5 Cara Penularan TBC Ketahui Juga Cara Pencegahannya

Hello teman-teman? Apa kalian tahu, apa itu TBC? Nah TBC itu singkatan dari Tuberculosis. Yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis. Dan apakah kalian tahu? TBC itu salah satu penyakit yang menyebabkan kematian. Wah horor kan?

Oke, kalian sudah tahu kan? Karena itu, di sini akan dibahas tentang bagaimana penularan dan cara pencegahan dari penyakit Tuberculosis. Dan diharapkan teman-teman bisa mengerti, memahami, dan mewaspadai agar jangan sampai tertular penyakit TBC. Bagi teman-teman yang sudah terinfeksi atau ada teman, saudara, atau keluarga yang terinfeksi TBC bisa tahu bagaimana cara pengobatannya.

Penularan dari TBC ini harus diwaspadai dengan beberapa tindakan-tindakan pencegahan. Salah satu caranya adalah ketika bersin atau batuk harap menutupnya dengan tissue atau dengan sapu tangan. Dan apabila saat kita berbicara dengan penderita TBC harap menjaga jarak, menjaga jarak karena bukan muhrim? Bukan teman-teman, tapi karena nanti kita bisa tertular. Oh git? Iya teman-teman. (Baca juga: Gejala TBC pada Anak)

Perlu kita ketahui bahwa penularan TBC itu paling umum terjadi melalui udara. Walaupun pada dasarnya, tidak semudah yang kita bayangkan ya. Tidak semua orang yang menghirup udara yang telah mengandung bakteri Mycobacterium Tuberculosis, langsung terkena atau langsung sakit. Akan sakit, apabila bakteri yang terhirup lalu sistem imun kita tidak bisa menyingkirkan bakterinya, sehingga bakteri berdiam di paru-paru kita.

Bagaimana jika telah terhirup bakteri Mycobacterium Tuberculosis? Nah, ada dua kondisi yang mungkin terjadi yaitu : (Baca juga: Cara Mengobati TBC Secara Alami )

1. Laten

Apa itu laten? Laten yaitu ketika kondisi tubuh sudah didiami oleh bakteri TB. Di saat sistem imun atau kekebalan kita sedang membaik, maka kita dapat mencegah bakteri. Kita tidak mengalami gejala-gejala penyakit TBC dan tidak pula berpotensi untuk menularkan kepada orang lain.

Walaupun begitu, bakteri Mycobacterium Tuberculosis dapat aktif dan menyerang kita kembali sewaktu- waktu. Apalagi saat kekebalan atau sistem imun sedang melemah. Sudah tahu kan? Apa itu Laten? Penjelasannya masih berlanjut ya teman-teman.

Karena begitu, meskipun saat dalam kondisi laten. Kita masih harus memeriksakan diri ke Dokter, agar kita mendapatkan pengobatan antibiotik untuk mencegah penyakit TBC. Apakah kalian tahu apa akibat jika seseorang dalam kondisi laten, namun tidak mendapatkan perawatan? Maka akan lima sampai sekitar sepuluh persen lebih tinggi peluangnya terkena penyakit TBC.

Nah ayo dari sekarang jangan malas berobat, lebih baik mencegah daripada mengobati. Betul kan? Ayoooo hidup sehat!

2. Mengidap TBC Aktif

Nah ini dia. Mengidap TBC aktif adalah kondisi di mana kalian telah mengidap sakit TBC. Bakteri Mycobacterium Tuberculosis telah aktif di dalam tubuh kalian. Telah timbul berbagai gejala seperti batuk, lemas, sesak napas, dan gejala lainnya.

Selain tubuh telah terserang, maka kita mampu menularkannya pula kepada orang lain. Wah bahaya bukan? Maka dari itu, bagi para pengidap TBC aktif, disarankan untuk mengenakan masker, menutup mulut terutama ketika bersin, dan usahakan jangan membuang ludah sembarangan. Bagi para penderita TBC maka harus segera berobat ke dokter, dikhawatirkan akan tambah parah, dan membahayakan jiwa.

Selain dari saran yang telah disebutkan, maka sebaiknya kalian harus berobat dengan rutin. Berobat secara medis dengan rutin, minum obat secara teratur. Ikutilah semua prosedur yang telah dibuat oleh dokter. Jangan coba-coba melanggar, karena dapat berakibat fatal bagi kesehatan tubuh kalian.

