4 Cara Penularan Penyakit TB pada Manusia

Cara penularan penyakit TB ternyata ada sangat banyak jumlahnya, dan tergolong informasi yang kurang banyak diketahui dalam masyarakat. Anda tentu sudah mengetahui bahwa penyakit TB adalah salah satu penyakit yang menular. Namun, sudahkah anda tahu bagaimana cara penularan penyakit tersebut? Jika anda belum mengetahuinya, maka pada bagian di bawah ini akan coba dijelaskan apa saja cara-cara dan media yang dapat menjadi awal anda terjangkit penyakit TB. Namun sebelumnya, marilah kita pelajari dari awal apa itu penyakit TB.

Sakit tubercolosis (TB) atau (TBC) merupakan salah satu penyakit yang bisa membuat anda merasa sulit untuk bernafas secara normal. Pernafasan yang terganggu ini diketahui diakibatkan oleh sebuah kondisi di mana sistem kekebalan tubuh anda menurun. Penurunan kekebalan tubuh ini diawali dari adanya bakteri bernama Mycobacterium tubercolocsis.

Bakteri inilah yang kemudian infeksi organ-organ dalam sistem pernafasan anda. Khususnya infeksi akan terjadi parah pada organ paru-paru anda. Jadi bagian sistem pernafasan anda akan terganggu dan menyebabkan anda sering menunjukkan tanda tanda penyakit TB paru yang meliputi batuk dan tubuh anda pun akan menurun beratnya. Anda perlu mengetahui apa saja cara penularannya untuk dapat mencegahnya. Apa saja cara penularan tersebut? Simak penjelasannya di bagian berikut ini.

Cara Penularan Penyakit TB pada Manusia

Anda tidak boleh menganggap remeh penyakit TB ini. Ada banyak hal yang dapat membuat anda tertular dan selanjutnya anda perlu menjalani pengobatan dalam jangka waktu panjang. Itulah sebabnya lebih baik anda melakukan cara mencegah TB ini daripada melalui pengobatannya. Agar dapat melakukan pencegahan penyakit paru paru, maka yang dapat anda lakukan adalah mewaspadai berbagai cara penularannya. Apa saja macam cara penularan tersebut dapat anda ketahui di bawah ini.

1. TB Menular Melalui Kontak Tangan dengan Penderita TB

Penularan pertama dapat terjadi ketika anda melakukan jabat tangan dengan penderita sakit TB. Berikut inilah salah satu cara penularan penyakit TB yang selalu sering anda menganggapnya seperti sepele.

Oleh karena itu, mulai saat ini sebaiknya anda mengurangi kontak dengan penderita TB. Khususnya, telapak tangan adalah bagian yang banyak mengeluarkan keringat dan anda dapat bertukar cairan tubuh dengan penderita TB tersebut. Akhirnya, and pun kemudian dapat tertular karenanya.

1. TB Menular Melalui Kebiasaan Makan dan Minum Bersama dengan Penderita TB

Cara penularan TBC paru yang kedua ini dapat terjadi ketika anda makan dan minum dengan penderita TB menggunakan alat-alat secara bersama-sama. Alasannya, bakteri TB menjadi lebih cepat untuk masuk ke tubuh anda melalui mulut yang bersentuhan langsung dengan alat-alat yang anda gunakan secara bersama-sama dengan penderita TB tersebut.

Sebaiknya, and berusaha untuk tidak sampai tertular dengan menghindari menggunakan alat makan dan minum yang sama dengan siapapun. Pastikanlah anda tidak pernah melakukan kontak yang dapat mengakibatkan pertukaran cairan antara anda dan penderita TB.

1. TB Menular Melalui Bersin dan Batuk yang Keluar dari Penderita TB

Selanjutnya, anda juga dapat mewaspadai kemungkinan penularan penyakit TB melalui udara. Artinya, TB sangat mungkin dapat menular dengan cara penularan TBC seperti karena anda sedang ada di sekitar penderita TB yang terus menerus batuk dan bersin. Jika seperti ini, maka bakteri sedang berpindah dari penderita TB ke orang-orang yang ada di sekitarnya. Termasuk juga anda. Jadi lebih waspadalah dan gunakan masker setiap waktu jika diperlukan.

1. TB Menular Melalui Kontak Mulut dengan Penderita TB (Berciuman)

Terakhir, waspadailah juga kebiasaan melakukan kontak mulut seperti berciuman dengan orang-orang yang tidak anda ketahui kondisi kesehatannya. Berciuman adalah salah satu cara penularan TB termudah karena bakteri langsung dipindahkan dan masuk ke tubuh melalui mulut. Jadi anda kemudian akan mengalami TB tanpa butuh waktu lama. Harusnya anda dapat melakukan cara mencegah TBC dengan tidak berciuman sembarangan dengan orang-orang yang menunjukkan gejala TBC.

Itulah tadi informasi mengenai apa saja 4 cara penularan penyakit TB yang mungkin belum anda ketahui sebelumnya. Semoga setelah anda mengetahui informasi tadi, anda menjadi lebih berhati-hati. Akhirnya, tubuh anda pun dapat kembali terjaga dan terhindar dari penyakit menahun yang menyerang paru-paru tersebut. Semoga anda pun dapat kembali sehat dan membantu orang-orang di sekitar anda juga sehat dengan menyebarkan informasi ini.

, , , ,
Kategori : Tuberkulosis