Sponsors Link

3 Cara Penularan Penyakit Paru Paru yang Harus di Waspadai

Sponsors Link

Salah satu organ penting dalam tubuh yang memiliki fungsi vital yaitu paru paru, dimana perlu diketahui pengertian penyakit paru paru dan gejalanya sehingga dapat dijaga kesehatannya. Penyakit yang menyerang paru paru kebanyakan penyakit menular meskipun ada yang tidak dan sebelum terkena penyakit paru paru, perlu dipahami pencegahan penyakit paru paru dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya resiko tinggi yang diderita penyakit paru paru akibat tertular, maka perlu diketahui cara penularan penyakit paru paru dalam menjaga kesehatan paru paru.

ads

Ciri paru paru normal dapat dilihat dari fungsinya dalam tubuh yaitu dengan membantu oksigen masuk ke dalam sel merah, mengubah pH darah, mengontrol tekanan darah, melindungi hati, menyaring darah, hingga dengan paru paru dapat menggerakkan tubuh dalam menjalankan aktifitas setiap hari, dimana penyakit paru paru termasuk penyakit menular, yaitu penyakit yang dapat berpindah dari orang yang sakit ke orang yang sehat atau belum terkena penyakit tersebut dan dapat terjadi baik melalui perantara maupun secara langsung.

Menurut diagnosa para ahli medis dokter paru paru bahwa paru paru dapat menular disebabkan oleh virus, bakteri dan jamur. Berikut cara penularan penyakit paru paru yaitu antara lain:

1. Benda pribadi

Benda pribadi disini seperti sendok dan alat makan lain yang bisa menjadi media penularan penyakit paru paru basah. Oleh karenanya hindari penggunaan benda pribadi penderita penyakit paru paru supaya terhindar dari resiko tinggi tertular penyakit paru paru.

Selain itu juga perlu dijaga makanan dan minuman agar terhindar dari penyakit paru paru dalam hal ini ada pantangan penyakit paru paru basah. Paru paru basah dikarenakan paru paru berair dan perlu mengetahui tanda-tanda paru paru berair dan bahaya paru paru berair supaya dapat erhindar dari resiko terkena penyakit tersebut.

2. Udara

Penyebab paru paru basah adalah virus atau bakteri yang bertebangan melalui udara dan terhirup hingga menginfeksi tubuh, dimana virus atau bakteri penyebab terjadinya penyakit menular akan berada di udara dan menyerang orang yang menghirupnya apalagi berada di dekatnya secara langsung akan mudah tertular.

Tubuh yang terinfeksi virus atau bakteri melalui udara tersebut dapat membuat infeksi paru paru dan perlu dilakukan cara mengatasi infeksi paru paru dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari.

3. Batuk dan bersin

Melalui batuk dan bersin, bakteri dan virus penyebab paru paru basah lewat udara akan beresiko terkena penyakit paru paru basah. Maka dari itu setiap batuk maupun bersin dianjurkan untuk menutupnya dengan telapak tangan biar tidak menularkan virus dan bakteri ke orang sekitar.

Sponsors Link

Batuk yang terus menerus merupakan gejala awal sakit paru paru yang tidak dapat dengan mudah hilang walau sudah diminumin obat batuk. Supaya tidak mudah tertular sebaiknya menggunakan masker untuk sementara dapat mencegah resiko terkena penyakit tersebut.

Dari beberapa cara penularan penyakit paru paru di atas maka harus bisa menjaga kebersihan lingkungan biar kesehatan tubuh terjaga khususnya paru paru, karena paru paru termasuk penyakit menular yang dapat menyebabkan kematian. Dengan cara meningkatkan kapasitas paru paru dapat mencegah resiko tinggi terkena penyakit paru paru.

, , , ,