , , , , ,