Sponsors Link

Waspadai 2 Cara Penularan TBC Paru yang Berbahaya

Sponsors Link

Cara penularan TBC Paru atau tuberkolosis adalah informasi yang akan dibagikan selanjutnya. Tidak dapat dibantah saat ini, semakin hari orang semakin khawatir dengan resiko penularan dari penyakit TBC ini. Terlebih lagi ketika sudah banyak masyarakat yang mengenal penyakit tbc paru dan bahayanya. TBC adalah penyakit dalam yang menyerang paru paru. Penyakit ini juga tergolong sebagai penyakit yang sangat kronis dibagian paru-paru manusia. Seseorang yang menderita TBC diketahui dapat terkena akibat dari penularan juga. Penularan yang dilakukan adalah penularan virus dan bakteri yang menyebabkan terjadinya infeksi di saluran paru paru. Infeksi ini kemudian menyebabkan sistem pernafasan oleh organ paru-paru tidak dapat berjalan dengan lancar.

ads

Virus dan bakteri yang tertular biasanya akan menyerang jaringan fibrosa yang membentuk dinding disekitaran sistem saluran. Jika sudah terjadi maka akan muncul gejala TBC pada orang dewasa ataupun gejala TBC pada anak yang mungkin saja berbeda. Jadi jika anda sudah terlanjur tertular TBC, maka anda harus menggunakan cara mengobati TBC dengan membasi bakteri tuberkolosis dari dalam paru-paru anda. Kebanyakan orang tentu lebih memilih untuk mencegah daripada mengobati. Jika ingin mencegah penularannya, maka perlu diketahui apa saja cara penularan TBC paru yang harus diwaspadai. Informasi yang beredar dikalangan masyarakat menyimpulkan bahwa penyakit TBC paru dapat menular dari berbagai media, tapi yang paling populer adalah melalui udara. Namun disisi lain Selain itu, apakah masih ada lagi media penularan TBC Paru yang harus diwaspadai? Bagi anda yang ingin mengetahuinya, simaklah penjelasan selanjutnya di bawah ini.

Jenis Penularan TBC dan Bagaimana Seseorang dapat Menderita TBC

Pada bagian di atas sudah disebutkan bahwa, TBC paling mudah menular dengan media udara. Namun tahukah anda bahwa ada beberapa jenis TBC dan juga cara penularan TBC Paru? TBC dapat terjadi pada siapa saja di usia berapa saja, setidaknya gejala TBC pada bayi saja mungkin terjadi. Oleh sebab itu, pada bagian pertama ini akan dijelaskan dua jenis penyakit TBC pada manusia.

  1. TBC Laten

Jenis TBC laten ini diketahui adalah TBC yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh penderitanya sangat lemah. Seseorang yang sembuh dari penyakit TBC ini dapat sembuh kembali, namun harus diwaspadai selanjutnya resiko jika sewaktu-waktu bakteri tbc dapat menyerang kesehatan anda kembali. Perawatan terbaik yang harus anda lakukan adalah dengan selalu memeriksakan kondisi tubuh anda kepada dokter untuk mendapatkan obat anti biotik guna pencegahan secara dini dengan rutin.

  1. TBC Aktif

Jenis penyakit TBC aktif menunjukkan bahwa bakteri TBC selalu ada dan aktif dalam tubuhnya. Resiko penularan jenis TBC ini dapat ditularkan melalui media air liur. Oleh sebab itulah, pengidap TBC aktif disarankan untuk selalu menggunakan masker dan menggunakan barang barang seperti gelas, piring, sendok yang berbeda dengan orang di sekitarnya. Hal ini merupakan cara pencegahan penularan TBC yang paling cepat dilakukan.

Setelah mengetahui jenis TBC yang mungkin menyerang manusia, maka berikut ini akan diketahui apa saja cara penularan TBC paru yang harus anda waspadai. Semoga setelah mengetahui media penularan ini, anda dapat menghindarinya semaksimal mungkin agar tubuh anda tetap sehat.

Sponsors Link

  1. Melalui Media Udara

Cara penularan TBC paru adalah melalui media udara. Penularan ini memang sangat pasti terjadi karena caranya yang sangat instan. Misalnya orang lain dapat tertular ketika ada penderita TBC di sekitarnya yang batuk atau bersin, maka virus dan bakteri TBC ini akan otomatis masuk dan dihirup oleh anda. Daya tahan tubuh anda akan terus menurun hingga akhinya badan terus melemas. Fungsi organ paru paru pun sudah tidak lagi sehat. Hanya penyembuhan dengan meminum obat obatan secara rutin yang dapat memulihkannya.

  1. Melalui Cairan

Selain melalui media udara, penularan TBC paru juga dapat dilakukan dengan media cairan. Dalm hal ini cairan tersebut adalah air liur yang bisa menjadi media penularan melalui minuman dan makanan yang dibagikan menggunakan alat makan yang sama. Penularan diatas sangat berbahaya lantaran penyakit ini bisa berpotensi penyebaran virus lebih mudah dilakukan dan dengan segera dapat bekerja secara aktif. Ssebaiknya anda secepat mungkin membawa ke rumah sakit jika ciri ciri TBC pada orang dewasa menyerang anda, supaya dapat berkonsultasi dengan dokter. Cara pencegahan yang dapat anda lakukan adalah dengan tidak sembarangan menggunakan alat makan bersama sama.

Demikianlah informasi mengenai cara penularan TBC Paru yang mungkin terjadi pada anda. Berhati hatilah dan selalu waspadai dengan peluang penularan ini. Milikilah tubuh yang selalu sehat dengan tidak semmbarang menjaga daya tahan tubuh anda setiap waktu.

, , ,
Oleh :
Kategori : Tuberkulosis