Sponsors Link

7 Cara Terapi Uap untuk Asma Agar Cepat Sembuh

Sponsors Link

Cara terapi uap untuk asma merupakan informasi mengenai langkah langkah yang anda harus lakukan jika anda atau kerabat anda adalah seorang penderita asma. Asma adalah suatu penyakit yang menyerang sistem pernafasan manusia. Penyakit jenis ini dapat menyerang siapa saja di usia berapa saja. Seseorang yang terkena asma diketahui memiliki kemungkinan untuk menderita gejala asma yang cukup berbahaya. Tahukah anda apa saja gejala asma tersebut?

ads

Berbagai gejala penyakit asma diketahui sangat berbahaya, bahkan mungkin mengancam keselamatan nyawa. Anda perlu mewaspadai penyakit asma dan gejalanya ini. Penderita asma yang kambuh, seketika akan mengalami batuk batuk hingga kesulitan bernafas. Batuk tersebut akan menghambat pernafasan, sehingga penderita akan mengalami sesak. Itulah mengapa biasanya penderita asma akan sangat berhati-hati sekali dengan pemicu asma dapat kambuh.

Jika seorang penderita asma kambuh, baik itu anda sendiri, keluarga anda, teman anda, atau orang disekitar anda maka anda perlu segera membantu melalukan pertolongan pertama pada asma tanpa obat maupun dengan obat. Biasanya pertolongan pertama dari kekambuhan asma adalah obat asma itu sendiri. Jika tidak ada satu orang pun yang bisa dengan baik memberikan pertolongan pertama, maka penderita dapat terancam keselamatannya. Itulah sebabnya mengapa lebih baik asma yang kambuh dicegah sebisa mungkin.

Cara Terapi Uap Asma 

Salah satu cara yang dapat anda coba untuk mencegah asma mudah kambuh adalah dengan terapi uap. Terapi uap dikenal juga dengan istilah nebulizer jika menggunakan alat dan ada juga jenis lain yaitu terapi uap air panas untuk asma. Sebenarnya, nebulizer ini adalah juga istilah yang digunakan untuk menjelaskan teknik pengobatan dengan menghirup obat dalam bentuk uap. Sehingga permasalahan pernafasan seperti asma dapat ditangani dengan cepat dan tanggap. Penggunaan terapi uap untuk mencegah asma kambuh membutuhkan bantuan alat bernama sama yaitu nebulizer.

Penggunaan alat ini tidak mudah jika tidak mengetahui caranya. Jadi berikut ini informasi mengenai apa yang harus anda perhatikan dan lakukan dalam terapi uap asma. Hal yang harus anda perhatikan adalah mengenai kelengkapan alat nebulizer tersebut. Oleh sebab itu berikut ini informasi lengkap mengenai apa saja bagian alat nebulizer yang harus anda pastikan tersedia.

  • Kompresor: 1 Unit
  • Nebulizer Kit: 1 Unit
  • Mouthpice: 1 Unit
  • Masker Dewasa: 1 Unit
  • Masker Anak: 1 Unit
  • Filter Udara: 1 Unit
  • Pipa Udara 100 cm: 1 Unit

Setelah mengetahui informasi mengenai kelengkapan alat alat tersebut, maka berikut ini langkah langkah menggunakan nebulizer sebagai terapi uap untuk penderita asma ataupun terapi uap untuk sesak nafas. Simak penjelasannya pada bagian di bawah ini:

  1. Sambungkan Alat dan Aktifkan

Sebelum digunakan, tentunya semua alat yang disebutkan di atas sudah terpasang dan tersambung dengan tepat. Jika sudah, sambungkan alat ke stop kontak dan nyalakan aliran listriknya.

  1. Lepaskan Inhalation Top

Sebelum digunakan, pastikanlah untuk melepaskan inhalation top. Buka bagiannya untuk digunakan selanjutnya disambungkan dengan tanki obat.

  1. Masukan Obat ke Tanki Obat

Sebelum disambungkan ke inhalation top, anda perlu memasukan obat asma ke dalam tanki obat. Obat ini akan diubah menjadi berbentuk uap untuk dihirup oleh pasien.

Sponsors Link

  1. Hubungkan Inhalation Top dan Tanki Obat

Jika sudah dimasukan obat, sekarang hubungkanlah inhalation top tersebut dengan tanki obat. Selanjutnya, melalui sambungan inilah terapi uap dapat dilaksanakan.

  1. Pasang Masker/ Mouthpiece/ Nosepiece

Pasanglah masker, mouthpiece, atau nosepiece pada penderita asma. Jika penderita anak-anak, maka gunakanlah alat ukuran anak-anak.

  1. Pastikan Penanda Panah ada di Depan Pasien

Selain itu, ada penanda panah yang perlu diletakan di hadapan pasien. Tujuannya adalah agar obat yang telah dimasukan tidak dihirup hingga tumpah ke pasien.

  1. Matikan Alat setelah Selesai

Agar alat tidak cepat rusak, pastikan untuk selalu mematikan dan merawatnya setelah selesai digunakan.

Itulah tadi informasi mengenai cara terapi uap asma untuk mencegah penyakit asma kambuh dengan fungsi nebulizer ventolin di dalamnya. Selamat menggunakan cara bermanfaat ini untuk memiliki tubuh yang sehat dan asma tidak kambuh lagi.

, ,
Oleh :
Kategori : Asma