Ada banyak orang yang berobat untuk TBC, namun mereka berobat tidak sampai tuntas atau selesai. Mengakibatkan bakteri TBC itu muncul lagi, aktif lagi dan menyerang tubuhnya lagi. Bagi yang nggak biasa minum obat, paksain aja deh. Yang penting sembuh dan sehat, agar bisa beraktivitas seperti biasanya.

Cara Penularan TBC

Dan jangan pula bagi yang sehat, kemudian menjauhi saudara kita yang terkena TBC. Ada beberapa hal yang dianggap dapat menularkan TBC yaitu :

1. Berjabat tangan dengan penderita sakit TBC
  2. Berbagi makan dan minum bersama orang yang terinfeksi TBC
  3. Ciuman
  4. Menyentuh atau memegang bagian toilet
  5. Menggunakan sikat gigi bersama dengan orang yang terinfeksi TBC

Lima hal diatas, tidaklah perlu dikhawatirkan. Karena hal di atas tidaklah bisa menularkan sakit TBC kepada yang sehat. So jangan takut ya. Dan jangan jauhi mereka yang terinfeksi, tapi rangkul mereka bersama dan berikan motivasi.

Nah, itulah beberapa cara dari penularan penyakit TBC terhadap kita. Sudah mengerti kan? Syukurlah, jika sudah. Oke selanjutnya kita akan membahas tentang bagaimana cara pencegahannya? Ini sangat penting untuk dibaca, karena kita bisa menghindar dari penyakitnya ya, ingat!

Pencegahan TBC

Bukan menghindar dari orang yang menderita TBC. Yang harus kita pahami, jauhi penyakitnya bukan orangnya. Lagi pula, siapa juga yang mau sakit TBC kan? Nah penderita TBC pun juga merasa begitu, mereka juga sebenarnya tidak mau. Jadi, sebagai yang masih sehat, jangan pula sombong dan menjauhi penderita oke guys? Nah ini dia cara-cara pencegahan dari sakit TBC :

1. Makanan yang Baik dan Sehat

Makanan yang baik dan sehat sudah tentunya merupakan hal yang baik bagi setiap manusia. Karena bukan hanya akan mencegah dari TBC namun juga bisa terhindar dari penyakit lainnya, seperti  Diare contohnya. Ya, diare terjadi karena makanan kotor yang kita masukan ke dalam tubuh. Makanan hendaknya menjadi obat bagi tubuh untuk mencegah kemungkinan terjadi malnutrisi yang dapat dihindari.

2. Olahraga teratur

Siapa yang malas olahraga? Pasti banyak sekali, apalagi semenjak kata “Mager” meluas dengan cepat di kalangan anak muda. Waduh, seharusnya jangan begitu teman-teman. Karena olahraga itu sangat baik bagi kesehatan kita. Dengan olahraga dapat memperlancar aliran darah dalam tubuh kita. Selalu ingat bahwa olahraga secara teratur minimal lima belas menit per hari. Hanya lima belas menit lho. Bisa kan? Jika bermain handphone saja kita mampu berjam-jam. Ayo biasakan hidup sehat dengan olahraga yang teratur. (Baca Juga: Gejala TBC pada Bayi)

3. Mendapat Sinar Matahari

Perlu kita pahami, bahwa orang yang menderita sakit TBC akan sangat membutuhkan oksigen karena akibat rusaknya jaringan paru-paru. Menurut saya, lebih baik berolahraga secara teratur di pagi hari, sehingga bisa menghirup segarnya oksigen di pagi hari. Sekaligus kita akan mendapatkan sinar matahari pagi. Sinar matahari pagi sangat baik bagi tubuh kita. Karena ada banyak vitamin yang baik bagi tubuh dari matahari pagi.

Bagi yang males bangun pagi, please bangunlah! Karena sinar matahari pagi itu baik banget, dan tidur di pagi hari itu tidak baik bagi kesehatan kita.

