8 Ciri Ciri Bronkitis Yang Paling Berbahaya

Ciri ciri bronkitis penyebab pneumonia memang harus diwaspadai. Pasalnya, banyak masyarakat masih menganggap bronkitis hanya demam ringan. Padahal, faktanya tidak demikian.

Bronkitis adalah penyakit yang sangat berbahaya. Karena yang mengalami infeksi adalah saluran udara di paru paru. Efeknya bahkan bisa menimbulkan kematian. Maka dari itu, mempelajari tanda tanda bronkitis sejak dini, sangat dianjurkan.

Apa Itu Bronkitis?

Penyakit bronkitis adalah bahaya penyakit pneumonia yang disebabkan oleh virus yang menyerang saluran udara paru paru. Umumnya, hal ini diakibatkan oleh terhambatnya produksi lendir saking menumpuknya debu di sana. Efeknya adalah lendir paru kurang dari kadar sehat.

Jika kadar lendir paru berkurang, organ menjadi kering. Sehingga, infeksi virus berhasil melukai organ. Akibatnya, paru paru meradang atau mengalami inflamasi.

Jenis Jenis Bronkitis

Penyakit bronkitis dan pneumonia terbagi menjadi dua jenis. Yaitu bronkitis akut dan bronkitis kronis. Perbedaan keduanya yang umum terletak pada penyebabnya. Bronkitis akut karena virus sedangkan bronkitis kronis karena kebiasaan merokok dan minum alkohol.

Menurut riset medis, kedua jenis bronkitis di atas, memiliki bahaya yang sama. Bahkan, jika tidak diobati hingga stadium tinggi, pasiennya bisa meninggal dunia.

Ciri Ciri Bronkitis

Menganggap gejala bronkitis hanya demam ringan saja, adalah argumen yang kurang lengkap. Karena pasalnya, ciri ciri bronkitis sangatlah banyak bahkan termasuk gejala komplikasi pneumotoraks. Berikut kami jabarkan, yaitu:

1. Batuk Kering Berkepanjangan

Gejala inti penyakit bronkitis adalah batu kering. Namun, bukan batuk kering biasa, melainkan batuk yang tidak sembuh-sembuh. Bahkan, sebagian medis menyatakan batuk kering bronkitis tergolong produktif.

Jika gejala ini sudah muncul, segera lakukan pemeriksaan medis. Supaya bisa diketahui penyebab yang sebenarnya.

2. Mengeluarkan Dahak Berwarna Kuning

Jika anda batuk dan mengeluarkan dahak berwarna kuning, bisa jadi itu gejala bronkitis. Karena dahak yang normal, warnanya adalah perpaduan antara putih dengan bening.

3. Sesak Napas

Sebagian besar penderita bronkitis mengalami gejala bahaya pneumotoraks yaitu mengi atau sesak napas. Maka dari itu, beberapa orang yang awam, menganggap bronkitis adalah penyakit asma.

Jika gejala ini menyerang anak anak, biasanya diikuti dengan suara aneh ketika bernafas. Anda bisa mendeteksinya ketika mereka sedang tidur di malam hari.

4. Nyeri di Bawah Tulang Dada

Gejala bronkitis selanjutnya adalah terasa nyeri di bawah dada. Rasanya semakin tajam ketika anda bernafas. Jika nyeri menyebar ke seluruh tubuh, berarti bronkitis yang anda alami sudah parah.

5. Mudah Lelah

Akibat batuk, sesak napas dan rasa nyeri yang tajam, tentu pasien bronkitis akan bermasalah dengan vitalitas. Karena gejala di atas benar-benar menguras tenaga. Rasa lelah dan lemas akan semakin buruk, jika gejala demam sudah muncul dan tidak diobati dengan cara membersihkan paru paru dari flek. Dijamin dengannya, anda tidak akan bisa beraktivitas dengan nyaman.

6.  Nafsu Makan Menurun

Gejala yang beresiko untuk anak anak adalah penurunan nafsu makan. Karena hal ini bisa memicu gangguan stunting penyebab pneumotoraks bagi mereka. Gejala ini muncul akibat tenggorokan mengalami radang. Sehingga, makanan yang masuk ke dalamnya justru membuat rasa nyeri semakin kronis.

1. Rasa Nyeri Setiap Menarik Nafas

Ciri ciri bronkitis selanjutnya adalah nyeri saat bernapas. Posisinya terletak di sekitar rongga dada. Gejala ini disebabkan oleh organ paru paru dipenuhi oleh lendir. Sehingga, laju oksigen saat bernapas tidak stabil dan berat.

1. Batuk Berdarah

Gejala bronkitis yang cukup kronis adalah batuk berdarah. Biasanya, untuk kasus ini perawatan yang perlu dilakukan adalah rawat inap di rumah sakit. Batuk berdarah muncul, jika bronkitis berjalan hingga berbulan bulan tanpa pengobatan yang tepat. Sehingga, peradangan di paru paru semakin ekstrem.

Gejala Bronkitis Pada Anak

Di atas kami sudah menjelaskan ciri ciri bronkitis penyebab terjadinya paru paru basah yang sebagian besar dialami orang dewasa. Karena bronkitis juga menyerang anak anak, maka di bawah kami ulas secara khusus tentang gejalanya, yaitu:

Gejala bronkitis dan komplikasi legionnaires bagi anak yang sering terjadi adalah muntah yang intens. Bahkan terkadang juga diiringi dengan batuk dan sering tersedak.

Demikian penjelasan tentang ciri ciri bronkitis dan gejala paru paru basah dan penyebabnya untuk orang dewasa maupun anak anak. Jika anda ingin terbebas dari penyakit paru paru tersebut, silakan pelajari dan cegah gejala di atas.

, , , ,
Kategori : Bronkitis