4. Organ Pembuangan

Apakah kalian tahu apa saja organ pembuangan di tubuh kita? Yaitu usus besar, paru-paru, kulit, ginjal, dan saluran getah bening. Apa hubungannya dengan pencegahan TBC? Tentu saja ada hubungannya. Agar proses pembuangan racun dalam tubuh sempurna, maka kita harus menjaga fungsi dari organ pembungan dalam tubuh kita ini.

Menjaganya bagaimana? Makanlah makanan yang mengandung nutrisi, bukan yang bersifat merusak bagian tubuh kita. Sudah mengerti bukan? Oke, jika sudah mengerti dan paham. (Baca Juga: Ciri Ciri TBC Pada Orang Dewasa)

Pencegahan Bagi yang Sudah Terinfeksi TBC

Di atas itu adalah pencegahan untuk bagi yang belum terinfeksi atau belum menderita penyakit TBC. Tentu saja beda cara pencegahan antara yang sudah terinfeksi dengan yang belum terinfeksi penyakit TBC. Karena di atas adalah cara pencegahan untuk yang belum terinfeksi, maka selanjutnya yang akan kita bahas adalah cara pencegahan bagi mereka yang telah terinfeksi peyakit TBC , yakni:

1. Gunakanlah masker mulut yang bersih, dan gantilah setiap hari masker yang digunakan. Jika tidak mengganti masker, maka penyakit akan bersarang di masker dan semakin memperburuk keadaaan kalian.
  2. Jangan meludah sembarangan tempat. Hal ini bisa mencegah terjadinya penularan terhadap orang-orang di sekitar kita.
  3. Hindarilah pada tempat yang terlalu dingin untuk kalian.
  4. Konsumsilah makanan yang baik dan sehat. Makanan yang mengandung karbohidrat, dan protein. Jangan konsumsi makanan yang tidak bersih dan makanan yang mengandung racun, sangat berbahaya bagi kondisi kalian.
  5. Penyakit TBC akan lebih mudah menyebar luas jika penderita berada di ruang tertutup dan di mana udara tidak bisa bergerak dengan bebas. Karena itu, usahakan ventilasi kamar atau rumah baik, dan buka jendela agar sirkulasi udara berjalan dengan lancar.
  6. Bagi penderita, segeralah berobat ke dokter atau rumah sakit terdekat. Agar segera ditangani dan agar penyakit TBC tidak semakin parah. Yang perlu diingat, apabila gejala dari TBC telah muncul, segeralah pergi berobat. Jangan ditunda-tunda, apalagi jika batuk kian parah. Dan apabila telah menjalani pengobatan, berobatlah sesuai dengan anjuran Dokter. Konsumsi obat teratur sampai benar-benar sembuh total. Jangan sampai berobat setengah-setengah, karena akan tambah memperburuk keadaan kalian. Serta membuat bakteri di paru-paru semakin kuat dan bersarang di paru-paru.
  7. Pemberian vaksin BCG ini harus diberikan secara rutin kepada Balita sesuai anjuran dokter. Pemberian vaksin BCG ini akan mencegah terjadinya infeksi yang lebih parah dari penyakit TBC ini.

Hidup kurang sehat, padat, dan kumuh adalah lingkungan yang sangat mendukung perkembangan penyakit TBC dengan cepat dapat menular. Karena itu, kepadatan penduduk pada suatu daerah akan memepercepat perkembangan bakteri TBC. TBC aktif sangatlah membahayakan dan menyebabkan kematian. Bahkan organisasi kesehatan WHO telah mengatakan bahwa 1/3 penduduk dunia telah terinfeksi oleh bakteri yang menyebabkan terinfeksinya penyakit TBC. (Baca Juga: Hal Yang Menyebabkan TBC Menular pada Anak)

Biasakanlah hidup sehat, dengan biasa pola hidup sehat. Sehat itu tidak ada ruginya teman-teman. Justru dengan hidup sehat ini akan membuat kita sehat, bersih dan terhindar dari berbagai penyakit yang berbahaya bagi kesehatan dan tubuh kita. Jangan malas olahraga secara teratur, biasakan makan yang baik dan mengandung vitamin, protein, dan karbohidrat, jangan lupa seringlah ganti masker, jangan meludah sembarangan.

Nah, setelah memebaca artikel ini, semoga teman-teman bisa mengerti bagaimana cara penularan dan cara pencegahan dari penyakit TBC.

, ,
Kategori : Tuberkulosis